Sukses


5 Pelatih Dunia dengan Trofi Terbanyak: Kok Enggak Ada Jose Mourinho?

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Jose Mourinho. Pria asal Portugal berusia 61 tahun ini merupakan salah satu pelatih terhebat dan tersukses di jagat sepak bola dunia.

Jose Mourinho pernah menukangi sejumlah klub beken Eropa, di antaranya Manchester United, Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan AS Roma.

Saat ini, Jose Mourinho dipercaya menukangi raksasa Turki, Fenerbahçe, dan diharapkan bisa mempersembahkan banyak trofi kepada Sarı Kanaryalar, julukan tim yang berdiri pada 1907 itu.

Selama berkarier sebagai juru taktik, Jose Mourinho setidaknya sudah mengoleksi 26 trofi bersama klub-klub yang pernah ia arsiteki, baik di kompetisi domestik maupun zona Eropa. Sukses tersebut membuat ia mendapat julukan istimewa yakni The Spesial One.

Tapi, Jose Mourinho ternyata bukan pelatih dengan trofi terbanyak. Artinya, selain dia, masih ada pelatih hebat lainnya dengan koleksi trofi yang lebih banyak.

Siapa saja mereka, berikut lima trofi terbanyak, seperti dilansir Givemesport:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Carlo Ancelotti (29 trofi)

Carlo Ancelotti telah berkecimpung di kancah manajemen sejak 1995 dan ikon Italia ini sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat, hampir tiga dekade kemudian.

Pelatih berusia 64 tahun ini telah meraih trofi di lima liga top Eropa - La Liga, Serie A, Bundesliga, Premier League, dan Ligue 1, yang menunjukkan betapa hebatnya bos Real Madrid saat ini yang menjadi pemenang beruntun.

Dia juga salah satu dari sedikit orang yang memenangkan Liga Champions baik sebagai pemain maupun manajer, meraihnya sebanyak lima kali saat duduk di bangku cadangan.

Dua kemenangan tersebut diraih AC Milan, di mana Ancelotti masih digembar-gemborkan sebagai pahlawan sebagai orang terakhir yang membawa trofi Eropa terbesar yang ditawarkan kepada Rossoneri.

Tiga pemain lainnya tampil dalam dua periode berbeda bersama Los Blancos, yang terakhir terjadi dalam kemenangan 2-0 atas Borussia Dortmund bersama tim Spanyol tersebut.

Saat pertama kali terjun ke sepak bola Inggris, Ancelotti hampir mengamankan semua trofi domestik yang ditawarkan saat ia memulai kariernya di Chelsea dengan kesuksesan di Community Shield sebelum melanjutkannya dengan gelar ganda di Premier League dan Piala FA.

Kemenangan liga lainnya diraih bersama Bayern Munich dan Paris Saint-Germain di Jerman dan Prancis.

Trofinya yang ke-28 diraihnya saat ia membawa Real Madrid meraih kejayaan Spanyol pada musim 2023/24, merebut kembali gelar tersebut dari Barcelona.

3 dari 6 halaman

Valeriy Lobanovskyi (30 trofi)

Valeriy Lobanovskyi melakukan sebagian besar pekerjaannya di balik Tirai Besi Pakta Warsawa pada 1970-an dan 1980-an sebagai manajer Dynamo Kyiv, salah satu klub tersukses dalam sejarah Uni Soviet.

Sepak bola Soviet cukup menarik tetapi tidak banyak yang diketahui tentangnya di dunia barat.

Itu inovatif dengan caranya sendiri, dengan Dynamo Kyiv dari Lobanovskyi bekerja dengan Institut Pendidikan Jasmani Negara Kyiv untuk membawa sistem perhitungan ke timnya untuk mengelola beban kerja timnya.

Selain itu, ia juga mengembangkan gaya permainan yang agak mirip dengan total football Rinus Michel, tetapi lebih menekankan pada tekanan.

Di bawah bimbingannya Dynamo Kyiv memenangkan delapan gelar Liga Top Soviet dan enam Piala Soviet.

Dynamo juga sukses di pentas kontinental, dua kali menjuarai Piala Winners UEFA, dan Piala Super Eropa atas Bayern Munich.

Lobanovskyi juga menjadi manajer tim nasional Uni Soviet, hampir meraih trofi pada tahun 1988 ketika mereka mencapai final Kejuaraan Eropa.

Namun, gol ikonik Marco van Basten untuk Belanda itu membuyarkan impian meraih kemenangan. Menyusul pembubaran Uni Soviet, Lobanovskyi mengubah Dynamo menjadi tim dominan di Ukraina, memenangkan lima gelar Liga Nasional berturut-turut, dan juga tiga Piala Ukraina berturut-turut.

4 dari 6 halaman

Mircea Lucescu (38 trofi)

Seorang manajer pekerja harian sejati, Lucescu telah memenangkan trofi di Rumania, Turki, Ukraina, dan Italia.

Lain dari balik Tirai Besi, Lucescu memulai karir manajerialnya di negara asalnya Rumania, memenangkan dua Piala Rumania dan satu gelar liga bersama Dinamo Bucaresti.

Setelah revolusi tahun 1989, Lucescu meninggalkan Rumania untuk bergabung dengan Pisa di Italia.

Masa-masanya di Brescia lebih inovatif, ketika ia dan pelatih kebugaran Adriano Bacconi menciptakan program perangkat lunak bernama FARM (Football Athletics Results Manager), yang merupakan salah satu sistem pemantauan data pertama dalam sepak bola. Di Brescia, ia juga memenangkan Piala Inggris-Italia 1993-94.

Masa paling suksesnya di klub sepak bola mana pun adalah masa jabatannya sebagai pelatih Shakhtar Donetsk, di mana ia mengubah mereka menjadi salah satu tim Ukraina terhebat sepanjang masa.

Mereka menjadi tim dominan di Ukraina, memenangkan delapan gelar Liga Utama Ukraina, enam Piala Ukraina, dan tujuh Piala Super Ukraina.

Selain itu, mereka juga merasakan kesuksesan di pentas kontinental dengan menjuarai Piala UEFA 2009 atas tim Jerman Werder Bremen.

Waktunya bersama Zenit St. Petersburg membuatnya memenangkan Piala Rusia sebelum periode naas sebagai manajer Turki tidak membuahkan hasil.

Dia kembali ke Ukraina untuk melatih rival terbesar Shakhtar, Dynamo Kyiv, memenangkan treble domestik di musim pertamanya sebagai pelatih. Ia pensiun dari manajemen pada November 2023.

5 dari 6 halaman

Pep Guardiola (39 trofi)

Mungkin manajer terhebat sepanjang masa? Jika dia belum melakukannya, maka dia pasti sedang dalam perjalanan untuk menjadi yang terhebat dalam hal perolehan trofi.

38 trofi ketika dia belum pensiun sungguh luar biasa. Di usianya yang sudah 53 tahun, Pep punya waktu lebih dari cukup untuk mengejar sosok pria nomor satu di daftar ini.

Ini adalah bukti betapa bagusnya dia sebagai pelatih bahkan di awal karirnya, bahwa dia diberi kesempatan untuk melatih tim utama Barcelona setelah hanya satu tahun bersama tim B.

Dia membayar kepercayaan itu secara instan, memenangkan treble di tahun pertamanya sebagai pelatih dan menyelesaikan sextuple pertama dalam sejarah sepak bola pada akhir tahun 2009.

Pada akhir waktunya di Barcelona, ​​​​dia telah memenangkan 14 trofi, yang membuatnya menjadi pemain terbaik di Barcelona, manajer tersukses dalam sejarah klub, meski masa jabatannya di klub hanya bertahan empat tahun.

Kepindahannya ke Bayern membuahkan hasil ketika ia kembali ke jalur kemenangan setelah cuti panjang selama setahun.

Dia dengan cepat memenangkan Bundesliga dan DFB-Pokal tetapi di tim Jerman itulah pencariannya untuk meraih kemenangan ketiga di Liga Champions mulai menghantuinya karena klub Bavaria itu akan tersingkir di babak semifinal dalam tiga musim kepemimpinannya.

Namun, kepindahannya ke Manchester City semakin memperkuat warisannya di dunia sepak bola, karena The Citizens telah menjadi klub dominan di sepak bola Inggris selama delapan tahun terakhir.

Mereka telah memenangkan enam gelar Liga Premier, empat Piala Liga, dua Piala FA, dua perisai Komunitas FA dan mengakhiri pencarian Pep untuk trofi Liga Champions ketiga itu ketika mereka mengalahkan Inter Milan di Istanbul pada 2023.

6 dari 6 halaman

Sir Alex Ferguson (49 trofi)

Perdebatan mengenai siapa manajer terhebat sepanjang masa mungkin akan bertahan hingga akhir zaman.

Namun kasus Sir Alex Ferguson tidak dapat disangkal karena jumlah trofi yang ia menangkan untuk timnya sungguh luar biasa.

Dia memulai perolehan trofinya yang luas bersama St. Mirren, memenangkan gelar divisi pertama (meskipun ini adalah tingkat kedua) pada tahun 1977.

Dia menjadi manajer Aberdeen pada 1978, memenangkan gelar Divisi Utama Skotlandia di musim keduanya.

Dia kemudian memenangkan dua gelar liga lagi dan empat Piala Skotlandia selama waktunya di klub.

Kemenangannya yang paling terkenal adalah kemenangan Dons melawan Real Madrid di Piala Winners Eropa 1983.

Dia pindah ke Manchester United pada 1986, dan warisannya di Setan Merah akan menjadi legenda mutlak.

Diketahui bahwa klub tersebut agak gagal dalam beberapa tahun pertamanya di klub, namun dari tahun 1990 hingga 2013 mereka memenangkan 38 trofi, rata-rata hampir dua trofi setiap musim.

Klub ini mendominasi dua setengah dekade pertama Liga Premier dan menambahkan banyak kemenangan Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield ke dalam kabinet mereka.

Mereka sukses di Eropa, memenangkan dua gelar Liga Champions dan kemenangan mereka pada tahun 1999 menjadi bagian dari treble klub yang terkenal.

Selain itu, dalam dua kesempatan, klub menjadi Juara Dunia, memenangkan Piala Interkontinental pada tahun 1999 dan Piala Dunia Antarklub FIFA pada tahun 2008.

Sir Alex Ferguson mengubah Manchester United menjadi klub terbesar di dunia pada puncak kejayaannya, dan warisannya akan abadi selamanya.

Sumber: Givemesport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer