Sukses


Juventus Juara Coppa Italia Musim Ini, Massimiliano Allegri Sah Jadi Raja

Bola.com, Roma - Juventus berhasil meraih trofi juara Coppa Italia musim ini, setelah membungkam Atalanta di final. Prestasi itu pun membuat pelatih Juve, Massimiliano Allegri, sah menyandang status sebagai raja di turnamen tersebut.

I Bianconeri bentrok dengan Atalanta pada partai final Coppa Italia di Stadio Olimpico, Roma, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB. Meski diperkuat para pemain bintangnya, Juventus kerepotan meladeni permainan sang lawan, dan lebih banyak bertahan.

Juve mencatatkan 34 persen penguasaan bola, berbanding 66 persen milik Atalanta. Kendati lebih banyak bertahan, Juventus tampil lebih efektif dalam melancarkan serangan ketimbang La Dea.

Juventus memperoleh dua peluang bagus dari sembilan kesempatan. Di sisi lain, Atalanta melepaskan 13 tembakan tanpa ada satupun yang mengarah ke gawang.

Anak asuh Massimiliano Allegri itu pun akhirnya berhasil membungkam Atalanta dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Juventus dicetak Dusan Vlahovic pada menit ke-4.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Trofi Ke-15

Berkat kemenangan atas Atalanta, Juventus berhak atas trofi juara Coppa Italia musim ini. Mereka sekaligus mempertegas hegemoni di turnamen tersebut.

Juventus tercatat menjadi klub paling sukses dengan merengkuh 15 gelar juara Coppa Italia, unggul enam trofi atas AS Roma di tempat kedua.

Di sisi lain, kekalahan dari Juventus membuat Atalanta masih belum mampu menyudahi paceklik gelar di ajang tersebut. Klub yang dijuluki La Dea itu terakhir kali menjadi kampiun di Coppa Italia pada 1963 atau 61 tahum silam.

 

3 dari 4 halaman

Raja di Coppa Italia

Sementara itu, Massimiliano Allegri kini berhak menyandang status sebagai raja di Coppa Italia. Allegri menjadi pelatih pertama yang berhasil menyabet lima trofi di ajang tersebut, dan semua gelar itu diraih ketika mengasuh Juventus.

Selain musim ini, pelatih asal Italia tersebut juga berhasil membawa Juve menjadi juara di Coppa Italia pada 2014/2015, 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018.

Massimiliano Allegri juga melampaui pencapaian Sven-Goran Eriksson and Roberto Mancini yang sama-sama mengumpulkan empat gelar juara Coppa Italia.

 

4 dari 4 halaman

Kemenangan di DNA Juventus

Setelah serangkaian hasil minor yang didapat pada musim ini, Massimiliano Allegri merasa bangga dengan pencapaian Juventus di Coppa Italia. Dia menyebut jika kemenangan ada di DNA Juve.

"Di Juventus, kemenangan adalah yang terpenting. Saya sangat bahagia untuk para pemain, mereka melakukan pekerjaan bagus, membuat klub dan fans bahagia," kata Allegri.

"Saya sangat senang dengan malam ini, karena tidak pernah mudah untuk menang, tetapi itu ada dalam DNA Juventus," lanjutnya.

Sumber: Opta, Football Italia

Video Populer

Foto Populer