Sukses


Ronaldo dan Messi Enggak Masuk Daftar Nominasi, Ballon d'Or Sudah Kehilangan Kredibilitas?

Bola.com, Jakarta - Nominasi peraih Ballon d'Or 2024 telah resmi diumumkan, Kamis (5/9/2024) dini hari WIB. Dari 30 daftar nama pemain yang menjadi kandidat, Real Madrid mendominasi.

Menariknya adalah tidak ada nama duo superstar Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam daftarnya. Ini menjadi pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir tidak ada nama kedua pemain itu dalam persaingan Ballon d'Or.

Sportbible menulis artikel bahwa bisa saja Ballon d'Or 2024 mengulang apa yang diucapkan Cristiano Ronaldo tahun lalu. Ya, pemain asal Portugal itu pernah memberikan sindiran dari penghargaan itu yang telah kehilangan kredibilitas.

Ia mengungkapkan ketika tidak masuk nominasi penghargaan Ballon d'Or edisi 2023 yang kemudian dimenangkan oleh Lionel Messi. Kini Ronaldo kembali tidak masuk dalam daftar alias untuk tahun kedua berturut-turut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanpa Ronaldo dan Messi

Cristiano Ronaldo sebelumnya mengklaim Ballon d'Or kehilangan kredibilitasnya setelah ia gagal masuk dalam daftar nominasi penghargaan tersebut.

Terkini, nominasi penghargaan tahun 2024 diumumkan pada Rabu malam waktu Paris oleh France Football, dengan 30 pemain terbaik dunia dinominasikan untuk penghargaan individu teratas sepak bola putra.

Bintang Al Nassr Ronaldo, yang telah memenangkan Ballon d'Or lima kali, tidak masuk dalam daftar tersebut, meski mencetak 44 gol di semua kompetisi untuk klub Liga Pro Saudi musim lalu.

Saingan beratnya Lionel Messi, yang telah memenangkan rekor Ballon d'Or sebanyak delapan kali, juga tidak masuk dalam daftar nominasi tahun 2024.

Ini adalah pertama kalinya sejak 2003 baik Messi maupun Ronaldo tidak masuk dalam nominasi penghargaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Statistik Bukan Jaminan

Berbicara tahun lalu, Ronaldo mengklaim penghargaan Ballon d'Or dan FIFA The Best sudah kehilangan kredibilitas.

Komentarnya muncul setelah ia tidak masuk nominasi meski mencetak 54 gol dalam satu tahun kalender, menjadikannya pencetak gol terbanyak dunia sepak bola tahun 2023.

“Bukan berarti Messi tidak pantas mendapatkannya, atau Erling Haaland atau bahkan Kylian Mbappe… tapi angkanya ada dan angkanya tidak menipu. Anda harus mempertimbangkan keseluruhan musim,” kata Ronaldo kepada Record saat itu.

"Angka-angka tersebut adalah fakta. Jika Anda melihat ke belakang dan melihat apa yang terjadi di Manchester United dan tim nasional, orang-orang sebenarnya menganggap saya kalah. Tapi kenyataannya saya fokus dan menjalani periode yang hebat di Al Nassr, itulah mengapa saya mencetak 54 gol."

4 dari 4 halaman

Belum Merespons

Ronaldo dan Messi belum berkomentar setelah tak masuk daftar nominasi Ballon d'Or 2024, yang kini akan dimenangkan oleh seorang pemain untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Bintang Real Madrid Vinicius Jr adalah favorit saat ini untuk memenangkan penghargaan tersebut, dengan Rodri dari Manchester City dan pemain Madrid lainnya. Jude Bellingham juga diminati oleh para bandar taruhan.

Sumber: Sportbible

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer