Sukses


VIDEO: Hasil Drawing Liga Champions 2024/2025 dengan Format Baru, Hadirkan Sederet Laga Seru!

Bola.com, Monaco - Liga Champions 2024/2025 hadir dengan format baru. Proses undian league phase Liga Champions musim ini dipastikan akan hadirkan sejumlah laga seru sejak fase awal.

Proses undian ini diadakan di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (29/8/2024) malam WIB. Acara ini dipandu oleh Gianluigi Buffon dan Cristiano Ronaldo serta perwakilan dari UEFA.

Sebelumnya, Liga Champions diikuti 32 klub yang dibagi ke dalam delapan grup dan dihuni empat tim. Masing-masing tim menjalani enam pertandingan, dan dua tim teratas setiap grup bakal lolos ke fase knock-out.

Namun, mulai musim ini hingga seterusnya, UEFA akan menambah jumlah peserta jadi 36 tim. Fase grup bakal dihapus, dan diubah dengan sistem baru yang menggunakan klasemen besar berisi seluruh tim peserta.

Sistem baru itu disebut League Phase. Ke-36 tim disatukan dalam satu klasemen besar, dan setiap tim akan menjalani delapan pertandingan; 4 laga kandang dan 4 laga tandang.

Pada proses undian, setiap klub masih akan dibagi menjadi empat pot unggulan yang terdiri dari sembilan tim, dengan setiap peserta diberikan dua lawan dari setiap pot.

Nantinya, delapan tim teratas di klasemen besar League Phase bakal lolos ke-16 besar. Lalu, tim peringkat 9 sampai 24 akan diundi kembali, dan bertemu dalam duel dua leg play-off untuk memperebutkan delapan tiket tersisa menembus fase knock-out.

Sementara itu, klub diperingkat 24 hingga 36 dipastikan tersingkir dari Liga Champions dan tak lagi turun ke Liga Europa.

Video Populer

Foto Populer