Sukses


5 Fakta Lucu Eden Hazard, Legenda Chelsea yang Pensiun Dini

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain sayap Chelsea dan Real Madrid, Eden Hazard telah mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola. Ada sejumlah fakta menarik yang menyertai karier winger lincah tersebut.

Eden Hazard resmi memutuskan gantung sepatu di usia 32 tahun, bergabung dengan Real dari Chelsea pada 2019 dengan nilai transfer 89 juta pounds. Namun hanya bermain 54 pertandingan untuk raksasa Spanyol tersebut di La Liga.

Pemain berpaspor Belgia berhasil memenangkan dua gelar Liga Inggris selama waktunya di Stamford Bridge bersama Chelsea. Keputusannya pensiun ditulisnya pada akun Instagram pribadinya, Selasa (10/10/2023) sore.

"Anda harus mendengarkan diri sendiri dan mengatakan berhenti pada saat yang tepat," kata Hazard, yang berstatus bebas transfer sejak kontraknya diputus pada Juni lalu.

"Setelah 16 tahun dan lebih dari 700 pertandingan dimainkan, saya memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepak bola profesional."

Meski bergelimang prestasi, Eden Hazard memiliki banyak fakta unik dan lucu sepanjang kariernya di sepak bola. Berikut ini Bola.com mengulas lima di antaranya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Keluarga Pesepak Bola

Orang tua Eden Hazard, Carine dan Thierry Hazard, merupakan eks pesepak bola. Bahkan tiga saudara kandungnya, yakni Thorgan, Kylian, dan Ethan, juga pemain sepak bola profesional.

Thorgan dan Eden juga sama-sama direkrut Chelsea pada tahun yang sama, akan tetapi hanya Eden saja yang bertahan lebih lama.

 

3 dari 6 halaman

Pemain Asing Pertama yang Memenangi Ligue 1 Young Player of the Year

Prancis terkenal sebagai pencetak pemain muda terbaik. Namun siapa sangka, peraih Ligue 1 Young Player of the Year suatu ketika jatuh kepada pemain asing, ya, Eden Hazard pernah meraihnya.

Gelar tersebut didapat ketika Hazard masih membela Lille. Menariknya, ia mendapatkan gelar bergengsi itu sebanyak dua kali.

 

4 dari 6 halaman

Peraih Gelar Ligue 1 Player of the Year Termuda

Jika level usia saja tidak cukup, Eden Hazard melakukannya untuk kategori umum. Ya, ia meraih gelar Ligue 1 Player of the Year di usia yang sangat muda.

Hazard bahkan menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang pernah meraih gelar Ligue 1 Player of the Year.

 

5 dari 6 halaman

Kartu Merah Pertama Hazard

Eden Hazard tidak dikenal sebagai pesepak bola yang agresif dan tempramental. Namun menariknya, kartu merah pertama yang didapatnya terjadi di luar 'teknis'.

Pada Januari 2013, ketika Chelsea menghadapi Swansea dalam semifinal Piala Liga, Hazard menendang bola yang sudah dalam genggaman anak gawang. Wasit kemudian memberikannya kartu merah.

 

6 dari 6 halaman

Hattrick

Hazard mencetak hat-trick pertamanya di level senior pada 8 Februari 2014, ketika ia mencetak ketiga gol dalam kemenangan 3-0 Chelsea atas Newcastle United di Stamford Bridge. Dia berusia 23 tahun.

Secara kebetulan, Cristiano Ronaldo juga mencetak hat-trick pertama dalam karirnya pada usia 23 tahun, melawan lawan yang sama, Newcastle United.

Ronaldo mengenakan jersey nomor 7 di Real Madrid. Dia juga memakai nomor 7 di punggungnya.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer