Sukses


7 Klub Favorit Juara Liga Europa 2022 / 2023: Maaf, MU Bukan yang Teratas

Bola.com, Jakarta - Liga Europa musim 2022/23 akan menjadi sangat kompetitif ketika dilanjutkan setelah Piala Dunia 2022. Ada delapan tim dari Liga Champions yang terbuang ke Liga Europa.

Delapan tim Liga Champions yang terempas ke Liga Europa adalah penghuni peringkat ketiga masing-masing grup. 

Dua tim La Liga, Barcelona dan Sevilla, dipastikan akan bermain di Liga Europa. Sementara Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Tottenham Hotspur, AC Milan, RB Leipzig, dan Juventus bisa saja bermain di Liga Europa asalkan bisa mempertahankan peringkat ketiganya.

Persaingan di Liga Europa musim ini bakal menjadi makin seru. Sebelum tim-tim raksasa Eropa itu turun, sudah ada Manchester United, Arsenal, AS Roma, hingga Lazio yang berlaga di Liga Europa.

Lalu siapa saja yang diprediksi bakal menjadi juara Liga Europa musim ini? Simak tujuh kandidatnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Liga Europa Sulit Diprediksi

Cukup sulit memprediksi tim yang bakal meraih gelar Liga Europa 2022/2023. Alasannya, masih ada ketidakpastian klub yang akan lolos ke fase gugur dan banyaknya klub-klub raksasa yang hadir.

Analisis data FiveThirtyEight yang menggunakan algoritma mencoba melakukan prediksi. Analisisnya mulai dari tim yang akan berlaga di babak sistem gugur Europa League hingga yang bakal jadi juara.

 

3 dari 5 halaman

Tim Liga Champions yang Akan Turun ke Liga Europa

Atletico Madrid sekarang memiliki peluang 54% untuk bermain di Liga Europa asalkan mampu mengatasi Leverkusen pada matchday keenam.

Sementara itu, RB Salzburg yang akan berhadapan dengan AC Milan pada laga terakhir masih berpeluang lolos ke 16 besar Liga Champions dan yang kalah bakal terbuang ke Liga Europa.

Grup D Liga Champions yang dihuni Tottenham Hotspur, Sporting, Frankfurt, dan Marseille belum ada yang memastikan diri lolos ke 16 besar maupun yang turun ke Liga Europa. Di sisi lain, Juventus hanya membutuhkan hasil imbang untuk turun ke Europa League karena kemenangan tidak menentukan nasib mereka lagi.

 

4 dari 5 halaman

Siapa Kandidat Terkuat?

Barcelona yang didapuk menjadi favorit untuk menjuarai Liga Europa dengan 23 persen. Arsenal menjadi favorit kedua dengan 15%, setelah memenangi semua pertandingan grup mereka sejauh ini.

Manchester United hanya berada di urutan keempat dengan peluang 6% karena nasibnya harus ditentukan di laga terakhir. Presentase ini bisa berubah menyesuaikan klasemen akhir Liga Champions maupun Liga Europa pekan depan.

 

5 dari 5 halaman

Berikut 7 Klub yang Menjadi Favorit Meraih Gelar Liga Europ:

  • 1. Barcelona: 23%
  • 2. Arsenal: 15%
  • 3. Ajax Amsterdam: 10%
  • 4. Manchester United: 6%
  • 5. Real Sociedad: 5%
  • 6. Rennes: 4%
  • 7. SC Freiburg: 4%

Sumber: Sportkeeda 

Video Populer

Foto Populer