Sukses


VIDEO: Rencana Arab Saudi di Perhelatan Piala Dunia 2034

Bola.com, Jakarta Video resmi pengajuan resmi Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 resmi dirilis. Di dalam video tersebut, Arab Saudi menawarkan berbagai design canggih beberapa stadion dengan didukung teknologi tinggi.

Negeri Timur Tengah itu berencana menjadi tuan rumah tunggal di Piala Dunia 2034. Pengumuman tersebut menyusul dukungan dari Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS). Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa semua rincian dan persyaratan penawaran selesai.

Tawaran itu disampaikan kepada FIFA di Paris oleh delegasi resmi yang dipimpin oleh Menteri Olahraga, Pangeran Abdulaziz Bin Turki Bin Faisal, dan Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al-Misehal.

"Kami berkomitmen untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia yang akan menampilkan 48 tim di satu negara untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi dan membantu membina generasi atlet yang mampu berkompetisi di tingkat global tertinggi. Kami akan terus memamerkan kepada dunia transformasi bangsa kami di semua sektor."

Arab Saudi telah mengajukan konsep sejumlah stadion yang akan menjadi venue pertandingan. Menurut laporan Daily Star, negara kaya minyak tersebut menyiapkan 15 stadion futuristik dan mewah. 

Arab Saudi tengah menggarap megaproyek kota futuristik yang diberi nama The Line. Nantinya, kota tersebut akan membentang hingga 170 km dan melewati lembah, pegunungan, serta laut merah.

Di kota yang merupakan proyek ambisius Pengeran Mohammed bin Salman tersebut, bakal dibangun gedung-gedung mewah yang berada dalam satu garis lurus selebar 200 meter. Satu di antara ikon The Line nantinya adalah Stadion NEOM.

Stadion tersebut dibangun di atas 350 kaki dari permukaan tanah. Stadion NEOM akan dirancang perusahaan arsitektur asal Denmark, BIG.

Nantinya, stadion tersebut mampu menampung hingga 46 ribu lebih penonton. Rencananya, Stadion NEOM bakal menghelat pertandingan pada fase grup, 32 besar, 16 besar, dan perempat final Piala Dunia 2034.

Video Populer

Foto Populer