Sukses


Deretan Rekor Spesial yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Copa America 2024: GOAT Memang Beda

Bola.com, Florida - Lionel Messi berhasil membawa Timnas Argentina meraih trofi juara Copa America 2024. Sederet rekor spesial berhasil diukir Messi pada turnamen tersebut, dan makin mempertegas statusnya sebagai GOAT (Greatest of All Time).

Penyerang Inter Miami itu tampil sejak menit awal ketika Timnas Argentina bersua Kolombia pada partai final Copa America 2024 di Hard Rock Stadium, Miami Garden, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Sayangnya, penampilan Lionel Messi dalam duel melawan Kolombia tak terlalu oke. Messi hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran dan akurasi umpannya mencapai 85 persen.

Pada menit ke-66, Lionel Messi ditarik keluar dan digantikan Nicolas Gonzalez. Penyerang Inter Miami tersebut mengalami cedera pada pergelangan kakinya akibat terpeleset ketika hendak merebut bola.

Tanpa Lionel Messi, Timnas Argentina kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Timnas Kolombia. Setelah bermain imbang 0-0 pada waktu normal, Argentina akhirnya sukses mencetak gol pada menit ke-112.

Umpan Giovani Lo Celso mampu dikonversikan Lautaro Martinez menjadi gol dengan sepakan kaki kanan. Sampai duel berakhir Timnas Argentina menang 1-0, dan mengangkat trofi Copa America 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pertegas Dominasi

Keberhasilan tersebut membuat Timnas Argentina semakin mempertegas dominasinya di Copa America. La Albiceleste kini menjadi tim tersukses di ajang tersebut dengan koleksi 16 gelar juara.

Argentina unggul atas Timnas Uruguay di peringkat kedua dengan mengoleksi 15 trofi juara. Disusul Timnas Brasil di urutan ketiga yang tercatat meraih sembilan gelar juara.

Tak hanya itu, Timnas Argentina juga tercatat telah enam kali menorehkan back to back juara Copa America. Mereka berhasil merengkuh gelar secara beruntun di ajang tersebut pada 1927 dan 1929, 1945 dan 1946, 1946 dan 1947, 1957 dan 1959, 1991 dan 1993, serta 2021 dan 2024.

Sejumlah rekor spesial juga berhasil diukir Lionel Messi pada Copa America 2024. Simak ulasannya di bawah ini.

 

3 dari 5 halaman

Penampilan Terbanyak di Copa America

Saat tampil menghadapi Kanada pada laga perdana Grup A Copa America 2024, 20 Juni lalu, Lionel Messi telah menorehkan rekor baru. La Pulga menjadi pesepak bola dengan penampilan terbanyak di turnamen tersebut.

Dengan bermain pada laga final kontra Timnas Kolombia, Messi kini telah tampil dalam 39 pertandingan di tujuh Copa America berbeda, yakni 2007, 2011, 2015, 2016, 2019, 2021, serta 2024.

Lionel Messi unggul atas legenda Timnas Chile, Sergio Livingstone, yang bermain dalam 34 pertandingan Copa America.

 

4 dari 5 halaman

Pemain Argentina yang Tampil di 7 Copa America

Messi juga resmi menjadi pemain Argentina pertama yang bermain di tujuh edisi berbeda Copa America. Dia pertama kali membela Tim Tango di Copa America adalah pada edisi 2007 di Venezuela.

Bermain dalam tujuh Copa America berbeda, Lionel Messi juga menyamai pencapaian Hector Scarone, Miton Melgar, Carlos Borja, dan Claudio Bravo. Messi hanya kalah dari Angel Romano dan Alex Aguinaga yang bermain lebih banyak di turnamen ini (masing-masing delapan).

 

5 dari 5 halaman

Pemain Pertama yang Tampil di 5 Final Copa America

Tampil dalam duel kontra Kolombia pada partai puncak Copa America 2024, Lionel Messi juga mengukir sejarah baru. Eks megabintang Barcelona tersebut menjadi pemain pertama yang tampil di lima laga final Copa America.

Tampil dalam pertandingan tersebut, Lionel Messi telah mencatatkan 109 caps bersama Timnas Argentina dan mencetak 108 gol. Dia masih kalah dari Cristiano Ronaldo yang berstatus pencetak gol terbanyak di level internastional dengan torehan 130 gol

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer