Sukses


AC Milan ke Perempat Final Liga Champions saat PSG Tersingkir: Gianluigi Donnarumma Gigit Jari

Bola.com, Jakarta - Kiper Paris Saint-Germain (PSG), Gianluigi Donnarumma, selalu dikaitkan dengan kisah sukses yang didapatkan mantan klubnya, AC Milan. Kini fans AC Milan tersenyum saat melihat Donnarumma gagal membawa PSG melangkah ke perempat final Liga Champions.

Gianluigi Donnarumma pernah menorehkan luka di hati setiap penggemar AC Milan ketika memilih pergi dan bergabung bersama PSG pada musim 2021/2022.

Ketika itu, AC Milan sudah mempersiapkan kontrak untuk Donnarumma. Namun, negosiasi berjalan sangat sulit dan pada akhirnya Donnarumma pun pergi dengan status bebas transfer.

Pada musim pertama tanpa Donnarumma, AC Milan mampu meraih kesuksesan. Rossoneri menyabet Scudetto pada musim 2021/2022. AC Milan juga mendapatkan pengganti Donnarumma yang tampil stabil sepanjang musim, Mike Maignan.

Sementara pada musim kedua setelah Donnarumma bergabung bersama PSG, AC Milan kembali menorehkan prestasi yang cukup impresif, termasuk di Liga Champions.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penantian Setelah 11 Tahun

AC Milan kembali ke Liga Champions dalam dua musim terakhir. Musim lalu, Rossoneri tidak bisa berbicara banyak dan gagal di fase grup. AC Milan menjadi juru kunci klasemen saat itu.

Namun, kisahnya berbeda pada musim ini. AC Milan memperlihatkan progres yang bagus dan mampu lolos ke 16 besar setelah menjadi runner-up pada fase grup. AC Milan mampu mengumpulkan 10 poin dari enam laga yang dimainkan.

Pada babak 16 besar, AC Milan berjumpa Tottenham, lawan yang sulit karena memiliki materi pemain top. AC Milan menang 1-0 pada leg pertama di San Siro. Sementara pada leg kedua di London, AC Milan bermain imbang tanpa gol.

AC Milan lolos ke perempat final Liga Champions, menang agregat 1-0 atas Tottenham. Bagi AC Milan, ini adalah capaian yang besar. Sebab, AC Milan harus menunggu 11 tahun untuk bisa kembali ke perempat final Liga Champions.

3 dari 5 halaman

Apa Kabar Donnarumma?

AC Milan, lewat penyelamatan epik Mike Maignan pada masa injury time, berhasil melangkah ke perempat final Liga Champions 2022/2023. Kondisi tersebut kontras dengan yang dialami sang mantan kiper, Gianluigi Donnarumma.

Bersama PSG bertandang ke Allianz Arena, Donnarumma terkapar setelah Eric Maxim Choupo-Moting dan Serge Gnabry membobol gawangnya. PSG kalah 0-2 dan Bayern Munchen lolos ke perempat final dengan kemenangan agregat 3-0.

Bagi PSG, ini adalah kegagalan yang amat menyakitkan. Klub raksasa Prancis itu melakukan investasi besar untuk meraih gelar juara Liga Champions. namun, selalu gagal.

4 dari 5 halaman

Mengulang Cerita Musim 2021/2022

Pada musim 2021/2022, PSG dan Donnarumma juga gagal di Liga Champions. Sama seperti musim 2022/2023, PSG juga gagal di 16 besar. Bedanya kalau musim lalu PSG disingkirkan oleh Real Madrid.

PSG menang 1-0 pada leg pertama yang digelar di Paris. Namun, pada leg kedua, PSG kalah dengan skor 1-3 dari Real Madrid. Donnarumma menjadi sorotan karena dinilai membuat blunder untuk satu gol Madrid.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos Perempat Final Liga Champions

Empat dari delapan pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions telah digelar. Artinya sudah ada empat tim yang lolos ke perempat final Liga Champions musim ini.

  • Benfica
  • Chelsea
  • AC Milan
  • Bayern Munchen

Pekan depan akan ada empat laga lain yang juga digelar untuk menentukan empat tim tersisa yang akan lolos ke perempat final Liga Champions.

Sumber: Bola

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/3/2023)

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer