Sukses


7 Pemain yang Layak Dapat Ballon d'Or 2024: Jangan Cari Ronaldo! Messi juga Bukan Favorit

Bola.com, Jakarta - Dua turnamen besar dari dua benua, Piala Eropa dan Copa America 2024 sudah berakhir bulan lalu. Spanyol menjadi raja Eropa, sementara Argentina kembali mempertahankan trofi supremasi tim terbaik di benua Amerika.

Spanyol menaklukkan Inggris di final untuk menjadi kampiun Euro 2024. La Furia Roja menang 2-1 dalam laga final di Berlin, Senin (15/7/2024).

Hanya berselang beberapa jam saja, giliran Argentina yang merajai benua Amerika. Albiceleste menang dramtis 1-0 atas Kolombia melalui babak perpanjangan waktu dalam final di Miami.

Berakhirnya dua turnamen bergengsi itu, membuat bursa pemenang penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or untuk edisi 2024 kembali menghangat.

Yuk simak daftar pemain yang berpotensi mendapat penghargaan tersebut di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

7. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe tidak akan pernah bisa diabaikan begitu saja, dan dia mungkin akan menjadi favorit untuk memenangkan Ballon d'Or tahun depan setelah bergabung dengan Real Madrid dari PSG dengan status bebas transfer.

Dia sekarang akan menjadi bagian dari tim super yang akan kembali menjadi favorit untuk memenangkan Liga Champions, tetapi musim lalu dengan modal gelar Liga Prancis dan semifinal Euro, tidak akan cukup membuatnya meraih Ballon d'Or untuk tahun ini.

3 dari 8 halaman

6. Lionel Messi

Tampaknya Lionel Messi akan mengangkat Ballon d'Or terakhirnya tahun lalu ketika ia memenangkan penghargaan tersebut untuk kedelapan kalinya setelah Argentina menjuarai Piala Dunia 2022.

Sang penyerang telah mendominasi penghargaan tersebut selama hampir 15 tahun bersama Cristiano Ronaldo, dengan salah satu dari dua pemain tersebut memenangkan trofi tersebut kecuali tiga kali dalam 16 tahun terakhir. Namun kepindahannya ke MLS sepertinya mengakhiri era tersebut, sementara Ronaldo pindah ke Arab Saudi.

Namun, hal itu terjadi sampai dia memenangkan Copa America. Pemain Inter Miami ini hanya mencetak satu gol dalam lima pertandingan di turnamen tersebut, namun menjadi kapten timnya untuk meraih kesuksesan internasional lainnya.

Meskipun demikian, Messi tampaknya tidak mungkin memenangkan trofi Ballon d'Or karena kontribusinya di level klub yang kurang.

4 dari 8 halaman

5. Lamine Yamal

Setahun lalu, tidak banyak yang tahu siapa Lamine Yamal. Menyusul penampilannya di Euro 2024, hampir tidak ada orang yang tidak tahu dirinya.

Pemain yang kini berusia 17 tahun itu memenangkan penghargaan Pemain Muda Turament di Euro 2024 atas penampilannya di sayap kanan untuk Spanyol, membantu mereka meraih gelar.

Golnya yang menakjubkan melawan Prancis di semifinal menjadi sorotan, dan kemitraannya dengan rekan setimnya di Barcelona, ​​​​Nico Williams, menerima pujian luas.

Suatu hari nanti, Yamal memenangkan Ballon d'Or adalah kemungkinan yang besar. Namun dengan kegagalan Barcelona di Liga Champions dan LaLiga, sepertinya tahun ini tidak akan menjadi kesemaptannya.

5 dari 8 halaman

4. Dani Carvajal

Dani Carvajal adalah pemain paling menonjol yang memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid dan trofi Euro 2024 dengan Spanyol musim panas ini.

Bek kanan ini adalah salah satu dari tiga pemain Real Madrid di skuad Spanyol untuk Euro 2024, bersama Nacho dan Joselu, yang merupakan pemain paruh waktu, dengan Carvajal menjadi starter di lima dari tujuh pertandingan.

Tidak ada pemain Madrid di skuad Argentina, artinya, jika penghargaan tersebut dinilai berdasarkan keberhasilan tim saja, maka Carvajal akan menjadi yang terdepan. Oleh karena itu, dia tidak bisa dikesampingkan begitu saja untuk nominasi Ballon d'Or.

6 dari 8 halaman

3. Jude Bellingham

Kemungkinan besar Jude Bellingham akan menjadi yang terdepan penerima Ballon d'Or 2024 seandainya Inggris menang atas Spanyol dan juara Piala Eropa 2024. Namun hal itu tidak terjadi.

Setelah bersinar di tahun debutnya bersama Real Madrid dalam perjalanan menuju kesuksesan LaLiga dan Liga Champions, ia mengalami kesulitan di Euro 2024 dan final, meski mencetak dua gol di turnamen tersebut.

Bintang Inggris ini tetap menjadi salah satu kandidat, namun ia mungkin harus melihat perkembangannya dalam beberapa tahun ke depan jika ia ingin menjadi orang Inggris pertama yang mengangkat Ballon d'Or sejak Michael Owen pada tahun 2001.

7 dari 8 halaman

2. Rodri

Sosok Rodri layak masuk dalam daftar ini, ia menjadi favorit setelah kesuksesan Spanyol dalam menjuarai Euro 2024. Rodri telah menjadi jangkar bagi Spanyol dan Manchester City selama beberapa tahun dan telah menunjukkan pentingnya dirinya bagi kedua belah pihak dalam beberapa kesempatan.

Dia hanya merasakan kekalahan satu pertandingan dalam 16 bulan terakhir di final Piala FA dan menikmati musim sukses lainnya di level klub dan internasional, memenangkan Liga Inggris dan Euro 2024.

Dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen di Euro 2024 juga tidak akan merugikan perjuangannya. Kemenangan di Liga Champions mungkin bisa menjamin hal itu. Namun, ketika pemungutan suara tiba untuk menentukan pemenang Ballon d'Or.

8 dari 8 halaman

1. Vinicius Junior

Inilah sosok yang difavoritkan untuk memenangkan Ballon d'Or 2024, Vinicius Junor dari Real Madrid menjadi pusat kesuksesan timnya pada tahun lalu.

Dia mencetak enam gol dalam perjalanannya menuju kesuksesan Liga Champions bersama Real Madrid, termasuk satu gol di laga final kontra Dortmund. Ia juga mencetak 15 gol LaLiga dalam 28 pertandingan.

Dia telah menjadi pemain sentral dan andalan di tim asuhan Carlo Ancelotti. Vinicius Junior dikenal sebagai penyerang yang menonjol skuad Los Merengues, posisinya juga sangat sulit digantikan.

Brasil tersingkir di perempat final Copa America, yang bisa merugikannya. Namun sangat mungkin pemain berusia 24 tahun itu bisa memenangkan gelar Ballon d'Or pertamanya.

Sumber: Mail Sport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer