Sukses


7 Gol ke Gawang China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dicetak Pemain Jepang yang Berkarier di Eropa: Seru Nih saat Melawan Timnas Indonesia!

Bola.com, Jakarta - Tiga laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah digelar, Kamis (5/9/2024) hingga Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Jepang menang telak 7-0 atas China, Australia kalah 0-1 dari Bahrain, sementara Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1.

Ketiga hasil tersebut membuat Jepang kini nyaman berada di puncak klasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan tiga poin, unggul selisih gol dari Bahrain yang ada di posisi kedua.

Sementara itu, Arab Saudi dan Timnas Indonesia berurutan ada di posisi ketiga dan keempat dengan satu poin. Kemudian Australia dan China berada di dua posisi terbawah dengan tanpa poin.

Setiap pertandingan yang sudah berlangsung memiliki ceritanya masing-masing. Jepang memperlihatkan dominasi yang luar biasa dengan kemenangan dengan 7 gol tanpa balas.

Sementara itu, Australia yang bermain di depan pendukungnya justru kalah dari Bahrain. Timnas Indonesia pun tak kalah mengejutkan. Melawan langganan Piala Dunia, Arab Saudi, dalam laga tandang, Tim Garuda sukses merebut satu poin.

Namun, keberhasilan Jepang menang 7-0 atas China pada laga pertamanya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia memiliki cerita unik tersendiri. Apakah itu?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pemain yang Berkarier di Eropa Jadi Senjata Utama Jepang

Dalam laga yang berlangsung di Saitama Stadium dan dihadiri 52.398 penonton, Wataru Endo membuka keunggulan Jepang pada menit ke-12. Setelah itu, Kaoru Mitoma memastikan Jepang unggul 2-0 pada akhir babak pertama.

Belum genap sepuluh menit babak kedua berjalan, Jepang berhasil unggul 4-0. Dua gol tambahan itu diborong oleh Takumi Minamino yang mencetak gol pada menit ke-52 dan 58'.

Jepang kemudian masih berhasil menambah tiga gol lagi lewat Junya Ito pada menit ke-77, Daizen Maeda pada menit ke-87, dan Takefusa Kubo pada menit kelima masa injury time.

Keenam pemain yang mencetak tujuh gol Jepang itu memiliki satu kesamaan besar. Mereka semua kini berkarier di Eropa dan menjadi tulang punggung utama Timnas Jepang.

Wataru Endo dan Kaoru Mitoma yang mencetak dua gol pertama Jepang ke gawang China kini berkarier di Premier League Inggris. Endo bermain untuk Liverpool, sementara Mitoma membela Brighton and Hove Albion.

Sementara itu, Takumi Minamino dan Junya Ito sama-sama berkarier di Ligue 1 Prancis. Minamino kini bermain bersama AS Monaco, sementara Ito bermain untuk Reims.

Sementara itu Daizen Maeda adalah pemain Celtic di Premiership Skotlandia dan Takefusa Kubo yang punya julukan Messi dari Jepang kini bermain bersama Real Sociedad di La Liga Spanyol.

Keberhasilan para pemain tersebut menembus liga utama di negara-negara Eropa itu menjadi indikator penting kesuksesan mereka menjadi kunci permainan Jepang di pertandingan pertama mereka di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

3 dari 6 halaman

Bakal Seru saat Hadapi Timnas Indonesia

Tentunya kehadiran pemain-pemain hebat itu akan jadi tontonan yang menarik ketika Jepang melawan Timnas Indonesia. Kini Tim Garuda yang ditangani Shin Tae-yong juga diperkuat banyak pemain yang berkarier di luar negeri, terutama di Eropa.

Meski tidak semua bermain di kasta tertinggi liga di negara Eropa, kemampuan pemain-pemain tersebut juga menjadi kunci permainan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Pada laga kontra Arab Saudi, Jumat (6/9/2024), Tim Garuda berhasil unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Ragnar Oratmangoen, penyerang yang bermain untuk klub promosi di Belgian Pro League, atau kasta tertinggi Liga Belgia, musim ini.

Bola hasil tembakannya sempat berubah karena Sandy Walsh, pemain yang juga berkarier di Belgian Pro League bersama KV Mechelen, melakukan pergerakan di depan gawang dan bola menyentuh tubuhnya hingga berubah arah dan masuk ke gawang Arab Saudi.

Selain Ragnar Oratmangoen dan Sandy Walsh, ada pula Shayne Pattynama yang bermain di liga kasta kedua Belgia bersama Eupen.

Kemudian ada Calvin Verdonk, Ivar Jenner, Thom Haye, dan Rafael Struick yang bermain di Belanda. Lalu Nathan Tjoe A-On, Justin Hubner, dan Marselino Ferdinan yang bermain di Inggris.

Dan tentu yang tidak boleh dilupakan adalah Jay Idzes, bek tangguh yang memperkuat Venezia, klub yang berstatus sebagai tim promosi di Serie A Liga Italia musim ini.

Selain mereka yang bermain di Eropa, jangan juga lupakan keberadaan kipr FC Dallas, Maarten Paes, yang baru saja memperlihatkan debut cemerlang bersama Timnas Indonesia dengan menggagalkan penalti Arab Saudi.

Ada pula Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam yang menimba pengalaman dengan bermain di Korea Selatan dan Thailand.

Jadi dengan kekuatan pemain-pemain yang sudah terbiasa dengan atmosfer liga di luar negeri, Timnas Indonesia pun siap memberikan perlawanan sengit saat menghadapi Jepang.

4 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Melawan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia sebenarnya sudah sempat bertemu Jepang di Piala Asia 2024 yang digelar pada Januari lalu. Saat itu, Tim Garuda kalah 1-3 dari tim berjulukan Samurai Biru.

Tentunya dua pertemuan antara Timnas Indonesia dan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini akan menjadi momen pembalasan yang sangat bagus buat Tim Garuda. Apalagi seiring waktu, tim asuhan Shin Tae-yong ini berkembang secara permainan.

Namun, penggemar Timnas Indonesia harus sabar menunggu untuk duel melawan Jepang. Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Jepang di SUGBK pada 15 November 2024, tepatnya pada matchday kelima Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim Garuda akan lebih dulu menghadapi Australia di SUGBK pada 10 September dan dua kali bertandang ke Bahrain dan China pada matchday ketiga dan keempat yang digelar pada 10 dan 15 Oktober 2024.

Sementara itu, pertemuan kedua antara Timnas Indonesia dan Jepang baru akan terjadi pada matchday terakhir atau matchday ke-10 yang berlangsung pada 10 Juni 2025, di mana Tim Garuda akan bertandang ke Negeri Samurai.

5 dari 6 halaman

Jadwal Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

5 September 2024

  • Jepang vs China (7-0)
  • Australia vs Bahrain (0-1)
  • Arab Saudi vs Timnas Indonesia (1-1)

10 September 2024

  • Bahrain vs Jepang
  • China vs Arab Saudi
  • Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

  • Australia vs China
  • Arab Saudi vs Jepang
  • Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

  • Jepang vs Australia
  • Arab Saudi vs Bahrain
  • China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

  • Australia vs Arab Saudi
  • Bahrain vs China
  • Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

  • Bahrain vs Australia
  • China vs Jepang
  • Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

  • Jepang vs Bahrain
  • Australia vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs China

25 Maret 2025

  • Jepang vs Arab Saudi
  • China vs Australia
  • Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

  • Australia vs Jepang
  • Bahrain vs Arab Saudi
  • Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

  • Jepang vs Timnas Indonesia
  • Arab Saudi vs Australia
  • China vs Bahrain
6 dari 6 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

 

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  1  1  0  0  7-0  3
 2.   Bahrain  1  1  0   0  1-0   3
 3.    Arab Saudi  1  0  1  0  1-1   1
 4.    Indonesia  1  0  1  0  1-1  1
 5.   Australia   1  0  0  1  0-1  0
 6.    China   1   0  0  1  0-7  0
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer