Sukses


4 Klub Pemenang Bursa Transfer Musim Panas 2024: Kasih Jempol Dulu untuk Arsenal dan Atletico Madrid

Bola.com, Jakarta Bagi klub dan liga terbesar di Eropa, jendela transfer musim panas telah ditutup. Di Inggris dan Spanyol, jendela transfer ditutup pada Jumat (30/8/2024) atau satu jam lebih awal dari Prancis dan bahkan lebih awal di Italia dan Jerman.

Jendela transfer tetap dibuka di beberapa negara seperti Belanda, Turki, dan Arab Saudi, tetapi hanya ada sedikit ruang untuk transaksi besar lainnya.

Semua klub, pemain, manajer, dan agen kini duduk dan menilai. Beberapa keinginan mereka terpenuhi dan beberapa tidak.

Sejumlah pemain unggul dalam pergerakan mereka selama musim panas, sementara yang lain akan menyesali kesempatan yang hilang.

Dengan itu, mari kita lihat kembali apa yang terjadi selama jendela transfer dan dengan cermat memilah hasilnya menjadi pemenang dan pecundang.

Dilansir ESPN, berikut siapa yang jadi pemenang dan siapa pula yang jadi pecundang. Pemenang:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Atletico Madrid

Setelah beberapa tahun yang sangat sepi di pasar, Atletico Madrid mulai bangkit musim panas ini, menghabiskan lebih dari €180 juta untuk merekrut empat pemain bintang yakni Julián Álvarez (€75 juta), Conor Gallagher (€42 juta), Robin Le Normand (€34,5 juta) dan Alexander Sørloth (€32 juta), ditambah beberapa pemain pelapis.

Pembersihan besar-besaran membuka jalan, karena klub akhirnya melepas João Félix secara permanen ke Chelsea seharga €52 juta, melepas Samu Omorodion (€15 juta) dan Álvaro Morata (€13 juta) ke Porto dan Milan, meminjamkan gelandang Saúl Ñíguez lagi, dan mengucapkan selamat tinggal kepada empat bek tengah.

Ini menandai dimulainya fajar baru yang menarik bagi Los Colchoneros.

3 dari 6 halaman

Arsenal

Arsenal membutuhkan pelapis di lini pertahanan dan menghabiskan €45 juta untuk mendatangkan Riccardo Calafiori, sementara manajer Mikel Arteta juga menambah lini tengahnya dan mendatangkan bintang Spanyol di Euro 2024 Mikel Merino dari Real Sociedad dengan harga yang wajar (€33 juta).

Penjaga gawang David Raya diamankan secara permanen seharga €30 juta, setelah menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di klub tersebut dari Brentford, dan penampilannya sejauh musim ini menunjukkan keputusan klub untuk mendukungnya sebagai kiper utama akan membuahkan hasil.

Kemudian di saat-saat terakhir, Raheem Sterling menandatangani kontrak pinjaman selama semusim, menambah kedalaman yang sangat dibutuhkan di sayap dan segudang pengalaman memenangkan gelar bagi skuad.

Selain itu, The Gunners mengumpulkan dana dengan sangat efektif, yang merupakan sesuatu yang tidak terlalu mereka kuasai dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka telah menghasilkan lebih dari €80 juta dengan menjual Eddie Nketiah, Emile Smith Rowe, dan Aaron Ramsdale, yang dapat sangat berguna untuk fleksibilitas pasar dalam 12 bulan ke depan.

4 dari 6 halaman

Paris Saint-Germain

Setelah kehilangan Kylian Mbappé ke Real Madrid tanpa bayaran pada musim panas ini, PSG tetap tenang di bursa transfer.

Alih-alih langsung mendatangkan pemain bintang yang menghabiskan banyak uang, mereka malah berinvestasi pada pemain muda yang sangat bagus seperti João Neves (€70 juta), Désiré Doué (€50 juta), dan Willian Pacho (€40 juta).

Pacho adalah pemain tertua di usianya yang ke-22, Doué merupakan koneksi Prancis yang sangat dinantikan oleh klub ibu kota, dan Neves benar-benar brilian dan telah menunjukkannya.

PSG juga berhasil mendatangkan banyak pemain yang tidak sesuai dengan gaya manajer Luis Enrique, terutama Manuel Ugarte ke Manchester United seharga €50 juta.

Hal ini terasa seperti perubahan halaman bagi PSG, tidak hanya dalam hal era (pasca-Mbappé), tetapi juga dalam strategi transfer. Kita harus memberikan pujian pada saat yang tepat.

5 dari 6 halaman

Juventus

Juventus telah merombak skuad mereka secara menyeluruh musim panas ini dalam upaya agar lebih cocok bagi manajer baru Thiago Motta.

Selain kehilangan satu target (bek Bologna Riccardo Calafiori, yang bergabung dengan Arsenal seharga €45 juta), mereka telah berhasil.

Douglas Luiz dari Aston Villa, Teun Koopmeiners dari Atalanta, dan Khephren Thuram dari Nice semuanya akan mengubah lini tengah; dua pemain pinjaman dari Fiorentina, Nicolas Gonzalez dan Francisco Conceicao, membawa kehidupan baru ke sayap; dan Michele Di Gregorio dari Monza adalah penjaga gawang yang unggul saat menguasai bola di kakinya, yang sangat penting bagi gaya Motta.

Harus diakui, Juve harus sedikit berkorban untuk mewujudkannya. Matias Soule dan Dean Huijsen memimpin sejumlah pemain muda yang hengkang, tetapi hal ini menempatkan klub dalam posisi untuk menantang Inter Milan sebagai pesaing gelar yang paling kredibel untuk musim 2024-25.

6 dari 6 halaman

Saudi Pro League

Sudah sepantasnya kita menyebut Liga Pro Saudi sebagai pemenang, karena mereka adalah penerima manfaat besar dari bara api pasar yang hampir padam.

Menjarah Ivan Toney dari Brentford (€47,5 juta) dan Mohamed Simakan dari RB Leipzig (€45 juta) pada hari terakhir bursa transfer Eropa dengan biaya yang sangat wajar adalah kemenangan besar.

Beberapa hari sebelumnya, bek Manchester City Joao Cancelo pindah ke Al Hilal seharga €25 juta sementara, jauh di awal bursa transfer, Al Ittihad membayar €55 juta untuk mendatangkan pemain top di masa jayanya: pemain sayap Aston Villa berusia 25 tahun Moussa Diaby.

Taktik bursa transfer Saudi telah berubah. Liga ini menjadi kekuatan yang jauh lebih tenang dan cerdas akhir-akhir ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer