Sukses


Starting XI Pemain-Pemain Top yang Dijual Lille sejak 2024: Hazard hingga Yoro

Bola.com, Jakarta - Arsenal, Chelsea dan Manchester United semuanya membeli pemain dari Lille sejak 2010, menjadikan klub Prancis itu salah satu penghasil transfer paling gila di Eropa.

Lille memenangkan gelar Ligue 1 pada tahun 2012 dan 2021, membuktikan bahwa kebijakan mereka menjual pemain dengan harga yang tepat memungkinkan mereka untuk berinvestasi kembali dan tetap kompetitif di sepak bola Prancis dan Eropa.

Klub bernama resmi LOSC Lille itu juga dikenal sebagai pencetak pemain potensial. Terbukti, banyak pemain hebat pernah bermain di sana, dan yang berpeluang meneruskan legacy itu adalah Leny Yoro, bek muda yang kini bermain untuk Manchester United.

Berikut ini Bola.com mengulas starting XI eks pemain Lille sejak tahun 2010.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kiper

Karena gagal masuk sebagai pilihan pertama di Paris Saint-Germain, Maignan pindah ke Lille pada tahun 2015 dengan biaya hanya €1 juta.

Butuh beberapa tahun baginya untuk menemukan penampilan terbaiknya, tetapi setelah diberi kesempatan oleh Marcelo Bielsa, Maignan terus berkembang, menjadi penjaga gawang nomor satu pada tahun 2018.

Setelah memenangkan penghargaan Goalkeeper of the Season di Prancis atas penampilannya sepanjang musim 2018/2019 berkat 17 clean sheet saat Lille menjadi runner-up Ligue 1, puncak keistimewaannya adalah ketika ia menjuarai Ligue 1 dan meraih 21 clean sheet yang mencengangkan dalam prosesnya.

Maignan hijrah ke AC Milan pada tahun 2021, menandatangani kontrak dengan €15 juta dan menggantikan Gianluigi Donnarumma.

Dia memenangkan Scudetto di musim pertamanya dan telah menjadi salah satu kiper terbaik di dunia sejak itu, percaya diri dengan kakinya tetapi juga kopling saat melakukan penyelamatan yang memenangkan pertandingan.

3 dari 5 halaman

Bek

  • Djibril Sidibe:

Menandatangani kontrak untuk klub yang baru berusia 19 tahun pada tahun 2012, penampilan ciamik Sidibe dengan Lille sudah cukup untuk meyakinkan siapa pun bahwa dia akan ditakdirkan untuk stabil di level permainan terbaiknya hingga kini.

  • Leny Yoro:

Bermain untuk klub dari level akademi hingga tim utama, Yoro menjadi pemain termuda kedua yang melakukan debut untuk klub pada usia 16 tahun, enam bulan dan satu hari pada Januari 2022, mengambil penghargaan dari Eden Hazard.

Setelah banyak minat dari Real Madrid dan klub lain di seluruh Eropa, Manchester United yang memenangkan perlombaan untuk menandatangani pemain muda Prancis musim panas ini. Yoro telah pindah ke Old Trafford dengan kontrak hingga 2029 dengan biaya awal £52,2 juta. Bisnis yang brilian untuk Lille.

  • Gabriel Magalhaes:

Diboyong dari tim Brasil, Avai, Gabriel segera memantapkan dirinya menguasai permainan Eropa.

Gabriel adalah pemain inti bersama Jose Fonte pada 2019/2020 dan dengan cepat menyita perhatian klub papan atas. Arsenal mendapatkan tanda tangannya pada tahun 2020 seharga £27 juta, hanya tiga tahun setelah tiba di Prancis.

Saat ini, pemain berusia 26 tahun itu membentuk setengah dari salah satu pertahanan paling top di Eropa bersama William Saliba dan telah membuat lebih dari 150 penampilan untuk The Gunners.

  • Lucas Digne:

Dia telah melanglang buana dalam kariernya, tetapi yang paling memesona adalah ketika Digne mengkilat bersama Lille, menjadi terkenal sebelum mendapatkan dirinya pindah ke Paris Saint-Germain pada tahun 2013.

Bermain 46 kali untuk timnas Prancis, Digne kembali menemukan jatidirinya di Aston Villa. Perlu diingat, ia pernah bermain untuk Barcelona, AS Roma, dan Everton.

 

4 dari 5 halaman

Gelandang

  • Amadou Onana:

Berpeluang menjadi salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris dan bisa dibilang yang terbaik di luar big six, Amadou Onana terus menunjukkan kharismanya bersama Everton sejak diboyong dari Lille pada 2022.

Semusim di Everton, Aston Villa dengan pede membelinya pada bursa transfer musim panas ini, dan besar kemungkinan ia akan jadi tandem penting bersama kompatriotnya, Youri Tielemans, sepeninggal Douglas Luiz ke Juventus.

  • Renato Sanches:

Setelah titik tertinggi menerobos di Benfica, Euro 2016, dan menandatangani untuk Bayern Munchen, Renanto Sanches merasakan naik-turun di usia sangat muda.

 

Kini eks pemain pinjaman di Swansea City ini berupaya menemukan kembali performa terbaiknya bersama PSG. Jika Manuel Ugarte benar-benar merapat ke MU, Sanches berpeluang untuk mengisi slot lini tengah Le Parisien.

  • Nicolas Pepe:

Pepe mencetak gol 13 kali untuk Lille di musim di mana mereka sangat hampir terdegradasi dari Ligue 1, sebelum menyelesaikan musim 2018/2019 dengan 22 gol dan 11 assist.

Arsenal memenangkan perlombaan untuk Pepe pada tahun 2019, membayar rekor klub £72 juta untuk membawanya ke Emirates.

 

Dia saat ini berstatus agen bebas setelah kontraknya habis di Trabzonspor, tetapi baru-baru ini mengatakan kepada L’Equipe bahwa dia mempertimbangkan untuk pensiun setelah mimpi buruk di Arsenal.

  • Eden Hazard:

 

Siapa tak kenal Eden Hazard?

Hazard memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris dan masuk Tim Terbaik Tahun Ini pada empat kesempatan terpisah. Kepindahannya £88 juta ke Real Madrid tidak sesuai harapannya, dan kini ia telah pensiun saat berusia 33 tahun.

  • Rafael Leao:

Ada banyak kontroversi seputar kepindahan Leao dari Sporting ke Lille pada 2018, di mana ia pindah secara gratis setelah Leao yakin dia memenuhi syarat untuk mengakhiri kontraknya secara sepihak setelah ultras masuk ke tempat latihan Sporting.

Lille kemudian mengontrak pemain sayap itu secara gratis dan menjualnya ke AC Milan seharga €35 juta ditambah klausul penjualan setahun kemudian, tetapi masalah dengan Sporting akhirnya menimpa mereka pada tahun 2023 ketika Lille diperintahkan untuk membayar pihak Portugal hanya dengan selisih €20 juta.

Terlepas dari hal itu, Leao kini telah menjadi kekuatan baru di Italia dan berkembang menjadi salah satu penyerang paling fenomenal di dunia sepak bola.

 

5 dari 5 halaman

Victor Osimhen

  • Victor Osimhen

Osimhen hanya menghabiskan satu musim di Lille, yakni pada 2019/2020. Itu adalah salah satu yang produktif, meskipun, mengantongi 18 gol dan enam assist dalam musim pertamanya di salah satu dari lima liga top Eropa.

Hal ini meyakinkan Napoli untuk memecahkan rekor transfer senilai lebih dari €81 juta ketika mengontraknya pada tahun 2020.

Pemain asal Nigeria itu mencetak 10 gol di musim pertama meski dilanda cedera, kemudian meningkatkan jumlah golnya menjadi 18 pada tahun berikutnya dan kemudian mencetak 31 gol di semua kompetisi pada 2022/2023 untuk membawa Napoli meraih Scudetto pertama mereka sejak 1990.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer