Sukses


VIDEO: Pele, Sang Legenda Piala Dunia Asal Brasil yang Akan Selalu Dikenang

Bola.com, Jakarta - Pele meninggalkan kita semua. Sang legenda sepak bola dunia asal Brasil itu meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. Peraih juara tiga kali Piala Dunia itu wafat karena kanker usus yang dideritanya sejak cukup lama. Namun, kehebatan seorang Pele akan selalu dikenang.

Pria bernama lengkap Edson Arantes de Nascimento itu punya rekor yang tidak dimiliki siapa pun, bahkan Lionel Messi dan Diego Maradona. Pele merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah Piala Dunia yang berhasil menggenggam tiga gelar juara Piala, yaitu pada 1958, 1962, dan 1970.

Pele total tampil dalam empat edisi Piala Dunia, termasuk 1966. Namun, pada 1966 tidak berbuah trofi karena Brasil gagal lolos dari fase grup.

Kisah Pele di Piala Dunia dibuka bak dongeng pada 1958 saat Brasil merebut trofi Jules Rimet untuk kali pertama. 

Rookie berusia 17 tahun tersebut, yang belum pernah bepergian dengan pesawat sebelumnya, menganggap terpilihnya dirinya untuk berkiprah di Piala Dunia Swedia adalah kesalahan.

Namun, dia menjadi pemain termuda di Piala Dunia tersebut. Setelah absen pada dua pertandingan pertama karena cedera lutut, Pele mencetak enam gol dalam empat penampilan.

Ia menambah pundi-pundi medali juara Piala Dunia di Chile pada 1962. Namun, Pele mengalami cedera pada laga kedua, kemudian membuatnya absen pada sisa turnamen. Meski begitu, dia memainkan perannya dengan membantu penggantinya yang tidak berpengalaman, Amarildo.

Piala Dunia 1970 di Meksiko, Pele yang saat itu berusia 29 tahun, berada di puncak kekuatannya dan sudah selayaknya mencetak gol pembuka dalam kemenangan 4-1 atas Italia pada partai final. Ia menegaskan itu akan menjadi Piala Dunia terakhirnya.

Video Populer

Foto Populer