Sukses


Sensasi Timnas Italia di UEFA Nations League: Move On dari Euro 2024, Bikin Malu Prancis

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia move on dari kegagalan di Euro 2024. Mereka secara tragis disingkirkan Swiss di babak 16 besar, padahal Gli Azzurri adalah juara bertahan. Kini mereka meledak di ajang UEFA Nations League.

Timnas Italia berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Prancis dalam laga pertama UEFA Nations League 2024/2025 ketika bertandang ke Parc des Princes, Paris, Sabtu (7/9/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini bukti keberhasilan transformasi Luciano Spalletti setelah Gli Azzurri gagal di Euro 2024.

Dalam pertandingan UEFA Nations League di Parc des Princes itu, tim tuan rumah lebih dulu unggul lewat gol cepat Bradley Barcola saat laga baru berjalan satu menit. Gawang Gianluigi Donnarumma begitu cepat dibobol Les Bleus yang menyiratkan Italia belum berbenah setelah Euro 2024.

Namun, Italia kemudian berhasil mencetak tiga gol balasan, masing-masing lewat Federico Dimarco pada menit ke-30, Davide Frattesi pada menit ke-51, dan Giacomo Raspadori pada menit ke-74. Italia pun memastikan tiga poin di markas Prancis itu.

Kemenangan ini bukan hanya sebatas keberhasilan meraih tiga poin saat Italia memulai kampanye mereka di UEFA Nations League 2024/2025, tetapi juga merupakan bukti keberhasilan sang pelatih, Luciano Spalletti, yang melakukan perubahan besar setelah kegagalan di Euro 2024.

Berikut ini ulasan tentang 3 kunci Timnas Italia tampil meledak di markas Prancis.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Beda

Luciano Spalletti memang melakukan transformasi besar untuk menghadapi Prancis. Transformasi itu mencakup adanya delapan pergantian pemain dari yang dipanggilnya saat tampil di Euro 2024.

Delapan pemain yang ditinggal oleh Spalletti adalah Gianluca Scamacca dan Nicolo Barella yang cedera, serta Federico Chiesa yang baru saja bergabung bersama Liverpool.

Riccardo Calafiori, yang menjalani larangan satu pertandingan saat tersingkir di tangan Swiss pada 16 besar Euro 2024, benar-benar dipilih menjadi satu di antara tiga stoper bersama Bastoni dan Di Lorenzo.

3 dari 4 halaman

Kembalinya Sandro Tonali

Sandro Tonali pun mendapatkan pertandingan pertamanya bersama Italia sejak September 2023, mengawal lini tengah bersama Samuel Ricci dan Davide Frattesi. Ricci dan Tonali memang tidak ikut ketika Italia tampil di Euro 2024.

Bahkan Frattesi pun sukses mencatatkan namanya di papan skor dalam pertandingan ini, menjadi bukti yang sangat konkret bahwa perubahan yang dibawa oleh Spalletti dari Euro 2024 ke UEFA Nations League 2024/2025 benar-benar berjalan lancar.

4 dari 4 halaman

Digendong Pemain Inter Milan

Kiprah apik Timnas Italia di markas Prancis juga tidak bisa lepas dari kegemilangan para wakil Inter Milan. Nerazzurri mengirimkan tiga pemainnya untuk Gli Azzurri.

Bek Alessandro Bastoni, winger Federico Dimarco, dan gelandang Davide Fratesi. Hasilnya, Bastoni cuma kebobolan satu gol cepat Prancis, Dimarco dan Fratesi mencetak gol penyama kedudukan serta balasan, sebelum Raspadori mengunci kemenangan 3-1.

Video Populer

Foto Populer