Sukses


5 Pemain One Hit Wonder Timnas Inggris Era Gareth Southgate: Ada yang Berkasus, Ada yang Terlupakan

Bola.com, Jakarta - Gareth Southgate ditunjuk menjadi pelatih Timnas Inggris sejak November 2016 telah membawa The Three Lions menjadi tim kuat dalam beberapa tahun terakhir. Pengalaman menangani Timnas Inggris U-21 membuatnya kerap menjajal nama baru yang sedang bersinar untuk memperkuat The Three Lions.

Harus diakui bahwa secara prestasi, belum ada trofi juara yang diberikan Gareth Southgate hingga saat ini. Namun, menjadi runner-up Euro 2020 dan peringkat ketiga UEFA Nations League 2018/2019 adalah pencapaian yang bisa membawa The Three Lions bersaing lagi di pentas Eropa.

Pada awal kiprahnya menangani Timnas Inggris, Gareth Southgate mencoba untuk membawa sejumlah pemain yang pernah diasuhnya di tim junior Inggris untuk bisa mendapatkan debut di level senior.

Tak hanya itu saja, pemain-pemain Inggris yang tampil cemerlang di Premier League pun diberinya kesempatan untuk mendapatkan debut bersama The Three Lions.

Sampai begitu banyak pemain cemerlang di klub dijajalnya di Timnas Inggris, tak sedikit yang akhirnya berakhir sebagai one hit wonder, atau hanya sesaat mendapatkan kesempatan di Timnas Inggris.

Seperti dilansir dari Daily Star, Bola.com memilih 5 pemain di antara begitu banyak one hit wonder Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate. Siapa saja mereka?

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Mason Greenwood

Pemain yang awalnya digadang-gadang memiliki masa depan cerah bersama Manchester United (MU) ini sedang diasingkan pada saat ini. MU memilih melepasnya, walau hanya sebagai pemain pinjaman, ke klub Spanyol, Getafe.

Belakangan Getafe dikabarkan ingin merekrut Mason Greenwood dengan status permanen, yang mungkin akan menjadi sebuah kelegaan bagi MU yang didesak tidak lagi memainkannya setelah kasus kekerasan terhadap kekasihnya.

Ketika masih memperkuat MU, Mason Greenwood pernah sekali mendapatkan kesempatan membela Timnas Inggris, yaitu ketika menghadapi Islandia, pada September 2020. Setelah itu, Greenwood tenggelam.

3 dari 6 halaman

Eddie Nketiah

 

Striker yang satu ini punya penampilan yang cemerlang ketika memperkuat Timnas Inggris U-21. Ia tercatat mencetak 16 gol dalam 17 penampilan.

Nketiah juga tercatat sempat menjadi andalan di lini serang Arsenal. Walau harus diakui, ia tidak selalu menjadi andalan utama Mikel Arteta, sehingga kontribusinya untuk The Gunners tidak konsisten.

Bicara mengenai kiprah bersama Timnas Inggris, Gareth Southgate baru saja memberikan kesempatan kepada Nketiah ketika menghadapi Australia. Itu pun ia hanya bermain selama 17 menit sebagai pengganti Ollie Watkins.

 
4 dari 6 halaman

Ivan Toney

 

Striker Brentford ini mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Inggris pada laga melawan Ukraina pada Maret 2023. Wajar, karena Toney merupakan mesin gol Brentford dengan total mencetak 20 gol di Premier League 2022/2023.

Torehan itu bahkan bukan yang terbaik yang dibuat Toney. Pada saat membawa Brentford promosi ke Premier League pada 2021, Toney mencetak 33 gol di divisi Championship.

Namun, harus diakui bahwa performanya bersama Brentford di Premier League 2022/2023 itulah yang membuatnya mendapatkan panggilan dari Gareth Southgate.\

Ivan Toney pun mendapatkan debutnya, menggantikan Harry Kane ketika Inggris menang 2-0 atas Ukraina dalam Kualifikasi Euro 2024 di Wembley pada 26 Maret 2023.

Sayangnya, kini Ivan Toney menjadi pesakitan. Ia dihukum oleh FA hingga Januari 2024 karena melakukan pelanggaran terkait perjudian.

5 dari 6 halaman

Patrick Bamford

 

Kecemerlangan bersama Leeds United pada musim 2020/2021, di mana Patrick Bamford mencetak 17 gol dalam musim pertama klub itu kembali ke Premier League, membuat namanya dilirik Gareth Southgate.

Patrick Bamford pun mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Inggris dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Andorra pada 2021.

The Three Lions menang 4-0 dalam laga yang digelar di Wembley itu, tetapi Bamford yang menjadi starter dalam laga itu ditarik keluar dan digantikan Harry Kane pada menit ke-62.

6 dari 6 halaman

Dean Henderson

 

Pemain berposisi sebagai kiper ini dilirik oleh Gareth Southgate setelah penampilan cemerlangnya bersama Sheffield United pada musim 2019/2020. Ia menjadi kiper utama dan bermain dalam 36 pertandingan Premier League musim itu.

Penampilan itu membuat Dean Henderson ditarik pulang oleh Manchester United dan menjadi pesaing serius David De Gea. Henderson mendapatkan kesempatan bermain dalam 13 laga di Premier Leauge 2020/2021 sekembalinya ke Old Trafford.

Penampilan cemerlang Dean Henderson di klub membuatnya mendapat panggilan dari Gareth Southgate dalam laga uji coba pada November 2020. Kala itu, Southgate memang tengah menjajal kiper-kiper baru untuk Timnas Inggris.

Dalam laga kontra Republik Irlandia, 12 November 2020, Southgate memainkan Nick Pope sebagai kiper utama, dan kemudian menariknya keluar dan digantikan oleh Dean Henderson pada babak kedua. Inggris menang 3-0 dalam laga itu.

Nick Pope tetap mendapatkan kepercayaan dari Gareth Southgate dalam laga lain, sementara Dean Henderson beberapa kali hanya menjadi cadangan tanpa bermain di Timnas Inggris.

Sumber: Daily Star

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer