Sukses


Prediksi Portugal Vs Kroasia di UEFA Nations League: Tuan Rumah Masih Menanti Magis Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Negara-negara Eropa kembali akan berjibaku di ajang UEFA Nations League A 2024/2025. Ada satu di antara pertandingan sengit yang mempertemukan Portugal kontra Kroasia dari Grup 1.

Kedua tim akan bertempur di Estadio da Luz, Benfica, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Baik Timnas Portugal dan Kroasia sama-sama ingin memperbaiki hasil jeblok di Euro 2024 yang berakhir dua bulan lalu.

Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo harus kembali mengalami kekecewaan di perempat final, setelah juga tersingkir di babak delapan besar di Piala Dunia Qatar 2022.

Bagi Portugal, mereka juga ingin mengulang momen menjadi juara UEFA Nations League 2019, setelah gagal mencapai final dengan finis kedua di belakang rival grup Spanyol pada kali terakhir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bakal Sengit

Pelatih Portugal, Roberto Martinez akan berada di bawah tekanan yang lebih besar untuk bersaing memperebutkan hadiah, terutama mengingat banyaknya bakat yang tersedia baginya. Selain punya Ronaldo, Portugal memiliki sederet pemain bersinar yang tersebar di klub-klub besar Eropa.

Ruben Dias, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Rafael Leao, hingga Diogo Dalot adalah aset penting dari tim Selecao das Quinas. Terutama Cristiano Ronaldo yang masih aktif bermain di usianya yang hampir berkepala empat. Ia makin tertantang dengan menegaskan belum akan pensiun.

Sementara itu, Kroasia tidak bisa diremehkan. Mereka adalah langganan favorit di setiap turnamen bergengsi terutama Piala Dunia dan Piala Eropa. Hanya saja Vatreni kurang beruntung dengan gugur di fase grup Euro 2024.

Sama seperti Portugal, Kroasia cukup diunggulkan melaju lebih jauh di atas Polandia dan Skotlandia sebagai tim pesaing lainnya dari Grup 1 ini. tdak ada kepanikan yang terjadi, dan kepercayaan tetap dipertahankan pada pelatih kepala Zlatko Dalic.

Pemain senior Kroasia, Luka Modric meniru mantan rekan setimnya di Real Madrid Ronaldo dengan memperluas karir internasionalnya lebih jauh, alias belum mau pensiun.

Meskipun mencapai Piala Dunia 2026 akan menjadi target jangka menengah utama Kroasia, prospek untuk mendapatkan beberapa trofi seharusnya memberikan motivasi yang cukup untuk tampil maksimal di Nations League musim ini.

3 dari 4 halaman

Komposisi Pemain

Roberto Martinez telah menyegarkan skuad Portugalnya, memilih pemain muda Geovany Quenda, Renato Veiga dan Tiago Santos untuk pertama kalinya dan mencoret Joao Cancelo, Danilo Pereira, dan Francisco Conceicao.

Pemain sayap Sporting berusia tujuh belas tahun, Quenda, hanya membuat empat penampilan senior di level klub, sementara Veiga baru saja bergabung dengan Chelsea; Bek sayap Lille Santos juga berpeluang melakukan debutnya di Selecao.

Di tempat lain, Pedro Goncalves, Francisco Trincao dan kiper Rui Silva semuanya dipanggil kembali ke skuad yang dikapteni oleh Cristiano Ronaldo, yang diperkirakan akan menjadi starter di lini depan.

Sementara Kroasia sekarang tidak akan diperkuat pemain kuatnya Domagoj Vida dan Marcelo Brozovic, yang terakhir telah pensiun dari tugas internasional dengan 99 caps. Vatreni masih punya veteran lainnya, Ivan Perisic yang masih terpilih meski tidak memiliki klub setelah meninggalkan Hajduk Split.

Lovro Majer, Josip Stanisic dan Martin Erlic absen pada pertandingan Kamis dan pertandingan Minggu melawan Polandia karena cedera, sementara bek Lyon Duje Caleta-Car juga diragukan tampil setelah mengalami cedera akhir pekan lalu.

Karena kekurangan pemain di lini pertahanan, pelatih kepala Zlatko Dalic menyarankan agar Marin Pongracic, Kristijan Jakic atau bahkan pemain sayap Marko Pjaca mungkin harus mengisi posisi bek kanan.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Dalot, Dias, A. Silva, Mendes; Palhinha, Vitinha; B. Silva, Fernandes, Leao; Ronaldo

Pelatih: Roberto Martinez

 

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Pongracic, Sutalo, Gvardiol, Sosa; Modric, L. Sucic, Kovacic; Pasalic, Kramaric, Ivanusec

Pelatih: Zelicko Dalic

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer