Sukses


Thibaut Courtois Memutuskan Mundur dari Timnas Belgia: Bakal Kembali, Asal...

Bola.com, Jakarta - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, mengumumkan keputusannya tidak membela tim nasional Belgia di bawah asuhan pelatih saat ini, Domenico Tedesco. Ini melanjutkan ketegangan di antara keduanya yang sampai memengaruhi keputusan sang pelatih ketika memilih skuad untuk Euro 2024.

Pada musim lalu, hubungan antara Thibaut Courtois dan Domenico Tedesco memburuk setelah perselisihan mengenai ban kapten Timnas Belgia. Perselisihan ini membuat Courtois tidak masuk dalam skuad Tedesco di Euro 2024.

Keputusan Tedesco untuk tidak memasukkan Courtois dalam skuad memicu ketidakpuasan di kalangan penggemar dan menjadi salah satu alasan ketegangan antara pemain dan pelatih di turnamen sepak bola Eropa yang digelar di Jerman itu.

Kini Thibaut Courtois mengungkapkan keputusannya untuk membela Timnas Belgia. Kiper Real Madrid itu menegaskan selalu ingin bermain untuk Timnas Belgia, tetapi tidak akan melakukannya selama Tedesco menjadi pelatihnya.

"Saya merasa terhormat telah mengenakan jersey tim nasional. Bahkan dalam mimpi terliar yang saya miliki, saya tidak pernah membayangkan bisa melakukannya lebih dari 100 kali," tulis Thibaut Courtois.

"Sayangnya, setelah kejadian dengan pelatih dan setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan untuk tidak kembali ke tim nasional Belgia di bawah manajemennya," lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bentuk Tanggung Jawab

Thibaut Courtois mengungkapkan bahwa ketidakpercayaan yang dirasakannya terhadap Tedesco bisa memengaruhi tim dan membuatnya sulit untuk berkontribusi secara positif.

Kiper berusia 32 tahun itu mengakui tanggung jawabnya dalam situasi ini, tetapi percaya ini menjadi keputusan yang terbaik untuk timnas Belgia.

"Saya menerima tanggung jawab saya dalam masalah ini. Namun, melihat ke depan, ketidakpercayaan saya terhadapnya tidak akan berkontribusi untuk menjaga suasana yang diperlukan di dalam tim," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Keputusan Terbaik

Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA) telah menerima keputusan Thibaut Courtois. Dalam pernyataan resmi, Courtois sudah menyatakan penyesalannya jika keputusan ini mengecewakan penggemar. Namun, ia yakin keputusan ini terbaik untuk Belgia.

"Saya menyesal mungkn sudah mengecewakan beberapa penggemar, tetapi saya yakin ini adalah langkah terbaik untuk Belgia, karena menutup perdebatan dan memungkinkan tim fokus kepada tujuan mereka. Terima kasih atas dukungan, cinta, dan pengertian yang tidak tergoyahkan," ujarnya.

Pekan depan, Tedesco dijadwalkan untuk mengumumkan skuad Belgia untuk pertandingan UEFA Nations League melawan Israel dan Prancis, yang digelar di Hungaria karena masalah keamanan.

Tedesco yang berasal dari Italia-Jerman, sudah mendapatkan kritik setelah Belgia gagal di Euro 2024. Federasi Sepak Bola Belgia sebelumnya telah memperpanjang kontrak Tedesco sebelum turnamen kontinental di Jerman, meski hasilnya tidak sesuai harapan.

Sumber: Inside World Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer