Sukses


Deretan Pemain Liga Arab Saudi yang Harga Jualnya Lebih dari Cristiano Ronaldo: Bang Dodo Kalah Jauh dari Neymar Apalagi Moussa Diaby

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi adalah nama yang paling dikenal di Liga Pro Saudi dengan seragam Al Nassr di tahun ketiganya. Tetapi karena usianya yang semakin lanjut, dia bukanlah pemain paling berharga di tahun 2024.

Melansir Planet Football saat berita ini ditulis, harga Cristiano Ronaldo sebesar 12,8 juta pounds atau setara Rp260 miliar yang menjadikannya pemain paling berharga ke-17 di Liga Pro Saudi.

CR7 telah mencetak 66 gol dalam 72 pertandingan untuk Al Nassr sejak bergabung dengan klub yang berbasis di Riyadh.

Menggunakan angka yang disediakan Transfermarkt, ditemukan 15 pemain yang saat ini memiliki nilai pasar lebih tinggi dari Cristiano Ronaldo.

Siapa saja mereka? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Pemain Termahal di Liga Arab Saudi

15. Merih Demiral

Bek asal Turki ini pernah bermain bersama Ronaldo selama bertugas di Juventus dan saat ini dia bermain melawannya untuk Al-Ahli.

Dengan nilai pasar sebesar £13,6 juta pounds, pemain berusia 26 tahun ini juga memiliki nilai pasar yang sedikit lebih tinggi dibandingkan CR7.

14. Marcelo Brozovic

Kini menjadi rekan satu tim dengan Ronaldo di Al-Nassr, nilai pasar Brozovic saat ini lebih tinggi £800.000 dibandingkan superstar Portugal tersebut.

Mengingat Ronaldo delapan tahun lebih tua dari pemain Kroasia itu, masuk akal jika penilaiannya tidak lagi seperti dulu. Ia dihargai 13,6 juta pounds.

13. Renan Lodi

Setelah menghabiskan hanya setengah musim bersama Marseille, Lodi pindah ke Al-Hilal Januari lalu dengan kesepakatan senilai £20 juta.

Mengingat nilai pasarnya saat ini sebesar £15,3 juta, Al-Hilal mungkin bersalah karena membayar lebih untuk bek sayap Brasil tersebut.

12. Franck Kessie

Pemain internasional Pantai Gading ini adalah salah satu pemain Al-Ahli yang menonjol musim lalu, setelah mencetak 10 gol sepanjang musim.

Meskipun nilai pasarnya telah merosot sejak meninggalkan Eropa dengan kini di angka 15,3 juta pounds, ia dihargai £2,5 juta lebih mahal daripada Ronaldo pada saat tulisan ini dibuat.

3 dari 5 halaman

Daftar Pemain Termahal di Liga Arab Saudi

11. Roger Ibanez

Sejak pindah ke Arab Saudi, nilai pasar Ibanez turun sebesar £8 juta. Mengingat dia masih terikat kontrak dengan Al-Ahli hingga tahun 2027, kemungkinan besar dia tidak akan pindah dalam waktu dekat.

Roger Ibanez kini punya nilai pasar 17 juta pounds.

10. Aymeric Laporte

Meski baru pindah ke Al-Nassr musim panas lalu, pemain internasional Spanyol itu terus dikaitkan dengan kepindahan dari klub musim panas ini.

Pemain berusia 30 tahun ini mengkritik liga di media dan kepindahan kembali ke Eropa mungkin akan terjadi pada Laporte dalam waktu dekat.

Dengan Al-Nassr mencari biaya sekitar £17 juta untuk menjualnya, beberapa minggu terakhir jendela transfer bisa menjadi menarik.

9. Fabinho

Al-Ittihad mengeluarkan £40 juta untuk memikat Fabinho ke Arab Saudi musim panas lalu yang hampir dua kali lipat nilai pasarnya saat ini.

Pemain Brasil ini sudah cukup berguna di lingkungan barunya, namun ia tidak lagi berada pada puncak kemampuannya. Kini ia dihargai 21,3 juta pounds.

8. Gabri Veiga

Dari para pemain yang pindah ke Arab Saudi musim panas lalu, Veiga bisa dibilang paling mendapat sorotan karena saat itu usianya baru 21 tahun.

Toni Kroos menggambarkan transfer itu sebagai hal yang ‘memalukan’ karena dia ingin melihat Veiga terus berkembang di Eropa.

Namun, dari sudut pandang Veiga, dia menerima kenaikan gaji yang besar untuk pindah ke Al-Ahli dan kita pasti akan melihatnya kembali ke Eropa suatu hari nanti. Veiga saat ini berharga 21,3 juta pounds.

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Termahal di Liga Arab Saudi

7. Otavio

Meskipun Otavio bukanlah nama terbesar di Al-Nassr, dia adalah pemain paling berharga menurut Transfermarkt.

Dengan nilai pasar sebesar £21,3 juta, pemain berusia 29 tahun itu saat ini bernilai lebih dari Ronaldo, Laporte, Sadio Mane dan Talisca.

6. Aleksandar Mitrovic

Dari rekrutan besar yang datang ke Arab Saudi, Mitrovic adalah satu-satunya pemain yang mendekati jumlah gol Ronaldo.

Mantan penembak jitu Fulham itu mencetak 40 gol di semua kompetisi musim lalu dan membantu Al-Hilal memenangkan gelar ganda liga dan piala.

Kalau bukan karena Ronaldo, dia pasti sudah memenangkan Sepatu Emas tahun lalu. Eks pemain Fulham kini punya harga 23,8 juta pounds.

5. Malcom

Dari Barcelona hingga Al-Hilal dengan pitstop di Zenit Saint Petersburg di antaranya, Malcom menjalani perjalanan karier yang cukup menarik selama enam tahun terakhir.

Setelah memenangkan liga paling sedikit dalam satu musim, dia saat ini menjadi pemain paling bernilai kelima di liga. Malcom saat ini memilki pasaran harga 23,8 juta pounds.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Termahal di Liga Arab Saudi

4. Neymar

Setelah dijual seharga 200 juta poundsterling, nilai Neymar saat ini hanya sebagian kecil dari harga tersebut. Setelah melewatkan hampir keseluruhan musim lalu karena cedera, nilai pasarnya kini hanya £25,6 juta.

Itu memang membuatnya menjadi pemain paling berharga ketiga di liga, tapi itu jauh dari nilainya di masa jayanya.

3. Sergej Milinkovic-Savic

Dapat dikatakan bahwa Milinkovic-Savic masih cukup bagus untuk menembus level teratas, jika pemain berusia 29 tahun itu memilih untuk meninggalkan Al-Hilal.

Dia dikaitkan dengan kepulangannya ke Eropa pada bulan Januari, namun kini tampaknya menetap di Timur Tengah untuk sementara waktu.

Eks gelandang serang Lazio itu kini ada di harga 25,6 juta pounds.

2. Ruben Neves

Mengingat Neves saat ini berada di tahun-tahun puncak karirnya, tidak mengherankan jika dia menjadi pemain paling berharga kedua di Liga Pro Saudi saat artikel ini ditulis. Harganya menembus 27,3 juta pounds.

Pemain berusia 27 tahun itu tampak berkelas di atas levelnya musim lalu dan memenangkan liga dengan mudah di Al-Hilal. Semoga saja kita melihatnya kembali di Liga Premier suatu hari nanti.

1. Moussa Diaby (£46,8 juta)

Inilah pemain dengan harga termahal di Liga Arab Saudi untuk saat ini. Moussa Diaby baru saja menandatangani kontrak dengan Al-Ittihad, Diaby kini menjadi pemain paling berharga di liga dengan nilai pasar 46,8 juta pounds.

Artinya, dengan harga satu Diaby, secara teori Anda bisa membeli 3,6 Ronaldo.

Sumber: Planet Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer