Sukses


Cedera Engkel di Final Copa America 2024, Lionel Messi Sempat Takut Kariernya Berakhir

Bola.com, Miami - Kapten tim sekaligus bintang Argentina, Lionel Messi sempat dibayangi rasa cemas soal masa depannya di lapangan hijau. Ia punya ketakutan setelah cedera engkel horor di final Copa America 2024.

Argentina menang tipis 1-0 atas Kolombia dalam laga final di Hard Rock Stadium, Miami Garden, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB. Gol tunggal Lautaro Martinez pada babak perpanjangan waktu mengantarkan Tim Tango mempertahankan gelar juara Copa America.

Lionel Messi tampil sejak menit awal ketika Timnas Argentina bersua Kolombia pada partai final. Sayangnya, penampilan Lionel Messi dalam duel melawan Kolombia tak terlalu oke. Messi hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran dan akurasi umpannya mencapai 85 persen.

Pada menit ke-66, Lionel Messi ditarik keluar dan digantikan Nicolas Gonzalez. Penyerang Inter Miami tersebut mengalami cedera pada pergelangan kakinya akibat terpeleset ketika hendak merebut bola.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Momen Cedera

Messi memimpin rekan-rekannya melawan Kolombia di final kemarin. Seperti biasa, ia menjadi starter namun cukup kesulitan membongkar rapatanya barisan pertahanan lawan.

Memasuki menit ke-64, ia tersandung, La Pulga mengerang kesakitan dan tak mampu melanjutkan permainan lagi setelah diperiksa tim medis. Saat ia melepas tali sepatunya dan berjalan keluar lapangan, suasananya kental dengan firasat.

Ia berjalan gontai menuju bench ketika digantikan Nicolas Gonzalez. "Saya agak takut semuanya berakhir," ujar Messi dalam wawancara baru-baru ini dengan ESPN Argentina.

3 dari 5 halaman

Sinyal Kuat Pensiun

Kata-katanya, yang sarat dengan beban di akhir kariernya. Pada usia 37, ia menyatakan Copa America ini sebagai yang terakhir, mengisyaratkan akan segera berakhirnya waktunya bersama tim nasional.

"Saya tahu ini adalah tahun-tahun terakhir saya dan saya tahu ketika saya tidak memilikinya, saya akan sangat merindukannya,” kenang Messi dalam sebuah film dokumenter tentang kariernya.

Seiring berjalannya Copa America, momen kemarin mungkin bisa menjadi sebuah perpisahan salah satu pesepak bola terhebat. Air mata Messi di Miami bukan hanya karena rasa sakit di pergelangan kakinya, tetapi juga karena akan segera berakhirnya sebuah babak yang telah diikuti jutaan orang, terpesona, selama beberapa dekade.

4 dari 5 halaman

Baik-baik Saja

Namun demikian, Lionel Messi memastikan dirinya dalam kondisi baik-baik saja meski mengalami cedera engkel hebat dalam laga final Copa America 2024. Albicelester baru saja menjuarai Copa America untuk yang ke-16 kali sepanjang sejarah.

Lionel Messi mengunggah kabar mengenai kondisi diri dan cederanya dalam akun Instagram pribadi La Pulga, Selasa (16/7/2025). Penggawa Inter Miami itu menyampaikan rasa terima kasih dan mengabarkan bahwa kondisi cederanya sudah dalam penanganan medis.

"Copa America telah berakhir dan hal pertama yang ingin saya ucapkan terima kasih kepada semua orang atas pesan dan salamnya. Saya baik-baik saja, terima kasih Tuhan, dan mudah-mudahan saya bisa segera berada di lapangan lagi menikmati apa yang paling saya sukai," tulis Messi.

5 dari 5 halaman

Mengesankan

Trofi juara Copa America 2024 sangat mengesankan bagi Messi. Dalam tiga turnamen beruntun Argentina dibawanya menjadi kampiun. Diawali dari juara Copa America 2021, disusul juara Piala Dunia 2022, dan baru saja mengangkat trofi Copa America 2024.

"Saya sangat senang, terutama karena kami mencapai tujuan yang kami miliki, Angel Di Maria memutuskan pensiun di Timnas, dan kami menyongksong Piala yang lain. Seperti dia, Otamendi atau saya, kami menjalaninya dengan kegembiraan khusus, dengan rekan satu tim lain yang sudah menjalani beberapa turnamen," lanjut eks bintang Barcelona.

"Kami adalah tim dan juga keluarga, grup yang spektakuler dengan pemain berpengalaman dan anak-anak muda yang memberikan segalanya. Terima kasih kepada semua orang yang mendukung kami, tim ini memiliki banyak potensi di masa kini dan masa depan," jelas Messi.

Sumber: EPL Index

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer