Sukses


Gantung Sepatu Terlalu Dini: 20 Pesepak Bola yang Dipaksa Pensiun karena Keadaan

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia sepak bola, setiap pemain bermimpi menjalani karier yang panjang dan gemilang, penuh  prestasi dan penghargaan. Namun, tidak semua pesepak bola beruntung menikmati masa-masa tersebut.

Beberapa di antaranya harus menghadapi kenyataan pahit ketika mereka dipaksa gantung sepatu lebih awal dari yang diharapkan.

Cedera yang parah, masalah kesehatan, atau bahkan penurunan performa bisa menjadi faktor yang mengakhiri perjalanan mereka di lapangan hijau.

Satu di antara contoh yang menonjol adalah Sergio Aguero, striker legendaris asal Argentina yang harus pensiun lebih awal akibat masalah jantung. Padahal, Aguero merupakan satu di antara pemain terbaik di generasinya dengan torehan gol yang luar biasa di Manchester City.

Selain itu, Gareth Bale, yang dikenal dengan kecepatan dan tendangan kaki kiri mautnya, juga memilih pensiun di usia yang relatif muda, meski ia telah meraih berbagai trofi bergengsi bersama Real Madrid.

Eden Hazard, bintang asal Belgia, juga tak luput dari nasib serupa, di mana cedera berulang-ulang memaksanya meninggalkan lapangan sebelum waktunya.

Di bawah ini ada 20 pesepak bola dunia yang harus mengakhiri karier lebih dini karena berbagai keadaan, baik karena cedera fisik, masalah kesehatan, atau alasan pribadi.

Nama-nama besar dalam daftar ini menjadi pengingat bahwa, meski bakat dan prestasi mereka luar biasa, perjalanan karier seorang atlet, terkhusus pesepak bola, bisa sangat rapuh dan tak terduga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

20 Pesepak Bola Pilih Pensiun Dini (1-4): Gareth Bale

1. Sergio 'Kun' Aguero

Saat bermain untuk Barcelona, ​​penyerang asal Argentina ini gantung sepatu di usia 33 tahun karena masalah jantung yang dideritanya saat melawan Alaves.

2. Marco Van Basten

Penyerang asal Belanda ini meninggalkan jejaknya di suatu era. Ia merupakan sosok terkemuka di Milan dan Timnas Belanda, tetapi berbagai cedera yang dialaminya memaksanya untuk pensiun dari sepak bola di usianya yang baru 29 tahun.

Menurutnya, rasa sakit yang dialaminya tak tertahankan sehingga membuatnya tidak dapat melanjutkan kariernya sebagai pemain profesional.

3. Gareth Bale

Pemain Wales ini memiliki harapan besar yang akhirnya terpenuhi. Setelah bersinar di Tottenham, ia menandatangani kontrak dengan Real Madrid, di mana ia menjadi pilar utama generasi yang memenangkan tiga Liga Champions beruntun.

Secara total, ia mengangkat 'Orejona' sebanyak lima kali. Kendati, tentu saja, ia selalu dikelilingi oleh kontroversi karena kehidupannya di luar olahraga dan cedera yang dialaminya.

Ia pindah ke MLS untuk tetap bugar untuk Piala Dunia 2022 di Qatar dan kemudian pensiun di usia 33 tahun.

4. Javier Clemente

Pada usia 19 tahun, pria yang kemudian menjadi pelatih ini mengalami tekel keras saat melawan Athletic Club di Sabadell dan tidak pernah pulih sepenuhnya.

3 dari 6 halaman

20 Pesepak Bola Pilih Pensiun Dini (5-8): Eden Hazard

5. Patrick Kluivert

Penyerang asal Belanda yang bermain untuk klub-klub seperti Ajax dan Barcelona dengan sangat sukses ini, mengucapkan selamat tinggal pada sepak bola di usia 32 tahun untuk mengabdikan dirinya pada dunia kepelatihan.

6. Bojan Krkic

Di usia 32 tahun, Bojan yang memulai debutnya di usia yang sangat muda bersama Barcelona, ​​mengumumkan pengunduran dirinya karena ia merasa perlu untuk menutup tahap ini dan fokus pada proyek-proyek baru.

7. Eden Hazard

Pemain asal Belgia ini memiliki masa-masa yang sukses di Chelsea, di mana ia menjadi satu di antara pemain terbaik di dunia. Akan tetapi, kepindahannya ke Real Madrid merupakan kegagalan total.

Ia tidak pernah cocok dan cedera menghalanginya untuk bermain lagi sehingga ia menyelesaikan kontraknya dengan klub dan pensiun di usia 32 tahun.

8. Eric Cantona

Penyerang asal Prancis ini selalu suka melawan arus. Tendangannya yang terkenal kepada seorang penggemar menunjukkan bahwa ia tidak terpengaruh oleh aturan atau pikiran dan memutuskan untuk pensiun di usia 32 tahun, meski sebenarnya ia bisa bermain selama beberapa tahun lagi.

4 dari 6 halaman

20 Pesepak Bola Pilih Pensiun Dini (9-12): Philip Lahm

9. Rubén de la Red

Rubén de la Red, berusia 25 tahun, meninggalkan sepak bola karena masalah jantung setelah pingsan saat bermain untuk Real Madrid melawan Real Irún.

10. Michel Platini

Satu di antara yang terbaik dalam sejarah, ia memenangkan tiga Ballon d'Or dan mendominasi sepak bola selama tahun 1980-an. Namun, ia pensiun pada usia 32 tahun setelah kehilangan hasratnya untuk fokus pada kariernya di kantor. Ia adalah presiden UEFA dan pelatih Prancis.

11. Philipp Lahm

Legenda Jerman ini tidak pensiun karena masalah, tetapi karena ia ingin meninggalkan olahraga tersebut dengan tampil di level tertinggi dan tidak terseret oleh kompetisi. Jadi, pada usia 33 tahun, ia memutuskan untuk berhenti bermain sepak bola.

12. Alvaro Benito

Sebagai pemain muda Real Madrid, ia mengalami cedera lutut serius saat bersama tim U-21, yang tidak dapat ia pulihkan dengan baik dan kemudian harus menjalani sembilan operasi lagi termasuk transplantasi ligamen.

Pada usia 27 tahun, ia memutuskan untuk gantung sepatu.

5 dari 6 halaman

20 Pesepak Bola Pilih Pensiun Dini (13-16): Frank Rijkaard

13. Sime Vrsaljko

Pemain Kroasia yang menghabiskan lima musim di Atlético ini harus meninggalkan dunia sepak bola pada usia 31 tahun ketika ia mengakhiri kontraknya dengan Olympiacos setelah kariernya diwarnai cedera.

14. Frank Rijkaard

Pelatih hebat yang juga memiliki karier yang sukses di lapangan. Ia menjadi legenda sejati di Ajax dan Milan, tetapi ia gantung sepatu pada usia 32 tahun.

15. Uli Hoeness

Pada usia 27 tahun, Uli Hoeness pensiun dari dunia sepak bola setelah mengalami cedera lutut serius yang dideritanya pada final Piala Eropa 1975 melawan Leeds United.

16. Alvaro Dominguez

Bek asal Spanyol ini pensiun dari dunia sepak bola pada usia 27 tahun ketika ia bermain untuk Borussia Mönchengladbach karena ia mengklaim bahwa selama tahun-tahun terakhir kariernya, ia bermain dalam kondisi fisik yang sangat buruk.

6 dari 6 halaman

20 Pesepak Bola Pilih Pensiun Dini (17-20): Hidetoshi Nakata

17. Hidetoshi Nakata

Pemain Jepang yang karismatik, satu di antara pemain Asia terbaik dalam sejarah sepak bola, pensiun di usia 29 tahun.

Ia menorehkan prestasi di klub-klub seperti Parma, Fiorentina, Roma, dan Bolton Wanderers, tetapi ada spekulasi bahwa ia kehilangan antusiasmenya terhadap olahraga tersebut, meski situs webnya menyatakan bahwa tidak ada alasan khusus.

18. Michael Owen

Pesepak bola Inggris yang memenangkan Ballon d'Or 2001 ini pensiun pada usia 33 tahun karena cedera berulang yang memengaruhi penampilannya, terutama cedera lutut kanannya pada usia 19 tahun.

19. André Schürrle

Pesepak bola legendaris Jerman yang menonjol di Piala Dunia 2014 dan memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola karena seringnya pindah ke berbagai tim, yang membuatnya kehilangan semangatnya pada usia 29 tahun.

20. Raphael Varane

Bek tengah Prancis ini mengumumkan pada usia 31 tahun bahwa ia akan meninggalkan dunia sepak bola setelah mengalami beberapa cedera, yang terakhir terjadi pada debutnya bersama Como setelah 20 menit, klub tempat ia bergabung pada musim panas ini.

 

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer