Sukses


Ronaldo dan Messi Jelas Masuk, Ini Daftar Pemain dengan Kontrak Terbesar dalam Sejarah Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Bagi tim-tim yang memiliki uang setinggi langit, mendapatkan pemain bintang kelas dunia bukanlah perkara sulit. Tinggal pendekatan, tawarin cuan besar, lalu angkut.

Ya! Di sepak bola moders seperti saat ini, uang punya peran penting dalam membangun tim yang kuat. Termasuk untuk mengisi skuad utama bertabur pemain-pemain top yang skil sera kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Perpindah pemain dari satu ke klub lain sudah lazim, meski terkadang perpindahan tersebut membuat sejumlah penggemar setia merasa kecewa atau bersedih. Hanya saja, di bursa transfer, istilah ada uang ada barang merupakan fakta yang terbantahkan.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo misalnya, sebelumnya tak ada yang menyangka kalau kedua megastar itu bakal keluar dari liga top Eropa untuk meneruskan karier. Messi ke Amerika Serikat, sementara Ronaldo ke Arab Saudi.

Tawaran yang menggiurkan, yang mungkin datang untuk kedua kalinya, jelas menjadi pemicu Messi dan Ronaldo untuk cabut dari timnya masing-masing.

Bersama Inter Miami, Messi diguyur gaji sangat besar. Belum termasuk bonus. Pun begitu dengan Ronaldo, tak mau melewatkan tawaran fantastis dari Al Nassr, berikut fasilitas super mewah yang diterimanya selama di Arab Saudi.

Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua contoh kontrak terbesar dalam sejarah sepak bola. Selain mereka, setidaknya masih ada pemain lain yang juga mengantongi kontrak gurita.

Siapa saja mereka? Termasuk Messi dan Ronaldo, inilah barisan pemain berkantong lebal seperti dilansir Give Mes Sport:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo: Al-Nassr (2023-2025)

Cristiano Ronaldo muncul sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia. Seperti yang dijelaskan oleh Al-Jazeera, Arab Saudi tetap menjadi satu-satunya tim yang mengalahkan Argentina yang akhirnya menjadi juara di Piala Dunia 2022, namun pada tahun yang sama masih ada waktu untuk lebih banyak kejutan bagi negara tersebut, saat Ronaldo memimpin revolusi Saudi baru dengan menandatangani kontrak dengan Al-Nassr.

Menandatangani kontrak selama dua setengah tahun, jasa Ronaldo membuat klub Riyadh itu mengeluarkan hampir £3,3 juta seminggu, dengan total gaji tahunan mencapai lebih dari £170 juta.

Saat ini ia adalah atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia, dan menambah pemasukan uang yang serius ini ke penghasilan kariernya yang sudah sangat besar yaitu £505 juta.

Jika ini belum cukup, pemain depan berusia 39 tahun itu menghasilkan £45,8 juta lebih lanjut dari sponsor dan eksploitasi di luar lapangan.

3 dari 7 halaman

Karim Benzema: Al-Ittihad (2023-2026)

Mengikuti jejak seorang pria yang pernah bermain bersamanya sebanyak 342 kali, serta 76 kontribusi gol langsung dalam bentuk Cristiano Ronaldo, pemenang Ballon d'Or Karim Benzema menandatangani kontrak dengan Al-Ittihad pada Juni 2023.

Benzema menandatangani kontrak setelah ia hengkang dari Real Madrid, yang mana klub mengizinkannya pergi setahun lebih awal.

Striker yang memenangkan 25 trofi - termasuk lima Liga Champions dan empat La Liga - dalam 14 tahun, menyetujui kontrak tiga tahun yang membuatnya membawa pulang kurang dari £1,7 juta seminggu. Penghasilan tahunannya diyakini lebih dari £85 juta.

Benzema mencetak 354 gol untuk Real, kedua setelah Cristiano Ronaldo, dan telah memulai hidup di Arab Saudi dengan sembilan gol dalam 21 pertandingan liga.

4 dari 7 halaman

Neymar: Al Hilal (2023-2025)

Kedua kalinya ia masuk dalam daftar ini, kontrak terbaru Neymar sungguh luar biasa dan agak menutupi karier cemerlangnya yang diperdebatkan telah dipertukarkan demi kekayaan.

Berada di antara mengejar uang dan tampil di panggung utama selama beberapa musim sebelum pindah, 'Pangeran yang tidak pernah menjadi Raja' berusia 31 tahun itu bergabung dengan Al Hilal dengan transfer sebesar 90 juta euro (£77,6 juta) plus bonus pada Agustus 2023.

Meskipun kontraknya hanya berdurasi dua tahun untuk bintang yang rumit namun rentan cedera itu, kontrak tersebut membuat Ney mengantongi £1.637.903 seminggu, yang jika ditotal menjadi kurang dari £86 juta per tahun.

Jelas, Al Hilal sejauh ini telah mendapatkan apa yang mereka harapkan, karena pria yang membantu PSG meraih 13 trofi, termasuk lima gelar Ligue 1, hanya memainkan lima pertandingan sebelum mengalami cedera ligamen anterior saat bertugas internasional pada Oktober 2023.

5 dari 7 halaman

Kylian Mbappe: Paris Saint-Germain (2022-2025)

Berbicara soal PSG, klub dengan kantong tebal yang bisa menghabiskan uang untuk membeli Messi, menunjukkan kekayaan mereka yang berkelanjutan pada tahun 2022 saat mereka berupaya menangkal Real Madrid dan klub-klub lain yang mengincar Kylian Mbappe.

Kesepakatan ini menyusul kisah singkat di mana Mbappe awalnya memberi tahu klub bahwa ia akan menyelesaikan kontraknya di akhir musim 2021-22.

Setelah dibujuk untuk bertahan, ia akhirnya menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun, dengan opsi perpanjangan satu tahun lagi.

Kabarnya, kontrak ini bernilai sekitar €1,4 juta, lebih dari dua kali lipat dari kontrak dua tahun senilai €617.000 per minggu yang ia tandatangani pada 2019-20.

Dengan kontrak baru ini, Mbappe memperoleh €72 juta (£61 juta) per tahun selama tiga tahun terakhir, sebelum memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak selama 12 bulan berikutnya karena daya tarik Real Madrid pada musim panas 2024 telah mengarahkan pandangannya pada kejayaan Eropa.

6 dari 7 halaman

Lionel Messi: Barcelona (2017-2021)

Pada musim 2017-18, spekulasi merebak mengenai masa depan jangka panjang pemain Argentina itu dan apakah ia akan tetap bersama Barcelona.

Begitu besar kekhawatiran mengenai apakah pemain favorit Camp Nou itu akan menambah koleksi trofinya yang saat itu berisi delapan gelar LaLiga, Barcelona berusaha keras untuk mempertahankan Messi di Catalonia.

Pada bulan November 2017, Messi menandatangani kontrak yang berlaku hingga 2021, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Selain gajinya sebesar €70 juta per tahun, yang setara dengan sekitar £1,2 juta per minggu, Messi juga tampaknya diberi uang tanda tangan sebesar €100 juta (£88,5 juta) sebagai kompensasi atas kesulitan yang dialaminya setelah ia dinyatakan bersalah atas penipuan pajak.

Dengan kesepakatan seperti ini, Anda tidak akan heran jika Barca sampai mengalami kekacauan finansial seperti yang mereka alami saat ini.

Faktanya, Messi akhirnya meninggalkan Blaugrana dan pindah ke PSG, karena klub tersebut pada dasarnya tidak mampu lagi membiayainya dan memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak pemain bintang tersebut pada bulan Agustus 2021 setelah 17 musim karena "kendala finansial dan struktural".

7 dari 7 halaman

Riyad Mahrez: Al-Ahli (2023-2027)

Pemain hebat Manchester City lainnya, Riyad Mahrez, baru saja mengalahkan pemain yang pernah terlibat dalam tiga gol dalam 37 pertandingan Citizens.

Mahrez adalah nama besar lainnya yang pindah ke Arab Saudi dalam beberapa musim terakhir, dengan kepindahannya ke Al-Ahli setelah lima tahun, dan lima gelar Liga Primer, bersama tim asuhan Pep Guardiola.

Al-Ahli mengeluarkan uang tunai dalam kesepakatan yang dilaporkan bernilai hingga £30 juta.

Sebagai bagian dari eksodus besar-besaran ke negara kaya Arab Saudi pada musim panas ini, Mahrez mengikuti jejak pemain seperti Karim Benzema, N'Golo Kante, dan Ruben Neves setelah transfer Cristiano Ronaldo yang mengejutkan.

Kontrak Mahrez berlaku hingga 2027, dan membuatnya menerima gaji lebih dari £850.000 seminggu (£854.985) dengan jumlah tahunan hanya di bawah £45 juta (£44.459.240) untuk jasa kapten tim nasional Aljazair tersebut.

Sumber: Give Me Sport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer