Sukses


10 Transfer Kakap yang Masih Bisa Terjadi hingga Deadline Day: MU, Arsenal, hingga Man City Masih Bergerilya

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain musim panas 2024 masih berjalan. Ada beberapa kesepakatan besar yang bisa dirampungkan menjelang Deadline Day.

Perpindahan yang menjadi berita utama telah terjadi musim panas ini. Transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid mungkin yang paling menarik.

Namun, Premier League juga menyuguhkan beberapa perubahan signifikan. Tottenham Hotspur mengamankan perekrutan Dominic Solanke, sementara Manchester United merekrut Leny Yoro dan Matthijs de Ligt. Chelsea pun melakukan kudeta terhadap Pedro Neto.

Siapa saja yang mungkin pindah pada sisa bursa transfer pemain musim panas 2024 ini? Berikut 10 di antaranya, dikutip dari Mirror. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

1. Victor Osimhen

Osimhen disebut-sebut sebagai bagian terakhir dari teka-teki terakhir skuad Chelsea yang mahal dan padat. Pemain berusia 25 tahun itu berselisih dengan klubnya saat ini, Napoli, yang turun ke peringkat kesepuluh musim lalu setelah menyabet Scudetto pada 2022/2023. 

Alasan utama sang striker belum pindah adalah biaya transfernya, yang diperkirakan berada di kisaran 100 juta pounds (Rp2,02 triliun). Hanya The Blues dan PSG yang diklaim sebagai klub peminat yang mampu membelinya.

Terlepas dari gol-golnya musim lalu, striker utama Chelsea saat ini, Nicolas Jackson, membuktikan belum memenuhi kebutuhan klub. Pemain seperti Osimhen mungkin diperlukan jika menengok performa The Blues saat takluk 0-2 dari Manchester City di pekan pertama Liga Inggris 2024/2025. Jackson punya banyak peluang tapi tak terkonversi menjadi gol. 

Chelsea akan punya kans besar memboyong Osimhen jika lebih dulu berhasil menjual pemain seperti Romelu Lukaku. 

 

3 dari 11 halaman

2. Mikel Merino

Kepindahan Mikel Merino ke Arsenal tetap mungkin terjadi meski tertunda. Pemain Spanyol itu dipilih sebagai rekrutan lini tengah yang ideal di bawah asuhan Mikel Arteta, yang ingin mencari pasangan untuk Declan Rice.

Kendala utama yang perlu diatasi adalah biaya transfer, karena persyaratan pribadi kabarnya telah disepakati. Real Sociedad mematok harga transfer 30 juta pounds, namun dengan kontrak sang pemain yang akan berakhir tahun depan dan usianya sudah 28 tahun, Arsenal berencana menawar.

Kesepakatan juga mungkin bergantung pada pengumpulan dana The Gunners dengan melepas beberapa pemain. Eddie Nketiah dan Aaron Ramsdale dikaitkan dengan kepindahan dari Emirates musim panas ini. Jika kesepakatan Merino berhasil seperti yang diharapkan, Arteta akan memiliki tambahan amunisi menjuarai Liga Inggris. 

4 dari 11 halaman

3. Ivan Toney

Kepergian striker Inggris itu dari Brentford tampaknya menjadi sebuah keniscayaan di jendela transfer musim panas 2024. The Bees tidak ingin membiarkan kontrak sang pemain bintang berakhir dan pergi secara gratis.

Namun, yang membuat Toney kecewa, tak banyak klub Liga Inggris yang meminati jasanya. Jadi, muncul rumor dia akan ke Arab Saudi. 

Tottenham telah menghabiskan £65 juta untuk membeli striker, Chelsea mungkin lebih memilih Osimhen, dan Arsenal tidak tertarik, impian Toney untuk pindah ke klub papan atas Inggris mungkin berada di pundak Manchester United.

Tawaran £50 juta dan kontrak menggiurkan yang ditawarkan oleh klub Arab Saudi, Al Ahli, mungkin harus diimbangi oleh tim asuhan Erik ten Hag. Dengan absennya Rasmus Hojlund di awal musim, kans Setan Merah menggaet Toney masih bisa terjadi.

5 dari 11 halaman

4. Marc Guehi

Kepindahan besar-besaran Marc Guehi ke Newcastle telah berkembang menjadi saga transfer. Lini belakang The Magpies, terutama di bek tengah, telah ditentukan menjelang musim baru.

Setelah Sven Botman absen hingga Natal setelah ACL-nya robek pada Maret dan Fabian Schar langsung mendapat kartu merah dalam kemenangan 1-0 atas Southampton pada laga pembuka Liga Inggris, pemain seperti Guehi sangat dibutuhkan.

Bek, yang tampil mengesankan bersama Inggris di Euro 2024 tersebut dilaporkan empat kali ditawar Newcastle, yang terbaru bernilai 65 juta pounds. Tetapi Crystal Palace belum bergeming. Jika tim asuhan Eddie Howe bersedia memberikan biaya yang diperlukan, maka kemungkinan mereka akan mendapatkan Guehi.

 

6 dari 11 halaman

5. Eberechi Eze

Rekan setim Guehi di Crystal Palace, Eberechi Eze, kemungkinan tidak akan pindah musim panas ini. Namun, masih ada kemungkinan ia akan hijrah seperti mantan rekannya yang lain, Michael Olise, yang gabung Bayern Munchen seharga 47 juta pounds pada Juli 2024.

Meski belum ada pendekatan konkret untuk Eze dari klub Premier League, dua pihak yang dikabarkan berminat pada musim panas ini adalah Manchester City dan Tottenham.

City masih merasa perlu mencari pengganti Alvarez dan mengincar Eze.

Salah satu komplikasi dari potensi kesepakatan adalah berakhirnya klausul pelepasan pemain Inggris itu. Pemain berusia 26 tahun itu memiliki klausul £60 juta dalam kontraknya yang memungkinkan klub mana pun membayar biayanya dan mulai bernegosiasi dengan sang pemain.

Namun, klausul tersebut telah habis masa berlakunya awal bulan ini, jadi masih harus dilihat seberapa besar upaya yang diperlukan untuk membujuk Eze meninggalkan Selhurst Park.

7 dari 11 halaman

6. Jarrad Branthwaite

Jarrad Branthwaite tampaknya akan menjadi pemain Manchester United pada jendela transfer 2024 setelah Setan Merah memilihnya sebagai bek tengah incaran. Sayangnya, masalah pembahasan nilai transfer dengan Everton membuat kesepakatan itu gagal.

The Toffees dilaporkan bertahan dengan harga hampir 70 juta pounds, sementara tawaran kedua MU hanya 50 juta pounds. Yang mengejutkan, Branthwaite melihat namanya dikaitkan dengan rival beratnya, Liverpool, meski kabarnya belum ada kontak antara kedua klub Merseyside tersebut.

Kepindahan Branthwaite ke MU tidak mungkin terjadi. Setan Merah sudah menghabiskan 58 juta pounds untuk Leny Yoro dan 42 juta pounds untuk De Ligt.

Namun, Yoro bakal absen lama setelah menjalani operasi kaki dan rekor cedera Lisandro Martinez yang kurang ideal, MU mungkin masih akan berusaha merekrut Branthwaite.

 

8 dari 11 halaman

7. Viktor Gyokeres

Meskipun tidak mungkin merekrut striker musim panas ini, Arsenal masih berpeluang membawa masuk pemain nomor sembilan. Viktor Gyokeres mungkin adalah kandidat yang paling mungkin.

Striker Sporting CP ini terbiasa dengan sepak bola Inggris, setelah mengantar Coventry ke final play-off pada 2023. Dia juga dilaporkan tersedia dengan harga yang jauh lebih murah daripada klausul rilisnya sebesar 86 juta pounds.

The Gunners harus menjual beberapa pemain penting, yaitu Gabriel Jesus dan/atau Eddie Nketiah, jika ingin memboyong Gyokeres. Dari penjualan dua pemain itu The Gunners dilaporkan bisa mendapatkan 90 juta pounds, cukup untuk mengamankan tanda tangan Gyokeres.

Tampaknya sangat tidak masuk akal Jesus dijual setelah tampil cukup apik selama pramusim,  tetapi dengan sisa waktu kurang dari dua pekan, apa pun bisa terjadi.

9 dari 11 halaman

8. Federico Chiesa

Federico Chiesa telah dicoret secara terbuka dari skuad Juventus oleh pelatih baru Thiago Motta dan sejumlah tawaran menunggu di Liga Inggris.

Liverpool tampaknya merupakan kandidat yang ideal. The Reds pernah berniat mengontrak pemain Italia itu, pendekatan yang berpuncak pada tawaran 82 juta pounds yang gagal. Namun, pemain sebesar Chiesa bisa saja bermain di salah satu klub, yaitu Tottenham, Aston Villa, Manchester United, atau Chelsea.

 

10 dari 11 halaman

9. Raheem Sterling

Raheem Sterling dianggap sebagai bagian dari rencana pelatih baru Chelsea, Enzo Maresca. Namun, absennya Sterling dari skuad The Blues pada pertandingan pembuka melawan Man City telah mengubah ekspektasi tersebut.

Sekarang sepertinya dia akan meninggalkan Chelsea musim panas ini. Dia akan menjadi aset yang sangat sulit untuk dijual. Bayangkan saja dia dianggap sebagai salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di liga dan masih memiliki sisa tiga tahun dalam kontraknya di Chelsea.

Namun, kandidat terdepan klub baru Sterling telah muncul, yaitu Juventus. Jika kehilangan Chiesa, mereka mungkin memerlukan penggantinya dan bisa beralih ke Sterling, yang mereka minati awal musim panas ini. Klub seperti Newcastle dan Crystal Palace juga banyak dikaitkan dengan pemain sayap Inggris itu.

11 dari 11 halaman

10. Ilkay Gundogan

Pemain andalan Barcelona, lkay Gundogan, mungkin akan pindah musim panas ini setelah absen dalam pertandingan pembukaan La Liga. Kembalinya pemain Jerman itu ke Etihad sangat masuk akal. 

Pemain berusia 33 tahun itu menikmati kesuksesan selama tujuh musim di City sebelum hengkang musim lalu dan bergabung dengan Blaugrana. Kontraknya bersama Barca akan berakhir pada 2026, dan tidak jelas berapa biaya yang akan diminta untuk mantan kapten Citizens tersebut.

Man City kemungkinan akan menghadapi beberapa rival untuk mendapatkan tanda tangan pemain Jerman tersebut, yaitu dari Turki dan Arab Saudi. 

Sumber: Mirror

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer