Sukses


Final Copa America 2024 Kacau Balau: Penonton Merangsek Masuk Stadion Tanpa Tiket, Laga Ditunda Lebih dari 1 Jam

Bola.com, Florida - Final Copa America 2024 diwarnai kekacauan hingga terpaksa dilakukan penundaan waktu kickoff. Pihak Conmebol hingga tuan rumah Amerika Serikat pun panen kritikan. 

Laga final yang mempertemukan Timnas Argentina melawan Timnas Kolombia di di Rock Stadium, Miami, Amerika Serikat, Senin (15/7/2024) pagi WIB, tak berjalan mulus. 

Awalnya, kick off laga itu akan digelar di Hard Rock Stadium, Miami, Amerika Serikat pada pukul 07.00 WIB. Namun, laga antara Timnas Argentina kontra Timnas Kolombia itu baru bisa dimulai sekitar pukul 08. 25.

Padahal awalnya, pertandingan itu hanya diumumkan ditunda selama 30 menit. Namun, kickoff terus molor, jauh dari rencana. 

Begini kronologi kekacauan di final Copa America 2024

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masuk Tanpa Tiket

Awalnya, final tampaknya berjalan dengan normal. Kedua tim sudah mengumumkan starting XI yang akan bermain di final. Namun, pemain tak kunjung masuk ke lapangan.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan ada penggemar, yang sebagian besar mengenakan warna kuning dan merah Kolombia, melompati pagar keamanan di dekat pintu masuk barat daya stadion di Miami Gardens, Florida. Mereka berlari melewati petugas polisi dan petugas stadion.

Para suporter tersebut diduga tidak memiliki tiket pertandingan berusaha memaksa masuk ke dalam venue. Dalam upaya memulihkan ketertiban dan mencegah kerusakan lebih lanjut, petugas menutup gerbang di sekitar Stadion Hard Rock, bahkan menutup semua pintu masuk.

Pihak penyelenggara berusaha mengarahkan para penggemar kembali keluar dan mengunci pintu masuk, namun segerombolan orang telah berbondong-bondong duduk di tribune. Proses mengendalikan suporter ini berlangsung lama hingga membuat pertandingan tak kunjung dimulai. 

Ya, masalah utama pada final yang memaksa penundaan kickoff adalah pengendalian massa. Jurnalis The Athletic, Paul Tenorio, mengatakan kekacauan terjadi banyak penonton akhirnya masuk ke stadion tanpa pengecekan tiket.

 

 

3 dari 4 halaman

Terus Ditunda

Kickoff final Copa America 2024 seharusnya dimulai pada pukul 07.00 WIB. Namun, karena ada masalah tersebut, pihak penyelenggara memutuskan menunda kick-off hingga pukul 07.30 WIB. 

“Kami informasikan bagi yang tidak mempunyai tiket tidak bisa masuk ke dalam stadion. Hanya mereka yang sudah membeli tiket saja yang bisa masuk setelah akses diaktifkan kembali. Kami informasikan pertandingan akan ditunda 30 menit, dimulai pukul 20.30 malam waktu setempat," tulis pihak penyelenggara Copa America 2024, seperti dikutip Mirror

Namun, hingga 30 menit, pertandingan belum juga dimulai. Pihak penyelenggara terus menunda-nunda kickoff. Laga baru benar-benar dimulai pada pukul 08.25 WIB. 

 

4 dari 4 halaman

Pernyataan Polisi Miami

Polisi Miami-Dade juga mengeluarkan pernyataan. "Kami telah mengalami beberapa insiden sebelum gerbang dibuka di Stadion Hard Rock untuk pertandingan final Copa America. Insiden ini adalah akibat dari perilaku nakal para penggemar yang mencoba mengakses stadion," kata mereka. 

"Kami meminta semua orang untuk bersabar dan mematuhi aturan yang ditetapkan oleh petugas kami dan personel Hard Rock Stadium. Kami secara aktif bekerja sama dengan Hard Rock Stadium untuk memastikan lingkungan yang aman bagi semua yang hadir. Perilaku nakal akan membuat Anda dikeluarkan dan/atau ditangkap."

"Kami tidak menoleransi perilaku nakal seperti itu." 

Sumber: Mirror

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer