Sukses


Pembelaan Jurgen Klinsmann Setelah Dipecat Timnas Korea Selatan: Secara Olahraga Kami Sukses!

Bola.com, Jakarta Jurgen Klinsmann membela diri setelah dipecat dari kursi pelatih kepala Timnas Korea Selatan.

Mantan striker Tottenham dan Bayern Munich itu dipecat pekan lalu setelah Korea Selatan tersingkir di semifinal Piala Asia. Klinsmann dipecat dan pejabat KFA mengecam pemain legendaris Jerman itu.

Sebagai tanggapan, Klinsmann menegaskan dirinya tak gagal.

“Dari sudut pandang olahraga, ini adalah hasil yang sukses," katanya kepada Der Spiegel.

"Itu bagus sekali," katanya.

“Kami membawa mentalitas pantang menyerah ke dalam tim.”

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gagal di Piala Asia

Korea Selatan gagal menorehkan prestasi di Piala Asia 2023. Torehan minor itu pun berbuntut pada pemecatan Jurgen Klinsmann sebagai pelatih pada Jumat (16/2/2024).

Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) menunjuk Klinsmann untuk menangani Son Heung-min dkk. pada Februari 2023. Jurgen Klinsmann mendapat kontrak hingga gelaran Piala Dunia 2026.

Target pertama Klinsmann tentu saja menjuarai Piala Asia 2023. Namun, target tersebut gagal tercapai setelah tim dengan julukan Taeguk Warriors itu kalah dua gol tanpa balas dari Yordania pada semifinal.

Timnas Korea Selatan pun memperpanjang puasa gelar di Piala Asia, setelah terakhir kali menjadi juara pada edisi 1960 alias sudah 64 tahun silam.

 

3 dari 4 halaman

Keputusan Pemecatan

Dilansir Yonhap, setelah menggelar rapat selama kurang lebih dua setengah jam yang diadakan oleh presiden KFA, Chung Mong-gyu, diputuskan Klinsmann diberhentikan dari jabatannya.

Jurgen Klinsmann lewat akun Instagram dan X pribadinya menuliskan surat perpisahan untuk pemain Timnas Korea Selatan pada Jumat (16/2/2024) pukul 11 siang WIB.

"Kepada semua pemain, staf pelatih saya, dan semua penggemar sepak bola Korea dengan rasa terima kasih yang tulus!" tulis Klinsmann.

"Terima kasih banyak atas semua dukungan Anda membawa kami ke semifinal Piala Asia dan perjalanan luar biasa selama 12 bulan terakhir dengan tidak kalah 13 pertandingan berturut-turut! Terus berjuang!"

 

4 dari 4 halaman

Rumor Shin Tae-yong

Media Korea Selatan, Chosun, memanaskan rumor pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali menangani Timnas Korea Selatan untuk menggantikan Jurgen Klinsmann yang dipecat.

Chosun mengulas, setelah Korea Selatan ditangani oleh pelatih asing sejak 2018, mulai dari Paulo Bento asal Portugal sampai 2022 dan Klinsmann dari Jerman hingga 2024, kini waktunya arsitek lokal untuk unjuk gigi.

Lima juru taktik diklaim masuk dalam daftar kandidat penerus Klinsmann di Korea Selatan. Kelimanya ialah Shin Tae-yong, Hong Myung-bo, Hwang Sun-hong, Kim Do-hoon, dan Kim Hak-bum.

Saat ini, Shin Tae-yong masih mempunyai kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia dan timnas U-23, namun bakal berakhir dalam hitungan bulan atau pada Juni 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer