Sukses


Park Hang-seo Masuk Radar Calon Pelatih Timnas Malaysia: Speknya Cocok dengan Kebutuhan Harimau Malaya

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengonfirmasi bahwa mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, menjadi salah satu calon juru taktik yang bakal ditunjuk menangani Timnas Malaysia.

Saat ini, FAM masih terus bergerak untuk mencari pelatih Timnas Malaysia yang baru. Setelah sebelumnya berpisah dengan Kim Pan Gon, kini Harimau Malaysia masih ditangani pelatih interim asal Spanyol, Pau Marti.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, juga terus melakukan penilaian terhadap kinerja Pau Marti sebagai nakhoda Timnas Malaysia. Sampai saat ini, eks asisten pelatih Barcelona itu memang belum menghadapi pertandingan resmi.

"Kami akan mengevaluasi kinerja Pau Marti. Kami beri kesempatan untuk membuktikan kemampuannya menangani Harimau Malaya," kata Datuk Hamidin seperti dikutip dari Berita Harian.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masuk Incaran

Sembari mengevaluasi kinerja Pau Marti, Datuk Hamidin juga mengisyaratkan bahwa FAM masih bergerak untuk mencari kandidat pelatih baru. Salah satu nama pelatih yang saat ini masuk radar ialah Park Hang-seo.

"Namun, pada saat yang bersamaan, kami juga akan melihat beberapa juru taktik lainnya. Salah seorang yang sudah masuk dalam radar kami ialah Park Hang-seo," ujar Datuk Hamidin.

Sejatinya, Park Hang-seo sempat dilaporkan memiliki minat untuk mengasuh Timnas Malaysia setelah mengakhiri masa kerjanya bersama Timnas Vietnam. Namun, FAM kala itu justru menunjuk Kim Pan Gon.

3 dari 4 halaman

Syarat Pelatih Baru

Hamidin juga telah merumuskan berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelatih baru Timnas Malaysia. Yang paling utama ialah pelatih tersebut dikontrak sesuai dengan kualitas pemain Harimau Malaya.

Menurut Hamidin, hal ini sangat penting agar pelatih tersebut bisa memaksimalkan potensi para pemain Timnas Malaysia.

“Saya telah melakukan pekerjaan saya dan mendapatkan pendapat dari para ahli dari luar negeri. Seperti yang saya informasikan di awal, kami harus merekrut pelatih berdasarkan kualitas pemain yang kami miliki,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Pahami Peta Kekuatan

Selain memahami kualitas pemain, calon pelatih baru juga harus memiliki pengetahuan terkait peta kekuatan lawan-lawan yang dihadapi Timnas Malaysia, tak hanya di regional Asia Tenggara tetapi juga Asia.

Dengan kata lain, sang pelatih juga mesti bisa mengetahui kualitas lawan-lawan dalam setiap turnamen yang akan diikuti Timnas Malaysia di berbagai ajang internasional.

“Dia juga harus memahami musuh-musuh kami di Asia Tenggara dan Asia. Individu ini harus memahami pemain yang kami miliki dan turnamen yang akan kami mainkan. Calonnya banyak dan saya akan persingkat daftarnya,” jelasnya.

Sumber: Berita Harian

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer