Sukses


10 Jualan Bayern Munchen Mart yang Hasilkan Cuan Paling Wow: Lewandowski hingga Hummels

Bola.com, Jakarta - Bayern Munchen adalah kekuatan dominan sepak bola Jerman. FC Hollywood telah mengoleksi 31 gelar Bundesliga.

Kesuksesan Bayern Munchen itu muncul karena sumber daya keuangan yang signifikan. Dana melimpah membuat mereka bisa mengumpulkan bintang-bintang lapangan hijau.

Beberapa talenta top Eropa telah bermain untuk Bayern. Beberapa dari mereka  dobeli dari klub lain, ada juga hasil produksi dari tim akademi Bayern.

Setelah berkiprah di Bayern Munchen, tak sedikit dari pemain tersebut mendapat tawaran menggiurkan  dari klub lain. Pemain yang hijrah itu juga sebagian bisa membuat perbedaan di klub barunya.

Berikut 10 pemain termahal Bayern Munchen yang mereka jual dalam sejarah klub. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

10. Arturo Vidal (18 Juta Euro)

Gelandang Chile Arturo Vidal tiba di Bayern dari Juventus pada 2015 atau kembali ke Jerman setelah pernah berseragam Bayer Leverkusen. Di Juventus, Vidal telah berkembang menjadi salah satu gelandang top Eropa dan melanjutkan penampilan garangnya di Allianz Arena yang menghasilkan  tiga gelar Bundesliga.

Pada 2018, Barcelona datang menawarnya dengan harga 18 juta euro namun hanya bertahan dua musim di Camp Nou. Vidal kemudian pergi secara gratis ke Inter Milan dan mengantarkannya meraih scudetto. Itu merupakan gelar liga ke-10 bagi sang pemain.

 

3 dari 11 halaman

9. Renato Sanches (20 Juta Euro)

Renato Sanches tidak pernah berhasil di Bayern, meskipun klub tersebut mengeluarkan 35 juta euro saat membelinya dari Benfica. Saat itu, Sanches bersinar mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016.

Tetapi, sang gelandang hanya membukukan enam start di liga dan dipinjamkan ke Swansea City pada musim berikutnya. Sanches akhirnya dijual ke Lille pada 2019 dengan harga 20 juta euro dan membantunya meraih gelar Ligue 1 pada 2021.

 

4 dari 11 halaman

8. Mario Mandzukic (22 juta Euro)

Dalam performa yang bagus untuk Wolfsburg, Mario Mandzukic pindah ke Bayern pada 2012 dan menjadi pemain kunci. Dia mencetak 33 gol dalam 54 pertandingan selama dua musim Bundesliga, serta meraih dua gelar Bundesliga dan satu Liga Champions. 

Atletico Madrid tertarik memboyongnya pada 2014 dengan harga 22 juta euro atau melonjak dua kali lipat dari harga beli Munchen. Namun, dia hanya satu musim di Atletico Madrid sebelum melompat tinggi lagi ke Juventus.

 

5 dari 11 halaman

7. Mario Gotze (22 Juta Euro)

Mario Gotze adalah salah satu pemain muda berbakat di Eropa ketika diorbitkan Jurgen Klopp di Borussia Dortmund, awal 2010-an. Pada 2013, Munchen merekrutnya tetapi akhirnya dikembalikan ke Dortmund tiga tahun berselang dengan harga 22 juta euro yang menjadi kerugian bagi FC Hollywood.

Sebelum kembali ke Dortumun lalu hijrah ke PSV Eindhoven serta Eintracht Frankfurt, Gotze turut membantu Munchen meraih tiga gelar Bundesliga dan Piala Dunia untuk Jerman. Dia juga menjadi pahlawan Jerman ketika mencetak gol kemenangannya di laga final Piala Dunia 2014 melawan Argentina.

 

6 dari 11 halaman

6. Thiago Alcantara (25 Juta Euro)

Thiago menghabiskan tujuh musim yang brilian di Bayern setelah tiba dari Barcelona pada 2013. Pep Guardiola membawanya ke Munchen setelah bekerja sama dengannya di Barcelona.

Dia menyumbangkan tujuh gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions sebelum mencari tantangan baru ke Liverpool. Munchen melepasnya dengan harga 22 juta pounds ke Anfield.

 

7 dari 11 halaman

5. Owen Hargreaves (28,4 Juta Euro)

Gelandang Inggris ini memulai belajar sepak bola di negara asalnya Kanada, kemudian memutuskan masuk ke akademi Bayern Munchen. Saat laga debut seniornya pada 2000, ia meraih titel Liga Champions dan Bundesliga, kemudian menambah tiga gelar Bundesliga di Munchen.

Hargreaves dilirik Manchester United pada 2007 dengan harga 28,4 juta euro, tetapi cedera menghentikan momentum yang dia bangun. Hargreaves melewatkan lebih dari 100 pertandingan di semua kompetisi karena cedera lutut selama tiga musim di Old Trafford, dan pada 2011 pindah ke Manchester City dengan status bebas transfer.

 

8 dari 11 halaman

4. Toni Kroos (28,4 Juta Euro)

Toni Kroos sangat santer diberitakan bakal ke Manchester United, namun Louis van Gaal memutuskan membatalkannya. Real Madrid kemudian mengambil keuntungan untuk mendaratkan gelandang tersebut dengan harga 28,4 juta euro.

Dia berhasil mengantarkan Los Blancos meraih juara empat trofi Liga Champions.

Bayern memang tidak kehilangan kekuataan saat Toni Kroos hengkang. Tetapi, jika melihat prestasinya itu, nampaknya FC Hollywood terlalu murah melepasnya.

 

9 dari 11 halaman

3. Mats Hummels (35,2 Juta Euro)

Bayern memiliki sejarah menggembosi rival-rival mereka di Jerman dengan merekrut pemain pilarnya. Satu di antaranya juga terjadi saat bek Mats Hummels mereka rekrut.

Serupa Mario Gotze, Dortmund akhirnya membawa pulang Hummels lagi pada 2019 dengan mengeluarkan 35,2 juta euro. Hummels memang sangat hebat di Bayern tetapi tidak kehilangan kualitasnya saat kembali ke Dortmund.

 

10 dari 11 halaman

2. Douglas Costa (45,5 Juta Euro)

Douglas Costa termasuk pemain yang memberikan Bayern Munchen banyak keuntungan saat hengkang ke Juventus. Munchen meraup dana segar 45,5 juta euro saat melepaskannya ke Italia.

Sebelumnya, Bayern mendapatkan sang pemain dari Shakhtar Donetsck sebagai pelapis Franck Ribery dan Arjen Robben. Namun, dia gagal memenuhi harapan publik Allianz Arena sebelum dilepas ke Juventus dengan harga yang tinggi.

 

11 dari 11 halaman

1. Robert Lewandowski (56,8 Juta Euro)

Bayern Munchen melepas pemain berusia 34 tahun ini dengan harga yang tinggi yakni 56,8 juta euro ke Barcelona. Namun, banyak fans menilai Bayern melakukan kesalahan karena melepas pemain yang telah mencetak 344 gol dari 375 laga di semua kompetisi.

Bayern melepas Lewandowski gara-gara mengeluarkan banyak uang saat menggaet bintang Liverpool, Sadio Mane. Meski sudah berusia senja, Lewy masih tetap tajam di Barcelona dengan mencetak sembilan gol dari tujuh penampilan.

Sumber: Football Transfer

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer