Sukses


Kejutan Nih! 3 Pemain yang Koleksi Golnya Lebih Banyak daripada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Apakah Benar?

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua pesepak bola terhebat sepanjang sejarah. Keduanya bahkan disejajarkan dengan dua legenda abadi yakni Pele dan Diego Maradona.

Meski sudah tak lagi muda, Messi maupun Ronaldo sama-sama masih punya pengaruh di sepak bola dunia. Keduanya masih jadi andalan di klubnya masing-masing. Ronaldo di Al Nassr Arab Saudi, sedangkan Messi di Inter Miami Amerika Serikat.

Menariknya, walau tak lagi bermain di liga top Eropa namun magnet keduanya masih mampu menyedot ratusan juta penggemar dari seluruh penjuru bumi.

Ronaldo dan Messi tak hanya dikenal karena banyaknya trofi yang sudah mereka menangkan serta deretan koleksi Ballon d'Or, melainkan juga karena gol-gol mereka yang spektakuler.

Sejauh ini, Ronaldo telah mengemas 899 gol dan Messi 838 gol. Sebuah pencapaian yang tak semua pemain bisa melakukannya.

Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepak Bola (IFFHS), sebuah organisasi yang mencatat sejarah dan catatan sepak bola, mengklaim Ronaldo dan Messi adalah dua pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola. Namun, ada beberapa perdebatan mengenai hal tersebut.

Hanya saja, kalau berpatokan dari hasil penelitian Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF), ternyata masih ada tiga pemain yang koleksi golnya lebih banyak daripada Cristiano Ronaldo dan Messi.

Dilansir Planet Football, berikut ketiga pemain tersebut:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ronnie Rooke

Jika Anda mengetahui sejarah sepak bola Inggris, kemungkinan Anda setidaknya memiliki sedikit pengetahuan tentang pencetak gol legendaris seperti Dixie Dean, Nat Lofthouse, dan Jimmy Greaves.

Satu nama yang mungkin belum pernah Anda dengar adalah Ronnie Rooke, yang terdengar seperti salah satu pemeran pendukung Roy Of The Rovers.

Penyerang tengah dari Surrey ini bermain antara tahun 1929 dan 1961. Ia pernah bermain di klub-klub seperti Fulham, Arsenal, dan Crystal Palace bersama sejumlah klub lokal lain yang lebih bawah dalam piramida sepak bola termasuk Guildford City, Bedford Town, dan Haywards Heath Town.

Berdasarkan metodologi RSSSF, mereka tidak mencantumkan angka pasti pada penghitungan golnya.  Tetapi mereka memperkirakan setidaknya ia mengemas 934 gol dalam 1030 penampilan.

 

3 dari 4 halaman

Josef Bican

Pesepak bola fenomenal dari Republik Ceska ini disebut-sebut bersama Romario dan Pele dalam urusan jumlah gol yang fantastis.

Namun, tidak seperti kedua pemain hebat Brasil tersebut – yang berada di posisi ke-10 dan ke-11 dalam daftar RSSSF dengan masing-masing 785 dan 778 gol – jumlah gol Bican telah disahkan, setidaknya melalui satu sumber.

Sementara IFFHS memperkirakan bahwa Bican mencetak 722 gol untuk klub dan negara, RSSSF mencatat angka lebih dari 950 gol. 

"Akan ada satu perbedaan: semua gol saya ada rekamannya, jadi saya bisa membuktikannya," kata Ronaldo baru-baru ini tentang ambisinya untuk pensiun dengan 1000+ gol.

Komentar itu umumnya dibaca sebagai sindiran yang tidak perlu terhadap Pele, tetapi bisa juga berlaku untuk Bican. Anda perlu membersihkan buku-buku sejarah dan melakukan penelaahan mendalam yang tepat terhadap laporan pertandingan lama yang tidak jelas untuk menemukan perkiraan.

 

4 dari 4 halaman

Erwin Helmchen

Pria yang diperkirakan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa oleh RSSSF adalah nama yang jarang Anda temukan.

Karier penyerang Jerman, Erwin Helmchen, membentang dari 1924-1951, jauh sebelum era Bundesliga. Ia disebut mencetak setidaknya 989 gol dalam 582 penampilan, dengan rata-rata 1,7 gol per pertandingan.

Sepak bola saat itu sangat berbeda, jadi tidak terlalu sulit dipercaya.

Helmchen diyakini mencetak lebih dari 456 penampilan hanya dalam 232 penampilan untuk PSV Chemnitz, yang saat ini bermain di kasta bawah piramida sepak bola Jerman.

Sumber: Planet Football

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer