Sukses


Lionel Messi dan Misi Ambisius Sabet 3 Gelar Bergengsi Beruntun dengan Argentina: Makin Lengkap Dong Lemari Pialanya La Pulga

Bola.com, Jakarta - Argentina dan Lionel Messi akan kembali beraksi di ajang Copa America 2024. Turnamen empat tahunan antarnegara benua Amerika saling sikut di Amerika Serikat sebagai tuan rumahnya mulai akhir pekan ini.

Copa Amerika edisi 2024 akan dimulai pada 21 Juni dan berakhir pada 15 Juli 2024 untuk laga finalnya. Lionel Messi kembali beraksi menjelang tahun-tahunnya untuk gantung sepatu setelah usianya sudah tidak muda lagi.

Messi pernah mengumumkan pensiun dari level internasional pada 2016 usai kegagalannya membawa Argentina juara Copa America. Itu merupakan puncak keputusasaan Messi sejak 2014. Ia dan Argentina dibayangi kegagalan bertubi-tubi meski berhasil melaju ke partai puncak.

Dalam periode 2014 hingga 2016, Argentina berpeluang meraih beberapa trofi bergengsi. Mereka menembus final Piala Dunia 2014, lalu mencapai partai puncak Copa Amerika 2015 dan 2016.

Sayang, semuanya berujung kegagalan. Argentina kalah dari Jerman dalam final Piala Dunia 2014, lalu dua kali ditaklukkan Chile dalam final Copa Amerika tersebut. Messi menjadi sasaran tembak akibat semua hasil tersebut. Penyerang mungil ini mendapat kritik pedas yang berujung keputusan pensiun dari timnas Argentina.

Lalu pelatih Argentina, Edgardo Bauza, memanggil kembali Messi untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 zona Amerika Selatan pada September. Meski tak langsung memberikan dampak signifikan, Messi mulai menghadirkan hal-hal luar biasa bagi negaranya. Sang kapten membayar kegagalan sebelumnya saat mengangkat trofi Copa America 2021 dan puncaknya ketika mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar.

Copa America 2024 di Amerika Serikat bisa semakin membuat Lionel Messi termotivasi menutup kariernya di level Timnas dengan gelar juara.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Juara Copa America 2021

Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021 yang dimainkan di Brasil. Pada partai puncak di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB, Argentina menang dengan skor 1-0 atas Brasil.

Gol tunggal pasukan Lionel Scaloni dicetak oleh Angel Di Maria pada menit ke-22, setelah memanfaatkan umpan jauh dari Rodrigo De Paul. Sekaligus menjadi trofi ke-15 Argentina dan menyamai Uruguay.

La Albiceleste, julukan timnas Argentina, mengawali kompetisi antaranegara Amerika Selatan dengan tergabung di Grup A. Argentina berada satu grup dengan Uruguay, Paraguay, Chile, dan Bolivia.

Tergabung di Grup, Messi dkk berhasil menjadi juara grup dan melaju ke fase knockout dengan perolehan 10 poin. Torehan 10 poin didapat berkat tiga kemenangan, dan sekali hasil imbang di fase grup.

Di babak perempat final, Argentina menjajal kekuatan Ekuador. Tim besutan Lionel Scaloni pun dapat terus melaju dengan berhasil melumat Ekuador 3-0. Melaju ke semifinal, Argentina mendapat lawan tangguh yaitu Kolombia.

Laga Argentina vs Kolombia harus mencapai babak adu penalti setelah kedua tim berimbang 1-1 selama 90 menit. Pada babak tos-tosan, timnas Argentina berjaya dengan kemenangan 3-2 atas Kolombia.

Penjaga gawang Emiliano Martinez menjadi pahlawan Argentina dengan menahan tiga penalti Los Cafeteros. Lalu pada partai puncak, Argentina berhasil mengalahkan juara bertahan, Brasil dengan skor tipis 1-0, lewat gol yang diciptakan Di Maria.

3 dari 4 halaman

Juara Piala Dunia 2022

Hanya berselang satu tahun saja, Argentina dan Lionel Messi semakin berkibar tinggi. Sebab mereka berhasil menjuarai Piala Dunia edisi 2022 di Qatar.

Argentina berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022 pasca mengalahkan Prancis melalui babak adu penalti yang begitu dramatis. Sebelumya dalam waktu normal hingga perpanjangan waktu, laga berlangsung sengit. Argentina sempat unggul dua gol via gol-gol yang dicetak Lionel Messi (menit ke-23) dan Angel Di Maria (menit ke-36).

Namun pada babak kedua, Prancis bangkit berkat dua gol cepat Kylian Mbappe masing-masing pada menit ke 80 dan 81.

Ketika laga memasuki perpanjangan waktu, Messi membawa Argentina unggul 3-2 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Prancis. Namun, Tim Ayam Jantan kembali membalas melalui Mbappe pada menit ke-118 sehingga membuat pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Ini merupakan gelar ketiga Argentina sepanjang sejarah. Sebelumnya, Tim Tango menjadi juara pada Piala Dunia FIFA 1978 dan 1986. Sebelum menjadi juara dengan emngalahkan Prancis, Lionel Messi menjadi inspirasi dengan mengalahkan Meksiko, Polandia, Australia, Belanda, dan Kroasia.

4 dari 4 halaman

Copa America 2024?

Pesta sepak bola antarnegara di benua Amerika yaitu Copa America 2024 akan hadir pertengahn bulan ini. Turnamen bergengsi edisi ke-48 dipusatkan di Amerika Serikat sebagai tuan rumahnya.

Argentina merupakan juara bertahan Copa America setelah memenangkan laga final kontra Brasil pada tahun 2021 dengan skor 1-0, lewat gol Angel Di Maria.

Argentina dan Uruguay adalah tim dengan jumlah trofi Copa America terbanyak. Kedua tim sama-sama mengoleksi 15 kali juara, disusul Brasil yang baru mengemas sembilan kali.

Adapun Copa Amerika edisi 2024 akan dimulai pada 21 Juni dan berakhir pada 15 Juli 2024 untuk laga finalnya. Copa America dibagi menjadi tiga grup untuk fase penyisihannya.

Modal kuat didapat Argentina jelang tampil di Copa America. Mereka sukses menggasak Timnas Guatemala 4-1 dalam laga uji coba di FedEx Field, Landover, Amerika Serikat, Sabtu pagi WIB, 15 Juni 2024.

Lionel Mesi tampil ganas dengan dua gol dan satu assist. Messi mencetak dua gol di menit 12 dan 77. Dua gol Argentina lainnya dicetak Lautaro Martinez di menit 39 lewat titik penalti dan di menit 66.

Argentina tergabung di Grup A bersama Peru, Chili, dan Kanada. Di atas kertas, bukan pekerjaan sulit bagi Albiceleste menjadi juara grup dan lolos jauh di fase grup.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer