Sukses


Infografis: Inilah 36 Tim yang Lolos UEFA Liga Champions Musim 2024/2025

Bola.com, Jakarta Selama 21 tahun terakhir, Liga Champions terdiri dari babak penyisihan grup di mana 32 klub dibagi menjadi delapan grup yang terdiri dari empat klub, masing-masing memainkan enam pertandingan. Dua teratas di setiap grup lolos ke fase sistem gugur.

Dalam format versi baru, Liga Champions akan menampilkan 36 klub dengan semua tim memainkan delapan pertandingan. Semua tim dikumpulkan bersama menjadi satu liga raksasa dari pada terbagi ke dalam grup.

Klub masih akan dibagi menjadi empat pot unggulan yang terdiri dari sembilan tim, dengan setiap peserta diberikan dua lawan dari setiap pot. Delapan tim teratas di peringkat akhir lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sedangkan 16 tim berikutnya melaju ke babak play-off perantara dan sisanya tersingkir. Terdapat 29 tim yang lolos langsung ke fase grup karena koefisien liga, dan 7 tim lainnya melewati fase kualifikasi hingga play-off.

Dari jalur liga tentu ada Real Madrid yang merupakan juara bertahan Liga Champions dan juga merupakan juara La Liga Spanyol musim lalu. Kemudian ada Atalanta yang merupakan juara Liga Europa musim lalu dan peringkat keempat Serie A musim lalu.

Status Atalanta sebagai juara Liga Europa pun membawa serta Bologna yang merupakan peringkat kelima Serie A lolos ke fase grup Liga Champions, bersama Inter Milan, AC Milan, dan juga Juventus.

Dari Liga Inggris ada empat tim yang siap bersaing di Liga Champions musim ini, yaitu Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Aston Villa. Sementara itu, tiga wakil Spanyol selain Real Madrid adalah Barcelona, Girona, dan Atletico Madrid.

Perwakilan dari Bundesliga Jerman adalah Bayer Leverkusen, VfB Stuttgart, Bayern Munchen, RB Leipzig, dan Borussia Dortmund. Sementara dari Ligue 1 Prancis ada Paris Saint-Germain (PSG), AS Monaco, Brest dan Lille yang lolos ke Liga Champions lewat jalur play-off.

PSV Eindhoven dan Feyenoord menjadi wakil Belanda di Liga Champions musim ini. Ada pula juara dan runner-up Liga Portugal, Sporting CP dan Benfica. Kemudian ada Club Brugge dari Belgia, Celtic dari Skotlandia, Sturm Graz dari Austria, dan Shakhtar Donetsk dari Ukraina yang juga lolos melalui jalur liga.

Tim lainnya yang lolos ke Liga Champions dari fase play-off adalah Crvena Zvezda, Young Boys, Dinamo Zagreb, Slovan Bratislava, Sparta Praha, dan Red Bull Salzburg.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer