Sukses


Kata-Kata Menyentuh Toni Kroos Setelah Resmi Pensiun: Terima Kasih Sepak Bola! Kau adalah Permainan yang Indah

Bola.com, Jakarta - Toni Kroos akhirnya resmi menyudahi kariernya sebagai pesepak bola, setelah Timnas Jerman kandas pada perempat final Euro 2024. Pemain berusia 34 tahun itu pun menuliskan kata-kata menyentuh di akun Instagram pribadinya.

Sang gelandang veteran telah mengonfirmasi pada awal tahun ini jika dia bakal gantung sepatu di musim panas 2024. Toni Kroos mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama Real Madrid, setelah meraih gelar juara Liga Champions dan La Liga musim ini.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, berhasil meyakinkan Kroos untuk keluar dari masa pensiun di panggung internasional demi Euro 2024. Sayangnya, Toni Kroos gagal membawa Jerman menorehkan prestasi.

Langkah Timnas Jerman harus terhenti pada perempat final Euro 2024. Mereka takluk 1-2 dari Timnas Spanyol pada perpanjang waktu di MHPArena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB.

Toni Kroos sejatinya mengawali laga kontra Spanyol dengan cukup kerepotan. Bahkan, dia menyebabkan Pedri mengalami cedera, dan menginjak Lamine Yamal dalam sebuah tekel keras.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rilis Pesan Menyentuh

Kroos terlihat sangat emosional setelah peluit berbunyi panjang tanda duel berakhir. Dia mengunggah foto di Instagram pada Minggu (7/7/2024) untuk mengucapkan pamit dari sepak bola.

"Jadi begitulah. Namun sebelum saya beristirahat dan setidaknya mencoba menyadari apa yang terjadi selama 17 tahun terakhir, saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menerima saya apa adanya," tulis Toni Kroos.

"Terima kasih kepada semua penggemar saya di seluruh dunia atas dukungan kalian. Terima kasih kepada semua klub dan pelatih yang telah mempercayai saya. Terima kasih kepada semua rekan setim yang telah membuat saya merasa diterima kapan saja."

 

3 dari 5 halaman

Raih 34 Gelar

Kroos pensiun dari dunia sepak bola pada usia 34 tahun, setelah memenangkan 34 gelar juara. Bersama Bayern Munchen, dia meraih 10 trofi, termasuk treble winner pada 2013.

Dia adalah bagian dari Timnas Jerman yang memenangkan Piala Dunia 2014 di Brasil, sebelum bergabung dengan Real Madrid.

"Terima kasih kepada teman-teman saya yang selalu jujur kepada saya, tidak peduli seberapa suksesnya saya. Terima kasih kepada para agen saya yang telah menjadi teman. Terima kasih kepada orang tua saya atas persiapan terbaik untuk mewujudkan impian saya.

"Terima kasih kepada saudara saya yang selalu menjadi penggemar nomor satu saya. Terima kasih kepada anak-anak saya yang telah menjadi motivasi terbesar saya untuk memberikan yang terbaik dari diri saya.

"Terima kasih kepada istri saya yang cantik karena telah menjadi Anda sendiri. Jangan pernah berubah. Keberhasilan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa Anda. Ini milik kita!"

 

4 dari 5 halaman

Terima Kasih Sepak Bola

Bersama Los Blancos, Kroos menambahkan 23 gelar, terutama enam titel Liga Champions, mengukuhkan posisinya dalam sejarah bersama Paco Gento, Dani Carvajal, Nacho Fernandez, dan Luka Modric sebagai pemain dengan jumlah gelar terbanyak di turnamen tersebut.

Kroos meninggalkan sepak bola seperti yang selalu dikatakan, pada saat berada di puncaknya. Akhir yang menyedihkan, pahit bagi seorang legenda seperti dirinya, namun bagaimanapun itu berakhir, hal tersebut tidak dapat menutupi karier gemilang yang telah dia jalani.

"Terima kasih sepak bola! Kau adalah permainan yang indah. Dan terima kasih kembali! Selesai dan selamat tinggal."

Sumber: Official Instagram Toni Kroos

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Published: 08/07/2024)

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer