Sukses


Mengenal Lee Carsley: Pengganti Sementara Gareth Southgate di Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris sedang ada dalam masa transisi. Mereka belum lama ini ditinggal Gareth Southgate yang selama ini mengisi posisi pelatih kepala.

Gareth Southgate mundur setelah membawa Timnas Inggris menjadi runner-up Euro 2024. Itu adalah kali kedua The Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro di bawah asuhan Southgate.

Selain itu Gareth Southgate juga membawa Timnas Inggris menembus semifinal Piala Dunia 2018. Saat itu laju mereka dihentikan oleh Timnas Kroasia.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) tampak masih belum mau terburu-buru menunjuk pelatih kepala tetap. Sementara ini posisi Gareth Southgate diisi oleh pelatih interim.

Belum lama ini FA menunjuk sosok Lee Carsley sebagai pelatih interim. Carsley naik pangkat dari sebelumnya sebagai pelatih Timnas Inggris U-21 ke level senior.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berpengalaman di Level Junior

Lee Carsley memang tidak memiliki rekor kepelatihan yang mentereng. Sejauh ini Carsley lebih banyak berkutat di level junior.

Lee Carsley mulai mulai menjadi asisten pelatih Timnas Inggris U-21 pada 2020. Setahun kemudian, Carsley naik menjadi pelatih kepala.

Posisi itu dijalani Lee Carsley hingga 2024. Hingga pada Jumat (9/8/2024), ia ditunjuk oleh FA menjadi pelatih interim Timnas Inggris.

3 dari 4 halaman

Biasa Saja

Lee Carsley lahir di Birmingham, Inggris 50 tahun  yang lalu. Namun, Carsley memiliki kewarganegaraan Republik Irlandia. Ia pun memilih bermain untuk Timnas Irlandia saat masih aktif bermain.

Karier Lee Carsley sebagai pemain bisa dikatakan biasa saja. Bisa dikatakan, Everton adalah klub paling besar yang pernah dibela Carsley.

Lee Carsley cukup lama memperkuat Everton, yakni dari 2003 hingga 2008. Ia tampil 166 kali, mencetak 11 gol dan tujuh assist selama membela The Toffees.

4 dari 4 halaman

Dapat Dukungan

Menariknya, Lee Carsley mendapatkan dukungan untuk menjadi pelatih kepala tetap di Timnas Inggris. Dukungan itu misalnya dikeluarkan oleh media lokal negara itu, Daily Mail.

"Langkah yang pintar untuk menunjuk Lee Carsley ketimbang memilih selebriti seperti Jose Mourinho. Carsley pintar, inovatif, dan bersemangat," begitu ulas Daily Mail.

Daily Mail juga merasa FA layak mencontoh apa yang dilakukan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA). Mereka memang percaya pada sosok pelatih muda, Lionel Scaloni.

Di bawah asuhan Lionel Scaloni, Timnas Argentina sejauh ini bisa meraih satu gelar juara Piala Dunia dan dua gelar juara Copa America.

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer