Sukses


Setelah 21 Tahun, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Kompak Tak Masuk Daftar Nomine Ballon d'Or

Bola.com, Jakarta - Majalah France Football telah resmi mengumumkan 30 nomine peraih Ballon d'Or 2024, Kamis (5/9/2024) dini hari WIB. Namun, untuk pertama kalinya dalam 21 tahun terakhir, nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak masuk daftar nomine Ballon d'Or.

Messi dan Ronaldo merupakan dua pesepak bola terbaik sepanjang masa. La Pulga dan CR7 berhasil merengkuh berbagai trofi juara, mulai dari level klub, timnas, hingga penghargaan pribadi.

Untuk penghargaan pribadi, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, saling bersaing ketat. Pada penghargaan Ballon d'Or contohnya, kedua GOAT (The Greatest of All Time) tersebut menjadi yang tersukses.

Lionel Messi berhasil mengoleksi delapan trofi bola emas, termasuk yang direngkuh pada tahun lalu. Di sisi lain, Cristiano Ronaldo sukses lima kali mendapatkan penghargaan Ballon d'Or.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tak Masuk Nomine

Namun pada Ballon d'Or 2024, namanya keduanya tak lagi masuk, dan itu menjadi yang pertama kalinya sejak 2003. Situasi tersebut sekaligus menjadi penanda jika era Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo perlahan mulai berakhir.

Pada tahun lalu, Messi hanya meraih titel juara Leagues Cup bersama Inter Miami. Adapun ketika berseragam Timnas Argentina, La Pulga sukses merengkuh trofi Copa America 2024.

Di sisi lain, Cristiano Ronaldo membawa Al Nassr menjuarai Arab Club Champions Cup. Prestasi itu pun dianggap belum cukup untuk membawa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masuk nomine Ballon d'Or tahun ini.

 

3 dari 4 halaman

Kriteria Pemilihan

Para nomine Ballon d'Or dipilih dari hasil penilaian terhadap performa di atas lapangan dalam periode yang dimulai 1 Agustus 2023 hingga 31 Juli 2024 lalu.

Karena itu, wajar jika Real Madrid mendominasi kandidat peraih gelar Ballon d'Or 2024 dengan mengirimkan enam nama. Maklum, pasukan Carlo Ancelotti tampil sangat konsisten di musim 2023/2024 ini.

Real Madrid bermain superior di La Liga untuk meraih gelar juara. Selain itu, Los Blancos juga sukses menjadi kampiun Liga Champions dengan rekor tak terkalahkan.

4 dari 4 halaman

Daftar 30 Nomine Ballon d'Or 2024

Video Populer

Foto Populer