Sukses


3 Pemain Bintang yang Sudah Hengkang dari Liga Arab Saudi pada Tahun 2024: Ada Eks Liverpool dan Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Setahun telah berlalu sejak Liga Arab Saudi mengejutkan dunia sepak bola dengan merekrut beberapa nama-nama besar dalam olahraga ini.

Pemain-pemain seperti Neymar, Karim Benzema, Roberto Firmino dan Jordan Henderson bergabung dengan klub-klub di negara Teluk tersebut.

Superstar seperti Kevin De Bruyne dan Mohamed Salah terus dikaitkan dengan transfer ke Saudi Pro League.

Namun masih harus dilihat apakah mereka akan memenuhi ambisinya untuk menjadi salah satu liga top sepak bola. 

Yang pasti gemerlap Liga Arab Saudi tidak membuat semua pemain senang hidup di sana. Seperti pemenang Euro 2024 dari Spanyol, Aymeric Laporte, yang telah menyatakan keraguannya apakah bakal lanjut di liga ini.

Namun, dia bukan pemain pertama yang tidak kerasan di Liga Arab Saudi. Tiga pemain berstatus bintang ini bahkan sudah meninggalkan Saudi Pro League. Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Jordan Henderson

Sebagai pemain paling terkenal yang meninggalkan Liga Arab Saudi, mantan kapten Liverpool, Jordan Henderson, hanya bertahan kurang dari setengah musim bersama Al Ettifaq asuhan Steven Gerrard.

Karena kepindahan ie Al Ettifaq, pemain berusia 34 tahun ini juga kehilangan tempatnya di Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate dan tidak diikutsertakan dalam skuat Euro 2024. Kini ia memperkuat Ajax sejak Januari 2024. 

"Dalam hidup, Anda tahu, Anda bisa, jika Anda mau, menyebutnya sebagai penyesalan atau kesalahan. Anda bisa menyebutnya seperti itu," katanya kepada wartawan tak lama setelah menandatangani kontrak dengan Ajax pada bulan Januari.

 

3 dari 4 halaman

2. Alan Saint-Maximin

Saint-Maximin meninggalkan Newcastle menuju Al-Ahli, di mana ia bergabung dengan sesama alumnus Liga Inggris: Bobby Firmino dan Riyad Mahrez.

Dia mencetak empat gol dan 10 assist dalam 31 penampilan untuk klub. Terbilang sukses, tapi ia memutuskan cabut ke Fenerbache untuk musim 2024/2025.

"Setelah satu tahun di Arab Saudi, sekarang saatnya bagi saya untuk menghadapi tantangan baru. Saya tidak menyangka akan pergi secepat ini, tetapi hidup ini penuh dengan kejutan," Saint-Maximin menuturkan. 

 

4 dari 4 halaman

3. Cristian Tello

Eks pemain Barcelona ini menyelesaikan kontraknya dengan Real Betis dua tahun lalu dan kemudian bergabung dengan LAFC.

Namun ia hanya bertahan setengah musim bersama klub MLS tersebut sebelum bergabung dengan Al-Fateh pada Januari 2023 atau tiba di Arab Saudi pada saat yang sama dengan musuh lamanya di El Clasico, Cristiano Ronaldo.

Tello menandatangani kontrak 18 bulan dan tampil luar biasa, mencetak 12 gol di liga musim lalu untuk membantu At Fateh finis di posisi ketujuh.

Namun kini ia kembali berstatus sebagai pemain bebas transfer. Masih berusia 32 tahun, Anda dapat membayangkan bahwa ia akan mendapat tawaran dari klub-klub Spanyol dan Arab Saudi. Kita lihat saja nanti.

 

Video Populer

Foto Populer