Sukses


13 Produk Akademi PSG yang Hengkang dan Sukses di Klub Lain (Bagian 1): Klub Tajir Bukan Jaminan

Bola.com, Jakarta - Sejak Qatar Sports Investments (QSI) mengambil alih Paris Saint-Germain (PSG) pada 2011, tim berjulukan Les Parisiens telah menggelontorkan dana besar-besaran demi meraih banyak trofi.

Hasilnya, raksasa Prancis ini telah memenangkan delapan gelar liga. Pembelian sejumlah pemain bintang seperti Neymar, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi tak sia-sia.

Seperti klub-klub Eropa lainnya, PSG juga memiliki akademi. Di sini, pemain-pemain muda ditempa sedemikian rupa.

Harapannya jelas, talenta-talenta muda itu bisa naik pangkat ke tim senior. Atau paling tidak menjadi incaran klub beken Eropa.

Baru-baru ini, alumnus akademi PSG, Xavi Simons, diboyong PSV ke Belanda. Di sana, gelandang 17 tahun itu cukup bersinar. Dia bahkan masuk skuad Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, jebolan candradimuka PSG juga banyak diminati klub-klub lain. Di bawah ini beberapa di antaranya, seprti dilansir Squawka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Kingsley Coman

Umur: 26

Klub Saat Ini: Bayern Munchen

Coman, bisa dibilang, produk akademi PSG paling terkenal saat ini. Bakatnya yang luar biasa membawanya memenangkan lima gelar papan atas dengan tiga klub berbeda sebelum berusia 21 tahun.

Coman hanya membuat empat penampilan untuk tim utama PSG sebelum berangkat ke Italia pada 2014, bergabung dengan Juventus.

Pemain sayap ini ternyata kurang dengan cocok dengan Si Nyonya Tua. Tetapi selama peminjaman dua tahun ke Bayern Munich antara 2015-2017 terbukti membuahkan hasil, dan dia mendapatkan kontrak permanen dari Die Roten.

3 dari 7 halaman

Matteo Guendouzi

Umur: 23

Klub Saat Ini: Marseille

Saat Matteo Guendouzi tampil gemilang di Emirates Stadium pada awal musim 2018/2019, banyak yang mengira gelandang berambut gondrong ini adalah salah satu calon pemain masa depan dan tidak akan mendapatkan banyak perhatian untuk tim utama Arsenal.

Guendouzi banyak tampil dalam dua musim pertamanya dengan komitmen permainan yang mengagumkan. Dia pun mengamankan satu tempat tim utama.

Tapi itu tidak akan bertahan lama. Sikap dan tingkah lakunya dipertanyakan oleh anggota staf Arsenal dan dia akhirnya kembali ke tanah airnya secara permanen awal tahun ini bersama Marseille setelah menjalani masa pinjaman.

Terlepas dari kecerobohan dan persepsi masa lalunya, Guendouzi bersinar kembali di Prancis.

Terbukti, dia masuk dalam skuad Didier Deschamps untuk Piala Dunia 2022. Dia menjadi starter di pertandingan terakhir Grup D melawan Tunisia.

4 dari 7 halaman

Moussa Dembele

Umur: 26

Klub Saat Ini: Lyon

Dembele menghabiskan delapan tahun di akademi PSG, dari 2004 hingga 2012. Dia lalu memutuskan pindah ke Inggris pada usia 16 tahun.

Pada akhirnya, dia menghabiskan dua musim berikutnya menjadi striker terbaik di Skotlandia bersama Celtic sebelum pindah kembali ke Prancis bersama Lyon.

Dalam dua musim pertamanya bersama Lyon, dia mengemas 20 gol lebih sebelum bergabung dengan Atletico Madrid dengan status pinjaman dan kembali ke Lyon.

5 dari 7 halaman

Adrien Rabiot

Adrien Rabiot

Umur: 27

Klub Saat Ini: Juventus

Setelah beberapa musim dilewati dalam perselisihan kontrak yang berakhir pahit, Rabiot akhirnya meninggalkan PSG dan pindah ke Juventus dengan status bebas transfer pada 2019.

Rabiot sebenarnya menikmati karier seniornya di PSG. Hanya, gelandang tahun itu tak jadi pilihan utama.

6 dari 7 halaman

Odsonne Edouard

Umur: 24

Klub Saat ini: Crystal Palace

Edouard tidak pernah diberi satu pertandingan pun oleh PSG di Ligue 1. Satu-satunya pengalamannya di kompetisi itu datang saat dipinjamkan ke Toulouse pada 2016/17.

Penyerang berusia 24 tahun tersebut akhirnya memutuskan cabut ke Celtic pada 2018 dan dua tahun berselang merapat ke markas Crystal Palace.

 

7 dari 7 halaman

Youssouf Mulumbu

Umur: 35

Klub Saat Ini: Retired

Mulumbu menghabiskan dua tahun di barisan pemuda PSG dari 2004 sampai 2006. Dia mengemas 15 penampilan di tim utama.

Ketika gelandang asal Kongo itu naik kasta ke tim senior, klub justru meminjamkannya ke klub lain. Pada 2009 dia henkang ke West Bromwich Albion.

Setelah mengembara dari satu klub ke klub lain, Mulumbu terakhir membela Saint-Éloi Lupopo pada musim 2021/2022.

Sumber: Squawka

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer