Sukses


Inilah Starting XI Terbaik Versi Cristiano Ronaldo: Mesut Ozil Si Tukang Assist Enggak Masuk

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo kini sudah tak muda lagi. Ia juga tak lagi bermain di liga top Eropa seperti dulu. Veteran 39 tahun itu memilih Liga Pro Saudi sebagai tempat meneruskan kariernya.

Meski sudah menjauh dari liga top Eropa, namun Cristiano Ronaldo ternyata belum habis. Bersama klubnya, Al Nassr, gol-gol spektakuler Cristiano Ronaldo terus tercipta.

Kisah hidup Cristiano Ronaldo di Arab Saudi masih menjadi magnet bagi pecinta sepak bola dunia, terlebih bagi pemuja setianya.

Seperti rival abadinya, Lionel Messi, kapten Timnas Portugal ini merupakan salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah. Ia telah memenangkan semua gelar di level klub bersama mantan klubnya yakni Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Aksinya yang luar biasa mengantarkan CR7 memenangkan lima Ballon d'Or serta memecahkan banyak rekor dan mengukuhkan statusnya sebagai salah satu 'GOAT'.

Belum lama ini, Cristianp Ronaldo kembali bikin heboh terkait 11 pemain yang pernah menjadi rekan setimnya.

Dari sekian banyak pemain bintang, Cristiano Ronaldo, dalam sebuah wawancara dengan Goal Arabia, melalui Planet Football, memilih starting XI terbaiknya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 12 halaman

Penjaga gawang: Iker Casillas

Keputusan Cristiano Ronaldo untuk memilih Casillas sebagai penjaga gawang, bahkan dengan pengecualian Edwin van der Sar, Keylor Navas, dan Gianluigi Buffon, sepenuhnya masuk akal.

Setelah menghabiskan enam tahun bersama penjaga gawang Spanyol itu di Real Madrid, Ronaldo dan Casillas meraih tujuh trofi bersama, memperkuat keputusan CR7 untuk memilih mantan kaptennya di bawah mistar gawang.

Casillas tidak diragukan lagi dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah olahraga ini.

Setelah memenangkan semua yang bisa dimenangkan dalam permainan, tidak ada yang tidak dialami pemain Spanyol itu dalam kariernya yang bertabur bintang. Anda hampir tidak bisa meminta sepasang tangan yang lebih aman di gawang.

 

3 dari 12 halaman

Bek Kanan: Sergio Ramos

Meskipun bermain di tengah pertahanan saat bermain bersama Ronaldo, Sergio Ramos memiliki sejarah sebagai bek kanan, memulai kariernya di sana.

Jadi, meskipun mungkin tampak aneh, keserbabisaannya menjadikannya keputusan yang masuk akal dan memungkinkan pemain berkualitas lainnya bermain di tengah.

Kita semua tahu tentang sisi liar dan mentalitas obsesif bek Spanyol ini. Seperti Ronaldo, ia tidak akan berhenti untuk menang, ia hanya bersedia sedikit melanggar aturan.

Namun, jangan biarkan hal itu mengabaikan fakta bahwa pemain yang kini berusia 37 tahun itu bisa dibilang adalah yang terbaik di lini belakang selama dekade terakhir.

Ia juga memiliki bakat untuk tampil gemilang saat dibutuhkan, dengan gol penyeimbang di final Liga Champions 2014 yang terlintas dalam benaknya.

 

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Rio Ferdinand

Pemain pertama dari empat pemain dalam daftar ini yang tidak bermain untuk Los Blancos, Ferdinand, hadir saat Ronaldo pertama kali tampil di Manchester United. Ia berbicara tentang perlakuan kasar yang diterima pemain sayap itu saat ia tiba.

"Pola pikirnya saat ia datang ke klub adalah saya di sini untuk menghibur orang. Ia menyukainya. Ia biasa dibentak saat latihan. Orang-orang akan menendangnya habis-habisan.

"Beberapa anak seusia itu akan terpuruk. Sedangkan kecerdasan Cristiano adalah faktor kunci dalam hal itu."

Pola pikir itu membuat Ronaldo membawa Manchester United meraih beberapa gelar liga dan Liga Champions pertamanya pada tahun 2008, dengan Ferdinand juga menjadi bagian integral dari kelompok yang luar biasa itu.

 

5 dari 12 halaman

Bek Tengah: Giorgio Chiellini

Kuda jantan Italia Giorgio Chiellini belum lama pensiun dari dunia sepak bola, tetapi ia sudah benar-benar dirindukan.

Di masa keemasannya, bek yang tak kenal basa-basi ini adalah salah satu pria terkuat dalam olahraga ini, dengan IQ olahraga yang setara dengan usahanya yang gigih.

Mantan pemenang Kejuaraan Eropa ini adalah satu-satunya pria dalam daftar ini yang pernah bermain bersama Ronaldo di Juventus, periode ketika karier sang penembak jitu mulai menunjukkan tanda-tanda awal kemundurannya.

Sementara banyak yang berharap bahwa mereka akan mampu mengumpulkan Liga Champions yang hampir diraih oleh pemain seperti Chiellini dan Buffon, hal itu tidak terjadi.

 

6 dari 12 halaman

Bek Kiri: Marcelo

Marcelo memiliki hubungan yang mendalam dengan CR7, yang melampaui batasan lapangan. Kemitraan mereka di Real Madrid tidak dapat disangkal lagi sangat kuat, memperlihatkan sinergi mereka yang hebat di dalam dan luar lapangan. Tidak mengherankan jika Marcelo mendapatkan tempat di XI ini hanya karena alasan itu.

Pemain asal Brasil ini adalah salah satu pemain tersukses yang pernah bermain, dengan raihan 27 trofi yang mencengangkan dalam karier seniornya.

Dapat dikatakan bahwa tidak ada seorang pun yang memiliki tempat duduk yang lebih baik di rumah untuk menyaksikan Ronaldo di masa jayanya daripada pemain berusia 35 tahun yang berdiri tepat di belakang nomor 7 selama tahun-tahun puncak kariernya.

 

7 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Toni Kroos

Ini mungkin tampak sulit untuk dipahami, tetapi Toni Kroos dan Cristiano Ronaldo hanya menghabiskan waktu empat tahun bersama di Santiago Bernabeu.

Jika terasa lebih lama, mungkin karena keduanya memenangkan banyak gelar bersama dalam rentang waktu hampir setengah dekade.

Antara tahun 2014 dan 2018, pemain asal Jerman itu merupakan tokoh penting dalam membantu anak asuh Zinedine Zidane mengangkat tiga gelar Liga Champions berturut-turut, sehingga total Ronaldo menjadi lima.

Meski gelandang berusia 34 tahun itu luar biasa, ia bukan satu-satunya yang mengaku bertanggung jawab atas tugasnya sebagai pelatih dengan tekun.

 

8 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Luka Modric

Salah satu dari dua pemenang Ballon d'Or yang dipilih Ronaldo untuk timnya, playmaker Kroasia ini sebenarnya adalah orang yang mengalahkan Ronaldo pada tahun 2018, yang mencegah bintang Portugal tersebut memenangkan tiga penghargaan pemain terbaik tahun ini secara berturut-turut.

Meskipun kami yakin Ronaldo masih tidak senang dengan hal itu enam tahun kemudian, hal itu tidak menghalanginya untuk mengakui mantan pemain Spurs tersebut sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya.

Hal itu bisa dibilang merupakan puncak perubahan luar biasa bagi pemain berusia 38 tahun tersebut, yang pernah terpilih sebagai pemain terburuk di La Liga.

 

9 dari 12 halaman

Gelandang Tengah: Paul Scholes

Pria yang akrab disapa 'GPS' karena jangkauan umpan dan akurasinya yang luar biasa, Paul Scholes adalah pemain hebat Liga Primer masa kini yang layak masuk dalam XI mana pun. Alhasil, pemain Inggris inilah yang memecah lini tengah yang didominasi Kroos, Modric, dan Casemiro, dengan yang terakhir menjadi pemain cadangan.

Mungkin sebagai salah satu pemain yang disebut Rio Ferdinand akan mengalahkan Ronaldo dalam latihan, Scholes menyaksikan Ronaldo berkembang dari bocah lelaki menjadi pria dewasa di wilayah barat laut Inggris.

Momen terbaik mereka bersama tidak diragukan lagi terjadi dalam kemenangan Liga Champions 2008 melawan Chelsea.

 

10 dari 12 halaman

Sayap Kanan: Gareth Bale

Pada tahun 2013, transfer pemain sayap asal Wales tersebut ke Real Madrid menandai momen penting, memecahkan rekor transfer Ronaldo.

Akuisisi Bale menyuntikkan energi baru ke dalam tim, membentuk duo penyerang tangguh bersama Ronaldo.

Dengan Bale di satu sisi dan Ronaldo di sisi lain, Real Madrid menjadi kekuatan yang tak terhentikan, meneror lawan dengan kecepatan dan keterampilan mereka.

Meskipun mantan pemain Tottenham itu awalnya kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Spanyol, Ronaldo adalah salah satu pendukungnya yang paling vokal dan keduanya berhasil membentuk kemitraan Batman dan Robin, dengan bantuan dari nama lain yang dikenal.

Tampilan persahabatan ini menyoroti ikatan yang kuat antara kedua pemain dan menunjukkan kepemimpinan Ronaldo baik di dalam maupun di luar lapangan.

 

11 dari 12 halaman

Striker: Karim Benzema

Ada beberapa pemain penting lainnya yang bergabung dengan skuad Real Madrid pada tahun kedatangan Cristiano Ronaldo. Salah satunya adalah Kaka, yang memecahkan rekor transfer di awal bursa transfer.

Pemain lainnya adalah Karim Benzema. Pemain Prancis itu masih merupakan penyerang muda yang menjanjikan yang dengan cepat beradaptasi dengan perannya sebagai pelayan CR7.

Benzema tidak egois dalam membiarkan Ronaldo berkembang, dan ketika tiba saatnya untuk membuktikan bahwa ia mampu menjadi pemain terbaik di Madrid, ia melakukannya dengan sepenuh hati.

Ia memimpin Los Blancos yang tidak diperkuat Ronaldo untuk meraih gelar Liga Champions pertama mereka sejak kepergiannya dan kemudian dianugerahi Ballon d'Or atas usahanya.

 

12 dari 12 halaman

Sayap Kiri: Wayne Rooney

Hubungan cinta-benci antara kedua pemain ini tidak seperti yang lain di dunia sepak bola. Harus diakui, sebagian besar kontroversi datang dari pihak Ronaldo.

Entah itu memastikan Rooney dikeluarkan dari lapangan pada perempat final Piala Dunia 2006, atau mengejek penampilan pemain Inggris itu selama wawancaranya yang memalukan dengan Piers Morgan.

Tidak peduli bagaimana perasaan mereka terhadap satu sama lain, di lapangan mereka sangat hebat.

Jalan hidup mereka saling mencerminkan satu sama lain selama sebagian besar karier mereka di Manchester United, karena mereka adalah dua prospek terbesar di dunia sepak bola, bersama dengan Lionel Messi.

Seperti Benzema, Rooney mengambil peran di belakang, melakukan pekerjaan kotor sehingga Ronaldo dapat memaksimalkan kontribusinya bagi tim.

Dengan melakukan itu, banyak yang percaya Rooney mengorbankan dirinya untuk menjadi pemain seperti mantan rekan setimnya, meskipun ia tetap menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah ada di Liga Premier.

Sumber: Givemesport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer