Sukses


Cristiano Ronaldo: Dominasi Tak Terbantahkan di Media Sosial, Popularitas, dan Pundi-Pundi Uang

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo telah mencapai tonggak sejarah baru pada Jumat (13/9/2024) dengan meraih satu miliar pengikut di berbagai platform media sosial, menjadikannya orang pertama yang berhasil mencapai angka tersebut.

Jumlah pengikut ini merupakan gabungan dari akun-akun Cristiano Ronaldo di Instagram, Facebook, X, YouTube, serta situs media sosial Cina seperti Weibo dan Kuaishou. Megabintang ini punya 639 juta pengikut di Instagram, 170 juta di Facebook, dan 113 juta di X.

Namun, jumlah satu miliar ini bukan berarti satu miliar pengikut individu karena beberapa orang mengikuti Ronaldo di berbagai platform yang berbeda, dan ada juga akun-akun palsu atau bot.

Meski begitu, pakar media sosial, Paolo Pescatore dari PP Foresight, menyebut pencapaian ini sebagai "angka yang mengejutkan" yang akan menarik perhatian media dan merek besar di seluruh dunia.

"Ini menunjukkan pergeseran besar di dunia media, terutama dalam menjangkau generasi muda melalui teknologi," katanya dalam wawancara dengan BBC.

Di lapangan, Ronaldo dikenal dengan persaingannya dengan Lionel Messi. Namun, dalam hal popularitas di media sosial, tidak ada persaingan. Messi, yang juga merupakan salah satu pesepak bola terbaik di dunia, memiliki 623 juta pengikut.

Bahkan, Cristiano Ronaldo mengungguli tokoh-tokoh besar di dunia hiburan seperti Justin Bieber, Taylor Swift, dan Selena Gomez. Bahkan MrBeast, YouTuber dengan pengikut terbanyak di dunia, masih berada di bawah Ronaldo dengan 543 juta pengikut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Konten untuk Audiens Global

Satu di antara faktor yang membantu Ronaldo mencapai angka satu miliar adalah keputusannya untuk bergabung dengan YouTube. Kanal YouTube Ronaldo tumbuh luar biasa pesatnya, mengumpulkan 50 juta pelanggan hanya dalam satu minggu.

Sebagai perbandingan, kanal YouTube Messi yang telah ada sejak 2011 hanya memiliki 3,5 juta pelanggan. Satu di antara perbedaan kunci adalah bahwa kanal Ronaldo secara aktif mengunggah konten berkualitas yang disesuaikan untuk audiens global.

Video-videonya yang menampilkan konten antara Ronaldo, pasangannya Georgina Rodríguez, dan mantan rekan satu timnya, Rio Ferdinand, diunggah hampir setiap hari dan dilengkapi dengan terjemahan atau sulih suara bahasa Inggris, menjadikannya lebih menarik bagi penggemar internasional.

Sebaliknya, Messi, hanya Messi hanya mengunggah satu video dalam tiga tahun terakhir, sebuah iklan berdurasi setengah menit. Video-video lainnya juga berdurasi pendek, sementara video-video yang berdurasi lebih panjang biasanya berupa montase atau menampilkan dirinya berbicara dalam bahasa aslinya, Spanyol.

3 dari 3 halaman

Prestasi di Dalam dan Luar Media Sosial

Ronaldo menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini melalui unggahan di berbagai platform media sosialnya. Ia menambahkan bahwa pencapaian ini bukan sekadar angka, melainkan bukti dari semangat dan dedikasinya, serta dukungan luar biasa dari para penggemarnya di seluruh dunia.

Di luar media sosial, seperti diketahui, Ronaldo diketahui sebagai pemecah rekor di lapangan hijau. Ia memegang banyak rekor, termasuk pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions UEFA, gol terbanyak di Kejuaraan Eropa, dan menjadi pemain dengan jumlah penampilan internasional terbanyak.

Awal September lalu, Ronaldo menambah catatan prestasinya dengan menjadi pesepak bola pertama yang mencetak 900 gol di level tertinggi.

Seperti karier bermainnya, Ronaldo masih memiliki peluang besar untuk menambah jumlah pengikutnya di media sosial, terutama karena ia belum terjun atau "bermain" di platform seperti TikTok atau Threads.

Semua ini tentu hanya akan makin memperkuat dominasinya, baik dalam hal popularitas maupun pendapatan.

Menurut Forbes, total penghasilan pemain berusia 39 itu saat ini mencapai 260 juta dolar AS (lebih dari Rp4 triliun), tertinggi di antara semua atlet.

Apakah Anda termasuk satu di antara dari 1 miliar pengikut Ronaldo di media sosialnya?

 

Sumber: BBC

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer