Sukses


5 Alasan Kenapa Argentina Bakal Jadi Juara Copa America 2024: Faktor Lionel Messi Ditambah Brasil Kayak Kurang Gitu

Bola.com, Jakarta - Argentina menuju Copa America 2024 tidak hanya sebagai juara bertahan, tetapi juga juara bertahan Piala Dunia. Berbekal dua trofi tersebut, tampaknya Lionel Messi dkk. layak untuk jadi favorit juara lagi.

Copa America 2024 digelar di Amerika Serikat pada 21 Juni hingga 15 Juli 2024 pagi WIB. Ada 16 tim dari dua konfederasi yang bertarung di 14 kota di Amerika Serikat.

Sepuluh tim datang dari Konfederasi Amerika Selatan (CONMEBOL) yang memang merupakan pemilik dari turnamen Copa America, yaitu Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Sementara enam tim lain datang dari CONCACAF. Keenamnya adalah Jamaika, Meksiko, Panama, Amerika Serikat, Kanada, dan Kosta Rika.

Argentina yang merupakan juara bertahan Copa America berada di Grup A bersama Peru, Chile, dan Kanada. Sementara Brasil ada di Grup D bersama Kolombia, Paraguay, dan Kosta Rika.

Berikut ini ulasan kenapa Argentina layak keluar sebagai kampiun Copa America 2024 sekaligus mempertahankan gelar juara yang didapat tiga tahun lalu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Faktor Lionel Messi

Butuh waktu 28 tahun bagi Argentina untuk akhirnya mengakhiri penantian panjang meraih trofi internasional utama ketika mereka menang di Copa America 2021.

Lionel Messi menjadi bintang sepanjang turnamen di Brasil itu, yang sebagian besar dimainkan secara tertutup karena pandemi COVID-19, dengan mencetak empat gol dan memberikan lima assist. Namun, Angel Di Maria-lah yang terbukti menjadi pahlawan Argentina di final, dengan mencetak gol kemenangan melawan Selecao.

Kemenangan itu menandai trofi pertama Messi di kancah internasional, sementara Argentina meraih trofi untuk pertama kalinya sejak 1993.

Ini membuka jalan bagi Argentina untuk beralih dari juara kontinental menjadi juara dunia kurang dari 18 bulan kemudian, ketika Messi menginspirasi mereka untuk meraih kejayaan di Qatar.

3 dari 5 halaman

Ranking FIFA

Mudah untuk melihat mengapa La Albiceleste menjadi favorit besar. Mereka adalah tim terbaik di dunia, menurut peringkat FIFA, dan dalam diri Messi, mereka masih memiliki pemain yang bisa dibilang sebagai yang terbaik di dunia, bahkan menjelang akhir usia tiga puluhan.

Messi telah terlibat dalam 21 gol MLS untuk Inter Miami musim ini, dan segalanya akan berputar di sekelilingnya sekali lagi untuk Argentina.

Begitu ia tampil untuk Argentina di turnamen ini, Messi akan menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak sepanjang masa Copa America, menyamai legenda Chile Sergio Livingstone dengan 34 penampilan saat ini.

Messi telah mencetak 13 gol di Copa America, yang menempatkannya di urutan ketujuh dalam daftar gol sepanjang masa, bersama rekan legenda Argentina Gabriel Batistuta. Jika ia mampu mengulangi empat golnya pada edisi 2021, maka Messi bisa bergabung dengan Norberto Mendez dan Zizinho di puncak daftar gol sepanjang masa, kecuali Paolo Guerrero dari Peru dan/atau Eduardo Vargas dari Chile mencetak setidaknya empat gol.

Sejak dimulainya Copa 2011, Messi telah melepaskan 102 tembakan, lebih banyak dari pemain lainnya. Yang mengejutkan, tingkat konversinya hanya 10,78 persen, yang merupakan tingkat terendah kedua dari semua pemain yang telah mencetak sedikitnya lima gol dalam kompetisi tersebut pada waktu itu.

4 dari 5 halaman

Brasil Tak Meyakinkan, Krisis Kepercayaan Diri di Lini Depan

Brasil kali ini tidak persis seperti era 1990-an atau 2000-an. Tanpa Neymar, gaya bermainnya berkurang, dan semangat juangnya lebih tinggi di skuad Dorival Junior.

Vinicius Junior memang memberikan gambaran pola dasar pemain internasional Brasil, dan dia akan menjadi andalan Selecao di Copa ini.

Dia memasuki turnamen ini setelah menjalani musim yang luar biasa bersama Real Madrid, setelah mencetak 24 gol di semua kompetisi.

Siapa yang menempati posisi penyerang tengah itu mungkin masih diperdebatkan. Endrick sedang dalam proses menjadi seorang superstar, namun apakah pelatih Brasil akan memercayai pemain muda tersebut untuk memimpin lini depan sejak awal?

Gabriel Martinelli lebih baik di sisi sayap, meskipun bisa melakukan tugasnya jika dibutuhkan. Namun, tanpa Richarlison atau Gabriel Jesus, posisi penyerang itu tampaknya menjadi kelemahan.

5 dari 5 halaman

Banyak Pemain Penting Absen

Tidak ada Casemiro, menyusul penampilan buruknya untuk Manchester United, tetapi Douglas Luiz, Bruno Guimaraes dan Lucas Paqueta membentuk trio lini tengah yang tangguh dengan kualitas asli.

Dengan cederanya Ederson, Alisson jelas menjadi pemain nomor satu, dengan Eder Militao dan Marquinhos tampaknya akan berpasangan di lini belakang, dengan opsi kualitas Gabriel Magalhaes dan Bremer juga sebagai cadangan.

Mereka menghadapi Kolombia, Paraguay dan Kosta Rika di grup mereka, dan meskipun kesulitan di kualifikasi Piala Dunia, mereka masih difavoritkan untuk memuncaki grup tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer