Sukses


UEFA Jatuhkan Sanksi untuk Pelanggaran FFP: PSG, Inter Milan dan AC Milan Aman, Malah AS Roma yang Kena

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan sejumlah sanksi terhadap beberapa klub sepak bola Eropa terkait pelanggaran aturan keuangan atau Financial Fair Play (FFP). Menariknya, ketika banyak klub yang diperkirakan bakal kena sanksi malah aman, justru AS Roma mendapatkan hukuman.

AS Roma dikenakan denda sebesar 2 juta euro dan juga mendapatkan ancaman larangan berlaga di kompetisi Eropa selama satu tahun. Sanksi ini merupakan bagian dari keputusan terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Pengendalian Keuangan Klub UEFA (CFCB).

Selain AS Roma, Istanbul Basaksehir juga kena denda 100 ribu euro. Klub Turki itu akan dilarang berpartisipasi di kompetisi UEFA berikutnya kalau mereka lolos selama tiga musim ke depan, jika mereka tidak memenuhi target keuangan baru yang ditetapkan. Selain itu ada pula Aston Villa dan Marseille yang mendapatkan denda.

Aston Villa yang yang bermain di Liga Champions musim ini kena denda 60 ribu euro, jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan potensi hadiah uang sebesar 40 ribu euro yang mungkin mereka peroleh. Marseille kena denda 20 ribu euro karena keterlambatan pengiriman laporan keuangan.

UEFA mengharuskan klub-klub musim lalu untuk membatasi pengeluaran mereka tidak lebih dari 90 persen dari pendapatan mereka untuk gaji dan biaya transfer.

Aturan 'biaya skuad' ini akan diterapkan secara bertahap dalam tiga musim, denan batasan menjadi 80 persen pada 2024 dan 70 persen pada 2025. UEFA menyebut semua klub yang dilaporkan telah mematuhi rasio biaya skuad yang belaku untuk musim 2023/2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

PSG dan Duo Milan Aman

Klub besar Eropa lain, seperti Paris Saint-Germain (PSG), Inter Milan, dan AC Milan, temasuk di antara 10 klub yang terkena denda pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, saat ini mereka berhasil memenuhi target keuangan pada musim lalu.

AS Monaco, Besiktas, Trabzonspor, Royal Antwerp, dan Marseille juga berhasil memenuhi target keuangan untuk 2023. AS Roma dan Istanbul Basaksehir adalah dua klub yang melanggar ketentuan keuangan itu.

UEFA menjelaskan AS Roma sedikit melebihi target sementara yang ditetapkan dan kena denda. AS Roma berkompetisi di Liga Europa musim ini, sedangkan Istanbul Basaksehir dinyatakan sedikit melanggar target akhir yang ditetapkan musim lalu.

Laporan CFCB memberikan pembaruan mengenai pemantauan 10 klub yang berada di bawah perjanjian penyelesaian keuangan.

Dari klub-klub itu, AC Milan, Inter Milan, AS Monaco, PSG, Beşiktaş, Trabzonspor, Royal Antwerp, dan Marseille memenuhi target keuangan 2023 mereka, dengan AS Roma dan Istanbul Başakşehir menjadi pengecualian.

Sumber: Inside World Football

  • AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia

    AS Roma

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.
    AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi

    AC Milan

  • Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia

    Inter Milan

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer