Sukses


Mantan Bek Crystal Palace, Tony Popovic, Jadi Pelatih Baru Timnas Australia

Bola.com, Jakarta - Football Australia secara resmi mengumumkan Tony Popovic, mantan bek Crystal Palace, sebagai pelatih baru Timnas Australia, pada Senin (23/9/2024). Penunjukan ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali peluang Socceroos di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Popovic menggantikan Graham Arnold yang mengundurkan diri pada Jumat lalu setelah kekalahan mengejutkan 0-1 di kandang melawan Bahrain, disusul hasil imbang tanpa gol melawan Indonesia.

Dua hasil buruk tersebut membuat posisi Timnas Australia dalam kualifikasi makin sulit, dengan pertandingan krusial melawan China yang harus dimenangkan pada 10 Oktober mendatang, diikuti oleh laga tandang berat di Jepang.

Agar lolos langsung ke Piala Dunia 2026 di Amerika Utara, Socceroos harus finis di dua besar dalam grup C, yang berisi enam tim. Jika tidak, Australia akan menghadapi babak play-off yang lebih menantang.

James Johnson, pimpinan Football Australia, menyatakan keyakinannya terhadap Popovic sebagai pilihan yang tepat untuk posisi ini.

 

"Kepemimpinan Tony yang terbukti dan kecerdasan sepak bola strategis yang dipadukan dengan pemahamannya yang mendalam tentang sepak bola Australia, para pemain kami, dan apa artinya menjadi seorang Socceroo, menjadikannya pilihan yang ideal untuk memimpin timnas kami maju," ujar Johnson.

"Pengalaman internasionalnya, khususnya di Asia, baik sebagai pemain maupun pelatih, makin memperkuat kemampuannya untuk menjelajahi lanskap sepak bola global dan mendorong kesuksesan Australia di panggung dunia," imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Profil Tony Popovic

Selama kariernya sebagai pemain, Popovic mencatat 58 penampilan bersama Socceroos dan berkiprah di klub-klub seperti Sydney United, Sanfrecce Hiroshima di Jepang, serta Crystal Palace, di mana ia menjadi pemain kunci dan kapten.

Sebagai pelatih, pria berusia 51 tahun berdarah Kroasia ini berhasil membawa Western Sydney Wanderers meraih gelar Liga Champions Asia pada 2014, serta memenangkan A-League bersama Perth Glory.

Popovic meninggalkan Melbourne Victory setelah kekalahan di final A-League, Mei lalu, dan kini kembali mengambil tantangan besar di level timnas.

"Menjadi pelatih timnas adalah kehormatan yang besar bagi saya dan keluarga. Ini adalah tanggung jawab yang sangat serius, dan saya sangat bersyukur diberi kepercayaan ini," kata Popovic.

Selain Popovic, beberapa nama lain seperti Carlos Queiroz dari Portugal dan Nick Montgomery, asisten di Tottenham Hotspur, juga sempat dipertimbangkan untuk posisi ini.

Graham Arnold, yang sebelumnya melatih tim sejak 2018, berhasil membawa Socceroos mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar, menyamai rekor terbaik mereka di turnamen tersebut.

 

Sumber: France24

3 dari 3 halaman

Klasemen Putaran Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer