Sukses


Cerita Tentang Mendiang Pele, Ternyata Pernah Nyaris Gabung Inter Milan

Bola.com, Jakarta - Pele merupakan pesepakbola yang dikenal cukup setia karena membela Santos selama 19 tahun. Namun di awal kariernya di Santos, ia nyaris pindah ke Inter Milan.

Klaim tersebut disampaikan oleh eks presiden Inter Milan Massimo Moratti. Menurutnya, Pele pernah nyaris ke Inter pada musim 1958/1959.

Usia Pele yang ketika itu masih 18 tahun tidak sedikit pun membuat Inter ragu memboyongnya. Toh, di usianya yang masih belia, ia jadi tulang punggung timnas Brasil untuk mengangkat trofi Piala Dunia 1958.

Sayangnya upaya tersebut gagal. Ketika rencana transfer tersebut terdengar di kalangan pendukung Santos, mereka tidak senang. Inter akhirnya mengakhiri kesepakatan yang sudah terjalin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nyaris Kelar

Moratti menceritakan ketika itu ayahnya Angelo Moratti bergerak cepat mengamankan tanda tangan Pele. Semuanya sudah beres. Hanya tinggal pembayarannya.

"Saya ingat betul bahwa kami pernah mendatangkan Pele pada musim 1958/1959. Dia waktu itu masih muda dan mampu memukau dunia di Swedia,” katanya kepada Gazzetta dello Sport.

"Ayah saya tahu bahwa dia harus bergerak cepat setelah turnamen itu selesai. Saat itu kontrak penuh, sudah ditandatangani, dan hanya perlu didepositkan,” sambung dia.

3 dari 4 halaman

Gagal Terlaksana

Di saat Inter nyaris mendapatkannya, para pendukung Santos tidak terima. Moratti bahkan menjelaskan ada ancaman-ancaman terhadap Presiden Santos apabila transfer tersebut terealisasi.

“Tapi segera setelah mereka mendengar hal tersebut di Brasil, mereka menentang direktur klub. Kalau sudah begitu, bagaimana bisa kami mengatasinya?” tanyanya.

“Saat itu benar-benar ada ancaman untuk Presiden Santos. Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin akan terjadi. Situasinya bukan seperti sepak bola lagi. Jadi ayah saya membatalkan kontrak tersebut,” kata dia lagi.

4 dari 4 halaman

Klub Eropa Pertama

Walaupun gagal, Moratti cukup yakin bahwa Inter adalah klub Eropa pertama yang nyaris merekrutnya. Sejumlah informasi yang beredar sempat menyebutkan bahwa AC Milan adalah klub pertama yang nyaris mendatangkannya.

“Ketika saya membaca di Gazzetta bahwa Pele nyaris bergabung dengan Milan, saya terkejut,” ujar dia.

“Hal itu mungkin saja memang pernah terjadi, tetapi Inter lah yang merupakan klub Eropa pertama yang hampir mendatangkannya,” ucapnya mengakhiri.

Sumber: Gazzetta dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafli Akmal, Published 30/12/2022)

Video Populer

Foto Populer