Sukses


Bukan Main! 4 Pemain Ini Cetak Gol Tendangan Bebas Lebih Banyak daripada Messi dan Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Tak semua pemain bisa melakukan tendangan bebas dengan sempurna seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Pemain yang bisa mencetak gol dari tendangan bebas bisa dihitung dengan jari.

Tak seperti tendangan bola mati lainnya, katakanlah seperti tendangan penalti dan sepak pojok, tendangan bebas membutuhkan skil tersendiri yang tak semua dimiliki pemain.

Dalam mengeksekusi tendangan ini, seorang pemain juga dituntut untuk bisa fokus 100 persen karena di hadapannya berdiri "pagar" hidup. Dua supertar yang terkenal jitu mengeksekusi tendangan bebas adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Di ranah ini, kedua pemuja setia sama-sama saling mengklaim kalau idola merekalah yang terhebat dan terbaik. Sejauh ini, Messi telah mencetak 65 gol dari tendangan bebas. Sementara, rival abadinya, Ronaldo, mengantong 64 gol.

Hanya saja, jika Messi membutuhkan waktu untuk menguasai seni tendangan bebas, sementara Ronaldo sudah lebih kesohor degan tendangan bebas mematikannya saat masih muda kala bermain bareng Manchester United.

Tapi, Messi dan Ronaldo jangan bangga dulu. Soalnya, di atas langit masih ada langit. Di atas mereka ternyata masih ada empat legenda yang memiliki koleksi gol tendangan bebas yang lebih banyak.

Siapa saja keempatnya, berikut kami urai seperti dilansir Planet Football:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ronaldinho (66 gol)

Tidak heran Messi begitu piawai dalam tendangan bebas, mengingat pemenang Ballon d’Or asal Brasil itu pernah menjadi bawahannya saat ia berada di puncak kejayaannya di Barcelona.

Itu pasti berkat pendidikan di lapangan latihan, belum lagi teknisi lini tengah seperti Xavi dan Iniesta dan penyerang tangguh lainnya seperti Samuel Eto’o dan Thierry Henry.

Sementara tendangan bebas Beckham yang paling berkesan terjadi saat Inggris, yang membuat mereka lolos ke Piala Dunia 2002 dengan gol kemenangannya di menit-menit terakhir melawan Yunani, tendangan bebas Ronaldinho terjadi saat melawan Inggris.

Dua dekade kemudian dan masih menjadi perdebatan apakah ia bermaksud untuk melambungkan bola ke arah David Seaman, tetapi pernyataan resmi Planet Football tentu saja mengatakan ia memang bermaksud demikian.

3 dari 5 halaman

Victor Legrottaglie (66 gol)

Bersama Ronaldinho dalam peringkat sepanjang masa adalah gelandang Argentina yang kurang dikenal, Legrottaglie, yang bermain untuk sejumlah klub di negara asalnya antara tahun 1953 dan 1976 tetapi tidak pernah mendapat caps internasional.

Ia tidak hanya terkenal karena kemampuan tendangan bebasnya, tetapi ia juga ahli dalam posisi bertahan, dilaporkan telah mencetak 12 gol di Olimpico selama karier bermainnya.

Klub liga bawahan Gimnasia y Esgrima yang bermarkas di Mendoza menamai stadion mereka dengan namanya. Ia meninggal dunia pada usia 86 tahun awal tahun ini.

4 dari 5 halaman

Pele (70 gol)

Perkiraan bervariasi tentang berapa banyak gol yang dicetak pemenang Piala Dunia tiga kali itu dalam karier legendarisnya, tetapi diyakini

Ingin tahu cara melakukan tendangan bebas seperti sang maestro sendiri? Beruntungnya, ia mewariskan mutiara kebijaksanaannya sebelum meninggal.

“Mengambil tendangan bebas membutuhkan kelicikan tertentu,” jelas Pele.

“Jika, misalnya, tendangan bebas dilakukan di sisi kiri kotak penalti, lebih baik melakukannya dengan kaki kanan, dan sebaliknya. Tepat sebelum menendang bola, perhatikan dengan saksama posisi kiper dan dinding gawang.

“Periksa apakah ada ‘lubang’ di dinding gawang, atau apakah mungkin salah satu pemain di dinding gawang lebih pendek dari yang lain, sehingga memungkinkan Anda untuk mengirim bola melewati kepalanya, dll.

“Jika ada angin, periksa ke arah mana angin bertiup. Untuk memastikan arah angin, lihat saja ke arah mana bendera atau spanduk berkibar.”

5 dari 5 halaman

Juninho Pernambucano (77 gol)

Mengalahkan Pele untuk meraih posisi teratas adalah pemain Brasil lainnya.

Juninho Pernambucano mungkin tidak sehebat Messi, Ronaldo, dan Pele, tetapi ia benar-benar masuk dalam kategori pahlawan kultus – sebagian besar berkat kemampuan tendangan bebasnya yang tak tertandingi.

Gelandang tersebut mencetak tepat 100 gol Ligue 1 selama tahun-tahun puncaknya di Lyon, memenangkan gelar dalam tujuh dari delapan musim, dengan kemampuannya yang luar biasa untuk menendang bola ke belakang gawang dari jarak jauh yang sering kali menjadi kode curang yang membuat perbedaan dalam pertandingan yang ketat.

Ada saat di mana rekor mistis Juninho tampak terancam oleh Messi dan Ronaldo, tetapi saat karier mereka berakhir, tampaknya semakin kecil kemungkinan mereka akan mampu mengejar ketertinggalan. Namun, hal-hal aneh telah terjadi.

Sumber: Planetfootball

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer