Sukses


Italia Akhirnya Lolos ke Euro 2024, Luciano Spalletti: Lega Rasanya

Bola.com, Leverkusen - Timnas Italia akhirnya lolos ke putaran final Euro 2024 dengan predikat runner-up Grup C pada babak kualifikasi. Gli Azzurri menahan imbang Ukraina tanpa gol pada laga terakhir, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB.

Bermain di Stadion BayArena, Leverkusen, Timnas Italia sanggup menahan Ukraina 0-0. Hasil tersebut sudah cukup bagi La Nazionale menemani Inggris yang menjadi juara grup.

Italia mengoleksi 14 poin atau sama dengan Ukraina, namun Federico Chiesa dkk. unggul secara head to head atas Ukraina dan berhak lolos.

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti mengaku lega dengan hasil ini. Ia menggantikan peran Roberto Mancini yang mengundurkan diri sejak bulan September, kini dapat membayar kesempatannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pantas Lolos

Saat peluit akhir duel Ukraina versus Italia dibunyikan, Spalletti menyempatkan diri untuk memeluk seluruh pemain secara individu, serta anggota stafnya dan FIGC seperti Gianluigi Buffon.

“Saya mengetahui situasi ini dengan sangat baik. Saya lahir dan besar dalam situasi seperti ini, inilah profesi saya. Saya memberi hormat kepada semua jajaran yang ada atas hasil ini dan sudah sepantasnya kami memiliki momen ini,” beber Spalletti dikutip dari Football Italia.

Italia telah mengamankan tempat mereka di Kejuaraan Eropa musim panas mendatang dan berada di Pot 4 untuk pengundian yang akan diadakan pada 2 Desember.

3 dari 4 halaman

Tidak Mudah

Luciano Spalletti mengakui Ukraina membuktikan bahwa mereka adalah tim yang sangat bagus yang memberi timnya banyak masalah sepanjang pertandingan.

Italia bisa saja kalah, namun berkat beberapa keputusan wasit yang kontroversial. Salah satunya adalah pelanggaran Bryan Cristante terlihat menjegal Mykhaylo Mudryk di area terlarang pada menit-menit akhir.

“Tidak ada yang bisa dianggap remeh secara umum. Kami bermain bagus, babak pertama menghasilkan banyak peluang untuk mengamankan hasil. Begitu kami tidak melakukan itu, pertandingan menjadi lebih bersifat fisik dan pada tahap itu bukan lagi soal sepak bola,” tutur Spalletti.

4 dari 4 halaman

Jalur Play-off

Ukraina akan menempuh jalur play-off untuk tampil di Euro 2024 dengan masuk daftar peringkat ketiga terbaik. Di sisi lain, mereka tidak dapat memainkan laganya di rumah sendiri akibat konflik perang.

“Kami harus terus menyerang, namun Ukraina membuktikan bahwa mereka adalah tim yang sangat bagus dan memberi kami banyak masalah,” tegas Spalletti.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer