Sukses


10 Pemain Top yang Pensiun pada 2024, Yang Terbaru Wojciech Szczesny Tiba-tiba Gantung Sepatu

Bola.com, Jakarta Beberapa pesepak bola terbaik di generasinya memutuskan pensiun pada 2024. Dalam daftar itu ada mantan pemain Manchester United, Real Madrid, dan Bayern Munchen. 

Beberapa pemain legendaris telah mengumumkan gantung sepatu. Mereka akan memulai petualangan baru, entah jauh dari lapangan hijau atau hanya bergeser peran, menjadi pelatih misalnya. 

Keputusan mereka tentu menjadi kehilangan besar bagi penggemar sepak bola dunia. Bagaimana pun mereka telah memberi warna tersendiri.  

Siapa saja pesepak bola top yang memutuskan pensiun pada 2024? Berikut ini ada 10 nama. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

1. Wojciech Szczesny

Wojciech Szczesny memutuskan untuk pensiun dari sepak bola hari ini, Selasa (27/8/2024) beberapa hari setelah kontraknya bersama Juventus diputus. Keluarga jadi alasan kiper Polandia ini.

Juventus memilih untuk tidak memperbarui kiper berusia 34 tahun ini per musim 2024/2025. Wojciech Szczesny sudah berada di Turin sejak musim 2017/2018 setelah diboyong dari Arsenal.

Ya, bersama Arsenal Wojciech Szczesny berkembang. The Gunners juga merupakan klub di mana ia berkembang menjadi pesepak bola profesional, meski sempat dipinjamkan ke Brentford pada 2009/2010.

"Saya meninggalkan Warsawa, kampung saya, pada Juni 2006 untuk bergabung ke Arsenal dengan satu mimpi, yakni hidup untuk sepak bola. Saya tidak pernah berpikir akan membela banyak klub besar dan membela Polandia sebanyak 84 kali," kata Wojciech Szczesny.

Sebelum ke Juventus, Wojciech Szczesny telah lebih dulu dipinjamkan ke AS Roma. Ia kembali ke Arsenal dan bermain selama semusim, tetapi langkahnya lebih berat di Liga Italia.

Bukan karena diputus kontrak oleh Juventus, melainkan faktor keluarga yang jadi alasan utama. Ia memilih fokus untuk memelihara keluarganya dan meninggalkan sepak bola profesional yang telah dijalaninya hampir dua dekade.

"Saya telah menghabiskan 18 tahun hidup saya untuk sepak bola, setiap hari. Hari ini, meski tubuh saya siap untuk tantangan berikutnya, hati saya sudah tidak di sana," ujar Wojciech Szczesny lagi.

"Saya rasa inilah saatnya saya memfokuskan hidup saya ke keluarga, kepada istri saya, Marina, dan dua anak saya, Loam dan Noelia. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional."

3 dari 11 halaman

2. Claudio Bravo

Mantan kiper Barcelona, ​​​​Manchester City, dan Chile Bravo mengumumkan pensiun pada Agustus 2024 di usia 41 tahun.

“Halo semuanya, melalui video ini, saya ingin berbagi dengan kalian bahwa saya akan meninggalkan sepak bola profesional,” ujarnya melalui video yang diposting di media sosial.

“Saya yakin saya telah mengambil keputusan yang tepat, keputusan yang dipertimbangkan dengan matang, dan telah dibicarakan secara matang dengan keluarga dan orang-orang terdekat saya."

“Saya menutup babak yang sangat penting dalam hidup saya. Ini juga merupakan momen untuk memulai tahap lain dalam hidup saya, tahap keluarga yang akan sama suksesnya dengan tahap ini, yang memberi kami kepuasan besar dalam segala hal.”

4 dari 11 halaman

3. Phil Jones

Jones sempat bilang ingin berkarier di bidang manajemen setelah resmi mengumumkan pensiun pada Agustus 2024.

Pemain berusia 32 tahun itu tidak bermain sejak meninggalkan Manchester United pada akhir musim 2022/2023. Penampilan terakhirnya terjadi 12 bulan sebelumnya dalam kemenangan 3-0 atas Brentford.

Jones, yang mencatatkan 27 caps untuk Inggris, bergabung dengan MU dari Blackburn pada 2011, namun berjuang dengan cedera sepanjang kariernya.

“Karier saya berakhir lebih singkat dari yang saya inginkan,” katanya kepada BBC Radio 5 Live.

“Saya gelas setengah penuh. Saya telah menyelesaikan lisensi A dan ingin keluar, serta menantang diri sendiri dalam melatih," imbuhnya. 

“Pada akhirnya saya ingin memimpin sebuah tim. Saya bertekad untuk mencapainya.”

5 dari 11 halaman

4. Pepe

Pepe mengumumkan pensiun dari sepak bola pada hari Kamis di usia 41 tahun.

Pertandingan terakhir Pepe terjadi di Euro 2024, ketika Portugal dikalahkan oleh Prancis melalui adu penalti di perempat final. Ia menjadi pemain tertua yang tampil di putaran final Piala Eropa.

Dia membuat 141 penampilan untuk Portugal, hanya kalah dari Ronaldo (211) dan João Moutinho (146).

Pepe, Cristiano Ronaldo, dan Moutinho merupakan anggota tim Portugal yang mengalahkan tuan rumah Prancis 1-0 di final Kejuaraan Eropa 2016. 

6 dari 11 halaman

5. Thiago Alcantara

Thiago mengumumkan pensiun pada Juli 2024 setelah meninggalkan Liverpool pada akhir musim lalu.

Gelandang berusia 33 tahun, yang juga bermain untuk Barcelona, ​​​​Bayern Munchen, dan Timnas Spanyol, dirundung masalah cedera selama berada di Merseyside tetapi tetap menjadi pengumpan sepak bola yang tiada tara.

Kini beredar rumor Hansi Flick merayu Thiago untuk bergabung dengan staf kepelatihannya di Barcelona, ​​​​namun belum ada yang bisa dikonfirmasi.

7 dari 11 halaman

6. Toni Kroos

Toni Kroos akhirnya resmi menyudahi kariernya sebagai pesepak bola, setelah Timnas Jerman kandas pada perempat final Euro 2024. Pemain berusia 34 tahun itu pun menuliskan kata-kata menyentuh di akun Instagram pribadinya.

Sang gelandang veteran telah mengonfirmasi pada awal tahun ini jika dia bakal gantung sepatu di musim panas 2024. Toni Kroos mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama Real Madrid, setelah meraih gelar juara Liga Champions dan La Liga musim ini.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, berhasil meyakinkan Kroos untuk keluar dari masa pensiun di panggung internasional demi Euro 2024. Sayangnya, Toni Kroos gagal membawa Jerman menorehkan prestasi.

Langkah Timnas Jerman harus terhenti pada perempat final Euro 2024. Mereka takluk 1-2 dari Timnas Spanyol pada perpanjang waktu di MHPArena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB.

Kroos terlihat sangat emosional setelah peluit berbunyi panjang tanda duel berakhir. Dia mengunggah foto di Instagram pada Minggu (7/7/2024) untuk mengucapkan pamit dari sepak bola.

"Jadi begitulah. Namun sebelum saya beristirahat dan setidaknya mencoba menyadari apa yang terjadi selama 17 tahun terakhir, saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menerima saya apa adanya," tulis Toni Kroos.

"Terima kasih kepada semua penggemar saya di seluruh dunia atas dukungan kalian. Terima kasih kepada semua klub dan pelatih yang telah mempercayai saya. Terima kasih kepada semua rekan setim yang telah membuat saya merasa diterima kapan saja."

 

8 dari 11 halaman

7. Leonardo Bonucci

Juventus memberikan penghormatan kepada legenda klub, Leonardo Bonucci. Bek legendaris itu mengonfirmasi keputusannya untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola pada usia 37 tahun pada Rabu malam waktu setempat.

Bianconeri menulis bahwa Bonucci telah mengukir namanya di arsip sejarah Juventus setelah rentang waktu yang penuh dengan trofi di tahun 2010-an, yang dibagi dalam dua periode dengan jeda singkat di Milan pada tahun 2017-18.

Secara total, Bonucci mengangkat 19 trofi utama selama di Turin. Sembilan dari jumlah trofi tersebut merupakan gelar Serie A, lima di antaranya diraih secara berturut-turut sebelum pindah ke San Siro.

Pernyataan Juventus menyusul pengumuman Bonucci.

"Pemain yang menjadi bagian besar dari sejarah kita baru-baru ini memutuskan untuk meninggalkan dunia sepak bola. Leonardo Bonucci memutuskan untuk pensiun dari sepakbola, pengumuman ini sangat menyentuh kita, karena Leo telah mencatat namanya di dalam arsip Juventus: 502 pertandingan dimainkan dengan jersey hitam-putih, dengan delapan gelar liga, empat Piala Italia, dan lima Piala Super Italia," tulis Juventus dalam pernyataan yang diterbitkan di situs resmi klub.   

9 dari 11 halaman

8. Ryan Bertrand

Mantan bek kiri Chelsea, Southampton dan Inggris, Ryan Bertrand mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Juni 2024.

Pemain berusia 34 tahun, yang menjadi starter di final Liga Champions 2012, tidak memiliki klub sejak meninggalkan The Foxes musim panas lalu.

“Saya akan pensiun dari sepak bola,” Bertrand mengumumkan secara langsung di Sky Sports.

“Sudah cukup lama berlalu, namun saya mendapat banyak pertanyaan, 'Kapan kamu kembali, apa yang kamu lakukan?'. Jadi, untuk meresmikannya, saya pensiun dan sangat menantikan langkah selanjutnya."

 

10 dari 11 halaman

9. Joe Hart

Hart adalah legenda Manchester City, tidak ada yang bisa membantahnya. Dia mengabdi selama 12 tahun dan membawa dua gelar Premier League ke paruh biru Manchester.

Penjaga gawang Inggris ini baru saja mengumumkan pengunduran diri dari dunia sepak bola setelah tiga tahun di Celtic, yang sangat ia cintai. Faktanya, dia menyebut Celtic sebagai klub yang luar biasa. 

 

11 dari 11 halaman

10. Marouane Fellaini

Pemain Belgia gantung sepatu pada bulan Februari 2024. “Saya sangat bersyukur memainkan olahraga yang saya sukai di level tertinggi.”

Itu indah. Mari kita berikan satu teriakan terakhir kepada Marouane Fellaini, jago sundulan, anak didik terbaik David Moyes, dan pemain yang kerap memberikan kontribusi penting bagi tim. 

Sumber: Planet Football

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer