Sukses


Tomas Brolin, Sosok yang Hampir Meraih Ballon d'Or Namun Memilih Pensiun di Usia 28 Tahun dan Memilih Jualan Vacuum Cleaner

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain gagal Liga Inggris, Tomas Brolin, berhenti dari sepak bola pada usia 28 tahun untuk menjual vacuum cleaner atau penyedot debu hanya beberapa tahun setelah hampir memenangkan Ballon d’Or.

Tomas Brolin adalah pemain besar yang direkrut Leeds United pada tahun 1995 setelah meninggalkan klub Serie A, AC Parma, setelah memenangkan Piala Winners, Piala UEFA, Piala Super UEFA, dan Copa Italia.

Setahun sebelumnya, Brolin membawa Swedia finis di peringkat ketiga Piala Dunia 1994 di AS. Catatan tersebut tentu membuat namanya melambung tinggi saat itu.

Penampilannya pada tahun itu, termasuk tiga gol dan empat assist di Piala Dunia, membuatnya finis di peringkat keempat bersama legenda Rumania Gheorghe Hagi dalam klasemen Ballon d'Or, yang dimenangkan oleh pemain Barcelona Hristo Stoichkov, sebelum ia kemudian menggantikan Brolin di Parma.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Awal Penurunan

Namun, ketika tiba di Elland Road 12 bulan kemudian, Brolin tidak pernah mampu beradaptasi dengan Premier League dan hanya mencetak empat gol di liga dalam 19 pertandingan untuk Leeds United.

Masa pinjaman di Parma dan masa singkat di Crystal Palace dan klub Swedia Hudiksvalls FF tidak dapat membuatnya kembali ke performa terbaiknya.

Brolin mengakhiri kariernya pada tahun 1998 pada usia 28 tahun, menemukan tujuan baru setelah bertemu dengan sesama orang Swedia dan penemu Goran Edlund. Dia berinvestasi pada vacuum cleaner yang dikembangkan Edlund yang lebih ringan dan efisien.

Tanpa ragu, Tomas Brolin memutuskan untuk menjadi mitra 50 persen di Twinner, merek vacuum cleaner tersebut, yang kini menjadi salah satu produk paling populer di Swedia.

3 dari 3 halaman

Tidak Menyesal

Brolin mengatakan kepada FourFourTwo bahwa dia tidak menyesali keputusannya untuk pensiun begitu muda dan memulai usaha pasca-sepak bola, yang sebelumnya membuatnya membanggakan perusahaan properti, farmasi, dan katering dalam portofolio bisnis besar.

"Jika Anda ingin melanjutkan bermain di level tinggi Anda harus berlatih setiap hari, tapi saya tidak begitu tertarik untuk terus melakukan itu," aku Brolin.

"Saya punya proyek lain di kepala saya, ketika saya berhenti bermain, seorang penemu datang kepada saya dengan ide barunya tentang penyedot debu dan saya membuka perusahaan itu."

"Jika pada bulan Desember tahun itu saya ingin bermain lagi, saya pasti akan kembali. Tetapi perasaan itu tidak pernah datang dan sekarang sudah 20 tahun yang lalu."

"Semua orang mengatakan usia 28 tahun masih muda untuk pensiun, tapi itu tergantung pada apa yang Anda miliki. dilakukan selama 28 tahun Anda sebagai pesepak bola. Saya telah melakukan cukup banyak hal."

Sumber: FourFourTwo

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer