Sukses


Pasangan Kakak Beradik yang Membela Timnas Berbeda, Reijnders Bersaudara Jadi yang Terbaru?

Bola.com, Jakarta - Eliano Reijnders tidak lama lagi menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Gelandang berusia 23 tahun itu dikabarkan siap menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain kelahiran Tampere, Finlandia itu sudah berada di Jakarta dan bertemu dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, Jumat (6/9/2024). Selain Eliano Reijnders, Mees Hilgers, juga ikut dalam pertemuan tersebut.

Keduanya juga telah ikut berlatih dengan Timnas Indonesia jelang menghadapi Australia pada matchday kedua putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB. Namun, Eliano dan Mees tak bisa tampil dalam pertandingan tersebut, karena masih dalam proses naturalisasi.

Eliano Reijnders memiliki latar belakang yang menarik. Pemain PEC Zwolle itu merupakan adik kandung dari Tijjani Reijnders. Sang kakak kini membela klub ternama Italia, AC Milan, dan sekaligus andalan lini tengah Timnas Belanda.

Andai Eliano Reijnders resmi menjadi WNI, tentu akan menghadirkan cerita menarik dalam sepak bola Indonesia. Duo kakak beradik yang memilih memperkuat negara berbeda.

Namun, kisah saudara kandung yang membela tim nasional berbeda sebenarnya bukan hal baru. Alias cukup sering terjadi di dunia si kulit bundar. Lantas, siapa saja mereka?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Thiago dan Rafinha

Yang pertama Alcantara bersaudara. Kedua pemain yang dimaksud adalah Thiago dan Rafinha. Selain sama-sama berposisi gelandang, mereka juga merupakan jebolan akademi Barcelona, La Masia. 

Bedanya, keduanya tidak berbaju tim nasional yang sama. Thiago memilih Timnas Spanyol. Di sisi lain Rafinha yang sempat memperkuat tim junior Spanyol berpindah haluan ke negara asal bapaknya, Brasil.

 

3 dari 5 halaman

Kevin dan Jerome

Boateng Brothers juga menarik untuk dibahas. Kevin Prince Boateng dan Jerome Boateng sama-sama lahir di Berlin, Jerman. Juga sukses bareng sebagai pesepak bola Eropa yang memperkuat sejumlah klub ternama.

Namun, keputusan berbeda justru diambil Kevin. Dia lebih memilih membela negara leluhurnya, Timnas Ghana. Adapun Jerome tetap berkostum Timnas Jerman. Keduanya bahkan sempat saling bentrok di Piala Dunia 2014 Brasil.

 

4 dari 5 halaman

Inaki dan Nico

Berikutnya ada Williams bersaudara. Pasangan kakak beradik Inaki dan Nico saat ini berada di klub yang sama yakni Athletic Bilbao di La Liga Spanyol. Mereka adalah pemain keturunan Ghana yang lahir dan besar di Spanyol.

Hanya saja, keduanya tidak di bawah naungan panji tim nasional yang sama. Sebab, Inaki memilih membela Timnas Ghana. Sementara itu, sang adik Nico bergabung dengan Timnas Spanyol dan belum lama ini sukses meraih gelar juara Euro 2024.

 

5 dari 5 halaman

Granit dan Taulant

Selain Williams bersaudara, ada pula Xhaka bersaudara. Kedua pemain ini berasal dari Albania yang sama-sama lahir di Swiss. Namun, Granit lebih memilih Timnas Swiss dan sempat menjadi kapten di Piala Dunia 2022 Qatar.

Di sisi lain, Taulant mewakili negara asal orang tuanya yaitu Timnas Albania. Menariknya, mereka pernah menjadi rival saat Albania dan Swiss berjumpa di Piala Eropa 2016. Granit saat ini memperkuat Bayer Leverkusen, adapun sang kakak bermain untuk FC Basel.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer