Sukses


6 Transfer yang Bikin Syok Sepanjang Euro 2024: Banyak Fans Mungkin Tidak Menyadarinya

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain musim panas 2024 mulai menggeliat kencang. Beberapa klub besar sudah mengamankan sejumlah pemain incaran. 

Yang terbaru, kapten Timnas Spanyol, Alvaro Morata, resmi gabung AC Milan. Sebelumnya, Manchester United merekrut Leny Yoro dari klub Ligue 1, Lille. 

Juara Liga Inggris 2023/2024, Manchester City, juga sudah bergerak. Mereka memboyong pemain Brasil, Savio, dari Troyes untuk mengarungi kompetisi 2024/2025. 

Transfer yang paling disorot tentu saja Kylian Mbappe. Real Madrid sudah resmi memperkenalkan Mbappe sebagai penggawa baru. 

Namun, sebelum ini bursa transfer juga sudah menyeruak. Beberapa perpindahan mengejutkan terjadi sepanjang Euro 2024, namun tak banyak yang menyadarinya. 

Berikut ini enam transfer yang terjadi sepanjang Euro 2024, tetapi tak banyak disadari pencinta sepak bola dunia, seperti dikutip dari Planet Football

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Georges Mikautadze: Ajax ke Metz ke Lyon

Mikautadze menghabiskan musim 2023/2024 dengan status pinjaman di Metz dari klub induk Ajax. Pada 1 Juli, di pertengahan Euro 2024, klub Prancis — yang terdegradasi ke Ligue 2 — mempermanenkan transfer tersebut dengan mahar 13 juta euro.

Namun, Georgia berhasil meraih kemenangan di turnamen besar pertama sebagai negara merdeka. Mikautadze berperan penting dalam momen spesial tersebut, memimpin lini depan dan menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Euro 2024.

Ini mendorong Lyon membayar 18,5 juta euro kepada Metz untuk mendapatkan sang striker, yang berarti dia akan bermain di Liga Konferensi Europa alih-alih Ligue 2. Mikautadze tidak memainkan satu pertandingan pun untuk Metz setelah menandatangani kontrak secara permanen.

3 dari 7 halaman

2. Sergio Gomez: Manchester City ke Real Sociedad

Gomez berusia 23 tahun, sangat bertalenta, dan kekurangan waktu bermain, mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi sejak bergabung dengan Man City pada 2022. Namun, ia tidak mampu menembus starting XI karena kalah bersaing dengan Josko Gvardiol dan Nathan Ake.

Dia juga menghadapi potensi kembalinya Joao Cancelo. 

Real Sociedad melihat peluang dan merekrut bek sayap atau gelandang serbabisa Spanyol itu dengan harga 9 juta euro. Ini sepertinya bisnis yang bagus dari anak-anak Basque Country.

4 dari 7 halaman

3. Hugo Ekitike: PSG ke Eintracht Frankfurt

Sebelum Newcastle mengontrak Alexander Isak, Hugo Ekitike adalah nama yang disebut-sebut akan berperan sebagai striker atau sayap kiri di era baru Toon yang menghasilkan banyak uang.

Sebaliknya, penyerang muda Prancis itu malah memilih Paris Saint-Germain. Di sana ia mencetak total empat gol, dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt, dan kini telah dijual ke klub Jerman, Eintracht Frankfurt, seharga 16,5 juta euro.

Sementara itu, Isak telah membuktikan diri sebagai salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris.

5 dari 7 halaman

4. Ben Godfrey: Everton ke Atalanta

Ingat ketika Cristiano Ronaldo melihat penaltinya melawan Slovenia dipatahkan oleh Jan Oblak, dan pemain Portugal itu mulai menangis?

Saat itu terjadi, pada 1 Juli 2024, Ben Godfrey pergi ke Bergamo dan menandatangani kontrak dengan Atalanta.

Klub Italia itu mengeluarkan sekitar 12 juta euro untuk membotong Godfrey dari Everton. Ia akan menjadi pemain Inggris lainnya yang akan bermain sepak bola Serie A musim ini.

6 dari 7 halaman

5. Hiroki Ito: Stuttgart ke Bayern Munich

Harga bek tengah Jepang ini telah meningkat pesat sejak bergabung dengan Stuttgart pada 2021, pertama dengan status pinjaman dan kemudian secara permanen.

Stuttgart finis kedua di Bundesliga pada 2023/2024, di atas Bayern Munchen. Alhasil, Bayern melakukan manuver terbaik dengan merekrut bek tengah terbaik Die Roten.

Ada beberapa perdebatan tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh The Bavarians, tapi kami memahami klausul pelepasannya telah dipicu, yaitu antara 23,5 juta euro. 

7 dari 7 halaman

6. Assan Ouedraogo: Schalke ke RB Leipzig

Gelandang berusia 18 tahun ini baru menjalani debut profesional musim lalu, namun potensinya sangat tinggi.

Ternyata RB Leipzig juga menyadari bakat Ouedraogo, dan mengeluarkan 10 juta euro untuk mengamankan tanda tangan remaja tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer