Sukses


2 Penjaga Gawang Ini Pernah Gagalkan Penalti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo: Kiper Level Dewa Nih!

Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal memang lolos ke perempat final Euro 2024. Namun tetap saja pencapaian meninggalkan kekecewaan mendalam bagi bintang mereka: Cristiano Ronaldo.

Duel sengit kontra Slovenia di babak 16 besar yang mentas di Frankfurt Arena, Selasa (02/07/2024) dini hari WIB, sebenarnya tak perlu harus dituntaskan lewat adu tendangan penalti jika saja Cristiano Ronaldo bisa memaksimalkan peluang emas pada menit ke-105.

Pelanggaran yang dilakukan terhadap Diogo Jota di kotak keramat berbuntut hukuman tendangan penalti bagi Portugal.

Cristiano Ronaldo kemudian maju sebagai eksekutor. Apa yang terjadi selanjutnya sungguh mengecewakan fans Selecao das Quinas. Bola yang ditendangnya berhasil dibaca dan dimentahkan oleh kiper Slovenia, Jan Oblak.

Salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa, peraih lima Ballon d'Or, pencetak gol terbanyak, dan pengoleksi seabrek gelar bersama tim yang pernah dibelanya gagal menjalankan tugas.

Meski pada akhirnya Portugal memenangkan adu penalti 3-0, kegagalan Ronaldo tersebut membuat mantan mesin gol Manchester United, Juventus, dan Real Madrid yang kini bermain untuk klub Arab Saudi, Al-Nassr panen kritikan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Lionel Messi Pernah Gagal Penalti Juga Lho

Cristiano Ronaldo sendiri sadar kalau ia telah mengecewakan rakyat Portugal terkait kegagalan tersebut dan nirgol sepanjang tiga laga fase grup sebelumnya.

Tak hanya Ronaldo, bintang dunia lainnya yakni Lionel Messi juga pernah mengalami nasib apes yang sama.

Baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi cenderung cukup produktif dalam mengeksekusi tendangan penalti, namun mereka tetaplah manusia yang tak luput dari keteledoran.

Ronaldo memiliki tingkat konversi penalti sebesar 84,4 persen, sedangkan Messi sedikit lebih rendah yaitu 78 persen.

 

3 dari 6 halaman

2 Kiper yang Pernah Gagalkan Penalti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Dalam beberapa tahun terakhir, kedua pemain tersebut adalah pemain yang sangat tajam dalam melakukan konversi dari titik penalti.

Ronaldo telah mencetak 13 dari 14 tendangan penalti terakhirnya dan Messi tidak pernah gagal jadi algojo penalti dalam dua tahun terakhir.

Meskipun kedua pemain cenderung lebih sering mencetak gol, masing-masing dari mereka bersalah karena gagal mengeksekusi beberapa penalti dalam laga besar sepanjang karier mereka.

Dilansir Planetfootball, mari kita lebih dekat rekor keduanya dari titik penalti yang berhasil dimentahkan dua kiper

 

 

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Diego Alves

Percaya atau tidak, Ronaldo telah melakukan empat penalti melawan Alves dan dia gagal dalam tiga di antaranya. Itu adalah kinerja buruk yang menyedihkan, hanya 25 persen keberhasilan melawan mantan kiper Valencia.

Kegagalan pertamanya melawan Alves terjadi pada musim debutnya bersama Real Madrid, namun untungnya Karim Benzema mampu menghindari rasa malunya dengan mencetak gol dari bola pantulan.

Ronaldo juga gagal melakukan konversi melawan Alves ketika menghadapinya pada tahun 2015 dan kemudian pada tahun 2017.

Tidak termasuk adu penalti, Alves bertanggung jawab menyelamatkan 10% penalti yang gagal dilakukan Ronaldo selama karirnya.

Selain mengungguli Ronaldo, Alves juga berhasil mengalahkan Lionel Messi pada tahun 2012. Pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Alves menebak dengan benar dan menggagalkan tendangan bintang Barcelona itu dari titik penalti.

Pada akhirnya, Messi tertawa terakhir saat Barcelona mengalahkan Valencia di leg kedua sebelum mengalahkan Athletic Bilbao di final.

Tetap saja, ini merupakan pencapaian yang luar biasa dari Alves karena ia berhasil menggagalkan dua pemain terhebat sepanjang masa itu mencetak gol dari titik penalti.

 

 

 

 

5 dari 6 halaman

Jan Oblak

Satu-satunya kiper lain yang menggagalkan tendangan penalti Ronaldo dan Messi adalah Jan Oblak.

Ia berhasil memantahkan penalti Messi di perempat final Copa del Rey 2015 setelah dengan cerdik membaca langkahnya. Namun, Messi segera berhasil menebus kesalahannya pada malam itu ketika bola pantul jatuh ke arahnya.

Sebelum Euro 2024, Ronaldo membanggakan rekor penalti yang sempurna melawan bintang Atletico Madrid itu. Dia mencetak penalti kemenangan di final Liga Champions 2016 melawan Oblak dan juga mengonversi penalti melawannya di dua kesempatan lainnya.

Namun, peruntungannya sepertinya harus sirna saat Portugal baru-baru ini menghadapi Slovenia di Euro.

Ronaldo mengalami 90 menit yang cukup menyedihkan untuk Portugal dan keadaan menjadi lebih buruk di perpanjangan waktu ketika tendangan penaltinya berhasil diselamatkan oleh Oblak.

 

6 dari 6 halaman

Ronaldo Tebus Kesalahan

Beruntung bagi Ronaldo, ia mampu menebus kesalahannya melalui adu penalti setelah laga berakhir tanpa gol.

CR7 mencetak gol pertama dalam adu penalti dan Portugal meraih kemenangan 3-0 melalui adu penalti.

“Bahkan orang terkuat pun mengalami hari-hari [buruk] mereka. Saya berada di titik terendah ketika tim sangat membutuhkan saya,” kata Ronaldo usai pertandingan.

“Kesedihan di awal adalah kegembiraan di akhir. Itulah sepak bola. Momen, momen yang tidak bisa dijelaskan. Aku merasa sedih dan bahagia di saat yang bersamaan.

“Tetapi yang penting adalah menikmatinya. Tim melakukan pekerjaan luar biasa. Kami berjuang hingga akhir dan saya pikir kami pantas mendapatkannya karena kami memiliki otoritas lebih".

Sumber: Planetfootball

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer