Sukses


4 Hal Menarik Saat Jurgen Klopp Kembali ke Pinggir Lapangan: Bikin Kangen Fans Dortmund dan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Liverpool, Jurgen Klopp, kembali ke pinggir lapangan ketika memimpin sebuah pertandingan testimonial Borussia Dortmund di Signal Iduna Park pada Sabtu (7/9/2024).

Ini penampilan pertamanya di dunia kepelatihan sejak pergi dari Liverpool. Meski kembali untuk satu laga saja, Jurgen Klopp memperlihatkan pesona memimpin Borussia Dortmund untuk perpisahan Lukasz Piszczek dan Jakub Blaszczykowski.

Setelah memimpin sesi latihan pada Jumat (6/9/2024), hari besar itu berakhir dengan kemenangan 5-4 untuk tim asuhan Jurgen Klopp di Signal Iduna Park. Mantan pelatih Liverpool itu disambut hangat oleh para penggemar Borussia Dortmund.

Berikut empat hal menarik yang terlihat dari kembalinya Jurgen Klopp ke pinggir lapangan untuk menangani sebuah tim:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Menjaga Kesederhanaan

Jurgen Klopp jelas tidak bermain-main dengan instruksi pra-pertandingannya kepada para pemain. Borussia Dortmund membagikan foto sang manajer yang kembali berdiri di samping papan tulis putihnya, memperlihatkan taktiknya kepada pemain di ruang ganti.

Pesannya? Sederhana saja: "Cetak gol!"

Pesan ini terbukti efektif, dengan tim Jurgen Klopp meraih kemenangan dramatis 5-4, memperlihatkan bakatnya untuk menghibur penonton masih ada.

3 dari 5 halaman

2. Menikmati Hidup

Dari pengumuman yang dilakukannya pada Januari 2024, jelas Jurgen Klopp membutuhkan istirahat. Pengakuannya bahwa ia kehabisan energi, memperlihatkan seorang pria yang telah memberikan segalanya selama lebih dari delapan tahun di Liverpool, dan saatnya untuk melanjutkan hidup.

Setelah memulai cuti tahunannya, Klopp tampak segar kembali dan jelas merasa lebih baik setelah mengakhiri masa bakti di Liverpool.

Kembali memimpin Dortmund setelah lebih dari sembilan tahun, pelatih berusia 57 tahun itu tampak sangat menikmati hidupnya, bahkan jika hanya untuk waktu yang singkat.

Apakah ini akan menyulut kembali hasrat untuk menjadi manajer? Masih harus dilihat lagi. Dia akan selalu diterima lagi di Anfield untuk pertandingan testimonial jika dirinya mau.

4 dari 5 halaman

3. Pesan Hummels

Jurgen Klopp bukan satu-satunya legenda Borussia Dortmund yang kembali ke Signal Iduna Park. Hari itu, terutama untuk Piszczek dan Blaszczykowski, tetapi ada banyak nama besar di Signal Iduna Park, salah satunya Mats Hummels.

Hummels mendapatkan sambutan bak pahlawan ketika diumumkan sebelum kick-off. Bek Jerman itu baru saja mengakhiri periode keduanya bersama Dortmund setelah membantu tim tersebut mencapai final Liga Champions musim lalu.

Ada pertemuan spesial dengan Jurgen Klopp saat Mats Hummels bercanda bersama di lapangan sebelum kembali ke ruang ganti.

Jurgen Klopp tampak mengisyaratkan jam tangannya seolah-olah mengolok-olok ketepatan waktu Hummels, mengingat ia belum mengenakan perlengkapan latihan. Namun, Hummels berhasil bermain kembali bersama klub lamanya.

5 dari 5 halaman

4. Favorit Penonton

Ini pasti akan membuat setiap penggemar Liverpool merasa nostalgia. Meski pertandingan tersebut dimainkan untuk jadi laga testimonial untuk Piszczek dan Blaszczykowski, tak bisa dimungkiri kembalinya Jurgen Klopp merupakan daya tarik besar bagi pendukung Dortmund.

Mantan bos Dortmund itu kembali memperlihatkan pesonanya setelah pertandingan, memimpin penonton dengan selebrasi khas, yaitu pukulan tinju untuk merayakan kemenangan, sesuatu yang pasti dirindukan oleh penggemar di Anfield sejak kepergiannya. Setelah pertandingan, Klopp menyatakan kebahagiaannya bisa kembali ke Dortmund.

"Rasanya seperti pulang ke rumah, ada begitu banyak kenangan indah. Senang melihat kalian semua lagi," kata Jurgen Klopp.

"Seperti reuni kelas. Ini adalah apa yang selalu saya impikan, bertemu lagi, bersenang-senang, dan dapat menceritakan semua kisah. Signal Iduna Park penuh dengan kenangan indah bagi kita semua, terutama dengan tim," lanjutnya.

Sumber: Liverpool.com

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer