Sukses


4 Pemain dengan Usia Tertua Ketika Mendapatkan Gelar Ballon d'Or untuk Kali Pertama

Bola.com, Jakarta - Tahukah Anda, Karim Benzema dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2022. Ketika meraihnya tahun lalu, Karim Benzema meraih gelar tersebut pada usia yang tidak lagi muda, 34 tahun.

Karim Benzema yang saat ini mentas di Saudi Pro League menjadi pemain Prancis pertama yang menang Ballon d'Or setelah Zinedine Zidane. Benzema unggul di atas Sadio Mane dan Kevin De Bruyne yang menempati posisi dua dan tiga.

Di balik sukses Benzema, terselip satu fakta menarik dalam ajang Ballon d'Or 2022. Karim Benzema yang sudah berusia 34 tahun ternyata masuk dalam jajaran pemenang Ballon d'Or tertua sepanjang sejarah.

Berada di urutan berapakah Karim Benzema? Bersama Benzema, berikut empat pemain tertua yang menangkan trofi Ballon d'Or sejak diselenggarakan tahun 1956.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Luka Modric

Nama Luka Modric berada di posisi keempat jajaran pemain tertua yang memenangkan gelar Ballon d'Or. Rekan satu tim Benzema ini mendapatkan gelar Ballon d'Or saat usianya menginjak 33 tahun tiga bulan.

Modric tercatat mendapatkan gelar Ballon d'Or pada tahun 2018. Saat itu Modric mampu membawa Real Madrid memenangkan gelar Liga Champions dan membawa timnas Kroasia melaju ke Final Piala Dunia 2018.

Kemenangan gelandang Kroasia ini juga mematahkan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di ajang Ballon d'Or. Dominasi keduanya terbangun satu dekade sebelum gelar Ballon d'Or Modric di tahun 2018.

3 dari 5 halaman

Lev Yashin

Di urutan ketiga pemain tertua yang mendapatkan Ballon d'Or terdapat nama Lev Yashin. Kiper legendaris asal Rusia ini memperoleh gelar Ballon d'Or di usia 34 tahun satu bulan.

Yashin meraih gelar Ballon d'Or pertamanya di tahun 1963 berkat penampilan apiknya. Kepiawaian Lev Yashin di bawah mistar gawang bahkan membawanya menjadi satu-satunya kiper yang mendapatkan penghargaan Ballon d'Or hingga saat ini.

Ketangguhan Yashin sebagai tembok pamungkas tak perlu diragukan lagi. Kemampuannya menghalau bola bahkan menjadikannya ikon sepak bola di posisi kiper.

Penghargaan kiper terbaik oleh France Football juga dinamai dengan Yashin Trophy sebagai tanda penghargaan bagi kemampuan Lev Yashin.

4 dari 5 halaman

Karim Benzema

Kemenangan Karim Benzema dalam penghargaan Ballon d'Or mengantarkannya ke posisi dua pemain tertua di gelar ini. Benzema meraih gelar Ballon d'Or pertamanya di usia 34 tahun 10 bulan.

Keluarnya nama Benzema sebagai pemenang sudah diprediksi sejak awal. Sebab pemain asal Prancis ini menjalankan musim yang sukses bersama Real Madrid dan timnas Prancis.

Di Real Madrid, Benzema sukses mengawinkan gelar La Liga dengan Liga Champions sekaligus keluar sebagai top skor di kompetisi tersebut. Benzema juga sukses meraih gelar UEFA Nations 2021/2022 bersama Prancis saat mengalahkan Spanyol di partai puncak.

5 dari 5 halaman

Stanley Matthews

Pemain tertua yang mendapatkan gelar Ballon d'Or jatuh kepada nama Stanley Matthews. Pemain asal Inggris ini mendapat gelar Ballon d'Or di usianya yang kala itu menginjak 41 tahun 10 bulan.

Tak hanya tertua, Stanley juga tercatat sebagai pemain pertama yang mendapatkan gelar Ballon d'Or. Stanley berhasil mendapatkan gelar ini setelah berjibaku hingga akhir bersama Blackpool di Premier League 1955/1956 melawan Manchester United.

Rekor ini tentu saja akan sulit untuk dipecahkan sekalipun oleh Cristiano Ronaldo ataupun Lionel Messi. Usia 40 tahun keatas untuk pesepak bola modern bisa diartikan sebagai masa pensiun.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer